pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya image

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah deskripsi, yang secara umum bisa diartikan sebagai gambaran atau penjabaran tentang sesuatu. Tapi, kalau pengertian teks deskripsi itu apa sama juga, ya? Yup, bener banget, guys. Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang menjabarkan deskripsi dari penjabaran tentang sesuatu. 


Seperti yang diketahui, dalam sebuah tulisan ada banyak jenis teks yang bisa ditemukan. Nah, salah satunya adalah teks deskripsi. Kenapa bisa disebut teks deskripsi, dan bagaimana penerapannya dalam sebuah tulisan? 


Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kamu bisa simak pembahasan tentang teks deskripsi, ciri-ciri, unsur dan strukturnya secara lengkap di bawah ini. 


Baca juga: Penggunaan Tanda Baca yang Tepat dalam Kalimat


Pengertian Teks Deskripsi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, deskripsi merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan dan menggambarkan tentang keadaan, objek atau hal tertentu. Selain itu, teks deskripsi juga bisa diartikan sebagai suatu kaidah pengolahan data yang hasilnya bisa disampaikan dengan jelas sehingga mudah dipahami.


Nah, berdasarkan pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa teks deskripsi merupakan sebuah teks atau tulisan yang didalamnya terdapat penjelasan mengenai gambaran suatu keadaan, peristiwa, objek, tempat dan hal lainnya secara detail. Sebagai pembaca, kamu seolah bisa merasakan secara fisik dan emosi terkait penjelasan dalam teks tersebut.


Kalau dari segi bahasa atau etimologi, deskripsi berasal dari kata “describere”, yang dalam Bahasa Latin artinya adalah menjelaskan atau menggambarkan tentang sesuatu. 


Sedangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), yang dimaksud deskripsi adalah suatu uraian, pemaparan atau penggambaran menggunakan kata-kata tertulis secara detail dan jelas.


Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Selain pengertian dari segi kebahasaan, terdapat pengertian teks deskripsi menurut para ahli juga, lho. Berikut penjelasannya. 


1. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf, teks deskripsi merupakan tulisan yang menyampaikan objek atau hal yang dibicarakan sehingga membuat pembaca seolah melihat secara langsung apa yang digambarkan. Penulis harus mampu memindahkan detail bentuk dan hasil perasaan pada objek tertentu.


2. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Felicia Nuradi

Menurut Felicia Nuradi, teks deskripsi merupakan sebuah tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan suatu bentuk objek yang diamati, corak, sifat serta rasanya dengan mengandalkan panca indera.


3. Pengertian Teks Deskripsi Menurut Henry Guntur Tarigan

Menurut Henry Guntur Tarigan, yang dimaksud teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan suatu cerita. Tujuannya mengajak pembaca memahami, ikut merasakan dan menikmati hal yang dijelaskan dalam teks, seperti emosi, aktivitas dan lainnya.


Tujuan Teks Deskripsi

Tapi, buat apa, sih, kita menulis teks deskripsi? Well, tujuan teks deskripsi sebenarnya adalah menggambarkan dan menjelaskan tentang sesuatu, bisa berupa objek, keadaan, tempat atau peristiwa dan lainnya yang berkaitan dengan pengalaman serta didasarkan pada hasil pengamatan panca indera, baik berupa sensasi melihat, merasakan, mendengar, dan meraba. 


Dari teks deskripsi inilah yang akan memunculkan daya khayal dalam diri pembaca sehingga bisa ikut merasakan apa yang digambarkan dalam teks tersebut secara langsung sesuai imajinasi masing-masing.


Apa Saja Ciri-ciri Teks Deskripsi?

Ciri teks deskripsi adalah menjelaskan sesuatu secara mendetail dan melibatkan panca indera. Dengan pendekatan tersebut maka pembaca akan lebih mudah memahami. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri teks deskripsi yang perlu diketahui.

  1. Menggambarkan atau menjabarkan suatu objek, bisa benda, peristiwa, tempat dan lain sebagainya.
  2. Penjelasan detail yang melibatkan semua panca indera, mulai dari penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman dan perasa.
  3. Ada pemaparan tentang sifat dan ciri-ciri suatu objek secara detail dan jelas.
  4. Mengajak pembaca untuk ikut merasakan dan seolah mengalami sendiri peristiwa yang digambarkan dalam tulisan.
  5. Bisa menggunakan kalimat yang mengandung kata benda. Misalnya: Bu Ani adalah guru yang tegas.
  6. Bisa mengandung kata sifat yang akan menggambarkan sesuatu. Misalnya, sepatu hitam, siswa yang rajin, anak yang pandai, dan lain-lain.
  7. Kalimatnya bisa menggunakan kata kerja transitif yang akan menggambarkan suatu objek. Misalnya: Siswa itu mengenakan seragam Pramuka.
  8. Bisa menggunakan kata kerja pendapat yang tujuannya menunjukkan pandangan pribadi penulis. Misalnya, Saya yakin informasi ini akan bermanfaat.
  9. Mengandung kata keterangan yang melengkapi informasi. Misalnya, di pagi hari, dengan lembut, di jalan raya.
  10. Bisa mengandung kata kiasan atau metafora. Misalnya, dia berdiri dengan kokoh layaknya mercusuar.


Apa Struktur Teks Deskripsi?

Setelah mengetahui pengertian teks deskripsi dan ciri-cirinya, kita akan masuk pada pembahasan tentang struktur teks deskripsi. Seperti teks lainnya, teks deskripsi juga memiliki beberapa struktur atau unsur penting. Adapun struktur teks deskripsi adalah:


Judul 

Judul merupakan ringkasan dari seluruh isi teks sehingga harus relevan, menarik dan sebisa mungkin provokatif. Fungsi judul adalah sebagai daya tarik tulisan sehingga akan meningkatkan minat pembaca untuk mengetahui isinya secara keseluruhan.


Identifikasi 

Struktur teks yang satu ini merupakan bagian dalam teks deskripsi yang akan menentukan identitas suatu objek, orang, dan benda lainnya. Sehingga gambaran yang diberikan akan semakin jelas dan detail.


Klasifikasi

Sesuai dengan namanya, struktur klasifikasi dalam teks deskripsi merupakan unsur penyusun dan pengelompokan berdasarkan kaidah yang telah ditetapkan sebelumnya.


Deskripsi

Isinya berupa gambaran atau penjelasan rinci mengenai hal tertentu atau objek yang dibicarakan di dalam teks.


Kesimpulan

Struktur ini bisa dicantumkan atau tidak sesuai keinginan penulis. Isinya berupa penegasan pada pokok bahasan yang dianggap penting dalam teks deskripsi.


Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Jika merujuk pada pengertian teks deskripsi yang isinya menggambarkan tentang suatu objek, keadaan atau peristiwa tertentu, maka jenis-jenis teks deskripsi bisa dibedakan berdasarkan isi teks tersebut. Diantaranya adalah:


1. Jenis Teks Deskripsi Subjektif

Jenis teks ini merupakan penggambaran dan penjelasan tentang suatu objek yang didasarkan pada pengamatan dan kesan subjektif penulisnya. Sehingga isinya berkaitan dengan pendapat pribadi penulis.


2. Jenis Teks Deskripsi Spasial

Teks deskripsi spasial menjelaskan dan menggambarkan objek berupa tempat tertentu seperti sebuah ruangan atau benda tertentu. Gambaran yang diberikan bersifat detail seperti ukuran, keadaan atau suasana, dan lain-lain.


3. Jenis Teks Deskripsi Objektif

Gambaran yang diberikan pada teks deskripsi objektif benar-benar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sehingga pembaca mendapatkan gambaran nyata secara jelas tanpa ada opini pribadi dari penulis.


4. Jenis Teks Deskripsi Imajinatif

Jenis teks ini akan melukiskan bagaimana kondisi dari tempat terjadinya suatu peristiwa sehingga penggambarannya harus jelas dan dilihat dari berbagai sisi. Pembaca akan mendapatkan gambaran yang jelas baik di dalam pikiran maupun perasaannya.


5. Jenis Teks Deskripsi Faktual

Teks ini memberikan gambaran yang nyata tentang suatu objek atau orang dengan identitas yang jelas dan sebenarnya. Sehingga kondisi yang ada pada teks tersebut benar-benar bisa dirasakan secara nyata oleh pembaca.


Contoh Teks Deskripsi

Membahas tentang pengertian teks deskripsi tidak akan lengkap tanpa memberikan contohnya seperti apa. Setelah menyimak ciri, struktur serta unsur dan jenisnya, berikut ini beberapa contoh teks deskripsi yang bisa kamu pelajari.


1. Contoh Teks Deskripsi Subjektif

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa teks deskripsi subjektif memberikan gambaran tentang sesuatu berdasarkan pengamatan dan pendapat pribadi penulis. Sehingga isinya pun sesuai dengan yang dilihat dan dirasakan penulis. Berikut ini contohnya:


Banyak yang beranggapan kuliah di Fakultas Hukum itu sangat berat. Tidak sedikit yang berpikir, bahwa untuk menempuh pendidikan tersebut mahasiswa harus hafal undang-undang hukum sebagai syarat kelulusan. Padahal, anggapan tersebut tidak benar. 


Untuk masuk ke Fakultas Hukum, yang kita perlukan adalah semangat belajar dan komitmen untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu. Kita juga harus rajin membaca buku referensi dan aktif dalam sesi tanya jawab di kelas perkuliahan.


2. Contoh Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi objektif menjelaskan suatu hal, objek atau kondisi tertentu secara objektif sesuai kondisi sebenarnya tanpa ada opini penulis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak contoh berikut:


Citah sering disebut sebagai kucing besar Afrika, karena jenis hewan ini masih termasuk keluarga kucing. Citah sendiri dikenal sebagai hewan dengan kemampuan lari yang sangat cepat, bahkan mencapai 80 – 128 km/jam.


Bentuk kepalanya kecil dan bulat serta moncong yang cukup pendek. Dengan tubuh yang ringan dan bentuk kaki panjang, citah biasanya memiliki panjang tubuh hingga 1,5 m. Bobot hewan bertaring ini bisa mencapai 72 kg jika sudah dewasa.


3. Contoh Teks Deskripsi Spasial

Pada dasarnya teks deskripsi spasial menggambarkan kondisi ruangan dari berbagai sisi dengan jelas dan detail. Sehingga pembaca mendapatkan gambaran mengenai keadaan dan suasana dalam teks. Contohnya seperti ini:


Rumah dengan ukuran 15 meter x 20 meter ini sangat layak dipilih sebagai tempat tinggal. Kondisi dindingnya yang kokoh dan tinggi membuat suasana di dalam ruangan terasa lebih sejuk. 


Di ruang tamu, dindingnya dicat dengan warna krem yang hangat. Sangat cocok dengan penataan sofa warna senada yang terkesan lembut. Sedangkan ruang keluarga hanya dibatasi partisi warna putih dengan motif estetik.


________________________________________________________________


Baca juga: Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi dan Contoh Singkatnya


Dapat disimpulkan bahwa pengertian teks deskripsi adalah tulisan yang isinya menggambarkan dan menjelaskan tentang suatu objek, keadaan, peristiwa dan hal lainnya secara detail. Dengan begitu, pembaca bisa seolah melihat dan merasakan secara langsung.


Setelah membaca penjelasan di atas, jadi semakin terbayang, ya, seperti apa bentuk teks deskripsi itu. Nah, supaya kamu semakin paham lagi dengan bentuk teks deskripsi, coba simak penjelasannya dalam rangkuman materi Pijar Belajar, yuk!


Rangkuman materi Pijar Belajar pastinya memuat informasi terlengkap yang mudah dipahami. Selain itu, ada juga video materinya, lho, supaya pembelajaran semakin atraktif. Wah, seru banget, ya.


Ayo download Aplikasi Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved