pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Apa itu Teks Prosedur? Yuk, Kenali Ciri, Struktur, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Apa itu Teks Prosedur? Yuk, Kenali Ciri, Struktur, dan Contohnya image

Pernah nggak, sih, Sobat Pijar ingin membuat kue dan langsung mencarinya di Google? Nah, tahukah kamu, resep-resep yang kamu lihat di internet itu merupakan salah satu bentuk teks prosedur, lho. Jadi, kamu udah dapat gambaran ya, mengenai apa itu teks prosedur. 


Perlu diketahui bahwa ada banyak teks prosedur yang bisa ditemukan dalam sebuah bacaan. Sesuai dengan namanya, teks prosedur berisikan prosedur atau cara-cara untuk melakukan sesuatu, seperti memasak, menari, dan sebagainya. 


Biar kamu semakin paham, berikut ini penjelasan lengkap tentang teks prosedur, ciri, struktur dan jenisnya. Simak baik-baik sampai selesai ya!


Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya


Apa itu Teks Prosedur

Sekilas sudah dijelaskan di awal bahwa cukup mudah menemukan teks prosedur dalam bacaan sehari-hari. Teks prosedur ini pun menjelaskan bagaimana proses dan urutan melakukan sesuatu sehingga tujuannya tercapai.


Jadi, bisa disimpulkan bahwa teks prosedur adalah sebuah teks yang didalamnya terdapat penjelasan mengenai cara dan langkah-langkah secara berurutan menggunakan gaya bahasa yang jelas dan singkat. 


Penggunaan gaya bahasa yang jelas dan singkat bertujuan agar pembaca mudah dalam memahami bacaan tersebut dan bisa langsung melakukannya. Karena pada dasarnya teks prosedur akan membantu siapapun dalam melakukan suatu hal atau aktivitas untuk tujuan tertentu.


Sementara itu, menurut beberapa ahli, teks prosedur diartikan sebagai berikut:


Knapp dan Watkins

Menurut Knapp dan Watkins, teks prosedur merupakan jenis teks yang tujuannya menginformasikan tentang bagiamana melakukan suatu hal, bahasa yang digunakan berupa ajakan dan persuasi.


Kosasih

Menurut Kosasih, teks prosedur merupakan sebuah teks yang isinya menjelaskan tentang cara dan langkah-langkah secara lengkap, terperinci dan jelas dalam melakukan sesuatu.


Keraf

Sementara menurut Keraf, teks prosedur secara sederhana diartikan sebagai urutan tindakan yang dilakukan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu.


Tujuan Teks Prosedur

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai apa itu teks prosedur, sekarang saatnya kita memahami tujuan dari teks prosedur itu sendiri. Kalau mencermati pengertian yang telah disebutkan diatas, kamu pasti bisa menjelaskan tujuan teks prosedur. Tapi untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Memberikan informasi dan penjelasan tentang cara dan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu secara berurutan.
  2. Memberikan petunjuk yang jelas dan terperinci kepada pembaca agar bisa melakukan semua tahap dengan baik.
  3. Memudahkan pembaca dalam melakukan sesuatu sesuai dengan urutan yang benar agar hasilnya seperti yang diinginkan.


Ciri-Ciri Teks Prosedur

Setelah tahu apa itu teks prosedur dan tujuannya, sekarang coba kamu pahami ciri-ciri teks prosedur, yuk. Yang pertama tentu saja mengandung informasi langkah-langkah dan cara melakukan sesuatu. Selain itu apalagi ya ciri-cirinya?

  1. Sifatnya universal karena siapa saja bisa mengikuti langkah-langkah yang diberikan.
  2. Mengandung kata keterangan untuk menyatakan urutan, waktu, tempat dan lainnya.
  3. Menggunakan kata kerja aktif dan konjungsi atau kata penghubung seperti “lalu”, “setelah itu”, “selanjutnya”, “kemudian”, dan lain-lain.
  4. Mengandung kalimat imperatif atau kalimat perintah yang meminta maupun melarang. Seperti pada kata “jangan”, “tuangkan”, “masukkan”, dan lain-lain.


Struktur Teks Prosedur

Pada dasarnya, teks prosedur berisi tentang cara dan langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu. Sebelum kamu membuat teks prosedur, sebaiknya perhatikan bagaimana strukturnya agar teks prosedur tersebut benar dan mudah dipraktekkan. Berikut ini 4 struktur dalam teks prosedur:


1. Tujuan 

Struktur teks prosedur yang pertama berupa tujuan. Yaitu menjelaskan tentang apa yang akan dilakukan pada teks prosedur. Biasanya ditulis pada bagian judul atau paragraf pembuka dengan penjelasan singkat.


2. Material 

Yang kedua adalah material yang didalamnya berisi tentang alat, bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan langkah-langkah dalam teks prosedur. Biasanya akan dilengkapi dengan ukuran, takaran, bentuk, jumlah dan lainnya agar hasilnya maksimal.


3. Langkah-langkah

Struktur yang ketiga berupa langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan untuk menciptakan, menghasilkan atau melakukan sesuatu. Kalimat yang digunakan harus jelas, sistematis, logis dan tidak bertele-tele agar mudah dipahami oleh pembaca.


4. Penutup 

Yang terakhir adalah penutup atau penegasan kembali yang isinya berupa kesimpulan maupun manfaat yang akan didapatkan jika pembaca mengikuti petunjuk yang diberikan dengan baik dan benar.


Jenis Teks Prosedur

Apa itu teks prosedur dan strukturnya sudah dijelaskan secara lengkap, sekarang kita akan membahas tentang apa saja jenis teks prosedur. Perlu diketahui bahwa teks prosedur bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:


1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks prosedur ini hanya berisi petunjuk dan langkah-langkah yang tidak terlalu banyak, begitu juga dengan material yang dibutuhkan. Biasanya hanya terdiri dari 2 sampai 4 tahapan dalam membuat atau melakukan sesuatu.


Dengan tahapan yang singkat dan sedikit, maka urutannya pun tidak akan bisa dibolak-balik. Contohnya, “cara memasang lampu belajar”, “cara melepaskan flashdisk dengan benar”, “cara memasak air dengan teko listrik”. 


2. Teks Prosedur Kompleks

Berbeda dari teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks memiliki struktur material yang lebih banyak serta membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahkan tidak jarang menggunakan sub tahapan tertentu sebelum menuju ke tahap berikutnya.


Contohnya adalah teks prosedur cara membuat martabak telur. Sebelum memasukkan isian martabak, di dalamnya ada tahapan membuat kulit martabak terlebih dahulu.


3. Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur berikutnya adalah teks prosedur protokol. Jenis teks ini berisi langkah-langkah atau prosedur dalam melakukan suatu hal yang sifatnya fleksibel. Jadi tanpa melakukan langkah-langkah tersebut secara berurutan, tujuannya tetap bisa tercapai.


Contohnya seperti ini, “Dalam merebus telur, kamu bisa menggunakan air yang sudah mendidih atau bisa memasukkannya ke dalam air yang belum mendidih”.


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Selain memperhatikan strukturnya dengan benar, dalam menyusun teks prosedur kamu juga harus memperhatikan kaidah kebahasaannya. Sehingga teks prosedur yang dibuat lebih mudah dipahami dan memberikan manfaat kepada pembaca. Berikut ini kaidah kebahasaannya:


1. Kalimat Imperatif, Deklaratif dan Interogatif

Dalam teks prosedur ada tiga jenis kalimat yang bisa ditemukan, yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif dan kalimat interogatif. Berikut ini penjelasan dari masing-masing kalimat:


Jenis Kalimat

Keterangan

Contoh

Imperatif

Mengandung permintaan, larangan, perintah

Hati-hati saat menggoreng ayam

Deklaratif

Mengandung pernyataan

Ayam goreng adalah salah satu lauk bergizi yang disukai keluarga

Interogatif

Mengandung pertanyaan

Bagaimana cara membuat ayam goreng crispy?


2. Konjungsi Persyaratan dan Konjungsi Temporal

Kaidah kebahasaan berikutnya adalah mengandung konjungsi atau kata hubung persyaratan dan konjungsi temporal, berikut ini penjelasannya:


Jenis Konjungsi

Keterangan

Contoh

Persyaratan 

Menyatakan syarat

Jika, asalkan, seandainya, kalau, apabila

Temporal

Menandakan adanya urutan waktu

Kemudian, lalu, selanjutnya, setelah itu


3. Numeralia Urutan dan Numeralia Kuantitas

Kaidah kebahasaan lainnya yang harus diperhatikan dalam teks prosedur adalah numeralia urutan dan numeralia kuantitas. Penjelasannya ada di bawah ini:


Jenis Numeralia

Keterangan

Contoh

Urutan 

Bisa menggantikan konjungsi temporal

Pertama, kedua, ketiga

Kuantitas

Sebagai penunjuk durasi atau jumlah

Masukkan 1 butir telur, diamkan adonan selama 1 jam


4. Pronomina Penunjuk dan Pronomina Persona

Kaidah berikutnya berupa pronomina yang berfungsi sebagai kata ganti benda atau orang. Dalam teks prosedur ada dua jenis pronomina yang digunakan, yaitu pronomina penunjuk dan pronomina persona.


Jenis Pronomina

Keterangan

Contoh

Penunjuk

Mengandung kata seperti “tersebut”, “ini” dan “itu”

Tuang adonan tersebut ke dalam loyang

Persona

Mengandung kata “saya”, “anda”, “kamu”, “kita”

Tambahkan irisan cabai sesuai selera Anda


5. Verba Material dan Verba Tingkah Laku

Ada juga jenis kata kerja atau verba yang biasanya terdapat dalam teks prosedur. Yaitu verba material dan verba tingkah laku. Berikut ini penjelasannya:


Jenis Verba

Keterangan

Contoh

Material

Mengacu pada tindakan secara fisik

Mengaduk, menumis, menggoreng

Tingkah Laku

Ditunjukkan melalui ungkapan dengan perilaku yang tidak terlihat

Berpikir, memahami


Cara Membuat Teks Prosedur

Nah, setelah kamu memahami apa itu teks prosedur beserta struktur dan kaidah kebahasaannya, sekarang kamu bisa membuat teks prosedur dengan benar. Caranya adalah seperti berikut:

  1. Membuat judul yang menarik dan memuat prosedur yang akan dijelaskan dalam teks prosedur.
  2. Menentukan tujuan secara jelas dengan hasil akhir yang akan didapatkan.
  3. Membuat daftar alat dan bahan (sifatnya opsional), terutama jika teks prosedur dibuat untuk menghasilkan atau membuat sesuatu.
  4. Menyusun langkah-langkah dan tahapan dalam bentuk poin.
  5. Menyempurnakan dengan penutup atau kesimpulan.


Contoh Teks Prosedur

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa membuat teks prosedur dengan benar? Jika masih bingung, coba kamu simak beberapa contoh teks prosedur di bawah ini.


Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pertama kita akan mencoba membuat teks prosedur kompleks yang isinya lebih lengkap dan membutuhkan langkah-langkah yang lebih banyak. 


Cara Membuat Tongseng Daging Sapi yang Lezat dan Bergizi

Menu makanan yang lezat dan bergizi dengan bahan daging sapi segar. Sangat cocok dihidangkan bersama nasi hangat dan disajikan dalam acara spesial.sarapan sehat yang penuh gizi. Resep berikut ini bisa untuk 6 porsi.


Bahan-bahan:

  1. 500 gr daging sapi dipotong dadu
  2. 150 ml santan kental
  3. 100 gr kol diiris memanjang
  4. 1 buat tomat, potong jadi 8 bagian
  5. 1 batang daun bawang
  6. 5 sdm kecap manis
  7. 1 sdt garam
  8. 2 lembar daun salam
  9. 2 lembar daun jeruk
  10. 1 batang serai, memarkan
  11. 3 cm lengkuas, memarkan
  12. 1500 ml air
  13. Minyak goreng secukupnya
  14. Gula secukupnya


Bumbu Halus:

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah keriting
  4. 2 buah cabai rawit merah
  5. 4 butir kemiri, sangrai
  6. 1 sdt ketumbar 
  7. 1 sdt lada
  8. 1 ruas jari kunyit
  9. 1 ruas jari jahe


Bahan Pelengkap:

  1. Bawang goreng
  2. Kerupuk udang


Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bumbu halus dan haluskan dengan ulekan atau blender, sisihkan.
  2. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng, panaskan diatas kompor.
  3. Masukkan bumbu halus dan tumis, tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai.
  4. Tumis sampai aromanya harum.
  5. Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu dan aduk-aduk sampai berubah warna.
  6. Tambahkan kecap manis, garam, gula dan air, kemudian tuangkan santan.
  7. Aduk-aduk sampai airnya mendidih.
  8. Masak dengan api kecil agar daging benar-benar matang dan empuk.
  9. Koreksi rasanya, jika sudah pas masukkan irisan kol, daun bawang dan tomat.
  10. Aduk-aduk sebentar dan angkat.
  11. Pindahkan ke mangkuk saji dan hidangkan dengan taburan bawang goreng.
  12. Tongseng daging sapi siap disantap bersama nasi hangat dan kerupuk udang.


Contoh Teks Prosedur Sederhana

Selanjutnya kamu bisa simak contoh teks prosedur yang sederhana berikut ini sebagai referensi agar semakin paham.


Cara Membuat Es Coklat Susu

Es coklat susu bisa memberikan kesegaran sekaligus membuat pikiran semakin rileks. Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah sehingga siapapun bisa langsung mencoba.


Bahan:

  1. 2 sdt coklat bubuk
  2. 2 sdt susu atau krimer
  3. Gula secukupnya
  4. Air panas
  5. Air dingin dan es batu


Cara Membuat:

  1. Masukkan coklat bubuk, gula dan susu ke dalam gelas kemudian tuang dengan sedikit air panas.
  2. Aduk sampai semuanya larut, kemudian tambahkan air dingin dan es batu.
  3. Aduk kembali dan es coklat susu siap untuk dinikmati.


__________________________________________________________________


Baca juga: Ciri-Ciri Teks Tanggapan, Fungsi, Struktur, Ciri dan Contohnya


Sekarang sudah jelas, kan, dengan pembahasan tentang apa itu teks prosedur. Pada dasarnya teks prosedur berisi tentang cara dan langkah untuk melakukan atau membuat sesuatu. Nah, sekarang coba bikin teks prosedur, yuk. Perhatikan urutannya ya!


Kalau kamu masih penasaran dengan materi teks prosedur dan materi Bahasa Indonesia lainnya, coba simak penjelasan lengkapnya lewat Aplikasi Pijar Belajar, yuk! Pijar Belajar punya banyak rangkuman dan video materi terlengkap yang bisa kamu akses kapan aja dan dimana aja. 


Kemudian, ada juga latihan soal dan pembahasannya yang bisa kamu pakai untuk mengasah pemahaman, lho. Lengkap banget, ya. 


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved