pijarbelajar

Unggulan

Seleksi Mandiri ITB 2024 - Persyaratan, Pendaftaran, Jadwal, hingga Biayanya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Seleksi Mandiri ITB 2024 - Persyaratan, Pendaftaran, Jadwal, hingga Biayanya image

Sama halnya dengan perguruan tinggi negeri pada umumnya, ITB atau Institut Teknologi Bandung juga punya jalur mandiri lho. Nah, kalau kamu ingin tahu informasi lengkap tentang, simak informasinya di bawah ini ya.


Baca juga: Ujian Mandiri Universitas Negeri Surabaya, Jalurnya Apa Saja Ya?


Kenalan dengan Seleksi Mandiri ITB 2024

Jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) merupakan jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang ditujukan untuk seluruh siswa SMA di Indonesia agar bisa berkuliah di ITB tanpa adanya subsidi biaya. Hal ini tentu berbeda dengan yang jalur masuk ITB lainnya yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan subsidi (khususnya dalam bentuk pengurangan biaya kuliah).  


Sebelum membahas lebih jauh tentang seleksi mandiri ITB, kamu wajib tahu nih informasi singkat tentang jalur mandiri itu sendiri. Jalur mandiri adalah jalur masuk universitas yang dilaksanakan sepenuhnya oleh setiap universitas tanpa adanya campur tangan pemerintah seperti pada jalur masuknya, contohnya UTBK-SNBT. Hal inilah yang kemudian menyebabkan jadwal dan persyaratan seleksi mandiri juga bisa berbeda untuk setiap universitas.


Nah, kalau kamu ingin mengambil jalur seleksi mandiri ITB atau SM-ITB ini, kamu tidak akan mendapatkan subsidi biaya pendidikan, ya, sehingga biaya kuliahnya lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang masuk melalui jalur seleksi lainnya. Walaupun begitu, kalau kamu memiliki KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) dan merupakan siswa SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dan biaya pendidikannya, lho


Pada dasarnya, proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian berikut ini:

  1. Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD
  2. Hasil Ujian Seleksi (daring), Nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), bagi pendaftar ke FSRD


Di tahun 2024 Ujian Seleksi dan Tes Keterampilan Seni Rupa akan diselenggarakan ITB secara Daring.


Persyaratan Peserta Seleksi Mandiri ITB 2024

Untuk bisa mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2024, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, yaitu:

  1. Berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA atau SMA/MA/SMK jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS, dengan tahun ijazah 2022, 2023, atau 2024.
  2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  3. Memiliki dan mengunggah nilai rapor SMA/MA/SMK/Paket C lengkap, semester 1 s.d semester 6.
  4. Memiliki nilai UTBK 2024.
  5. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana ITB.
  6. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNBP/SNBT atau seleksi program Sarjana-Internasional ITB tahun 2024.
  7. Mengikuti Ujian Seleksi Mandiri ITB secara daring: Mata uji Matematika, diikuti seluruh peserta SM-ITB; Mata uji Fisika (mekanika dan gelombang), diikuti peserta SM-ITB yang memilih Fakultas/Sekolah/Program Studi bidang Sains dan Teknik.
  8. Khusus untuk peminat Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), wajib mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa secara daring.
  9. Lulusan tahun 2022 dan 2023 dapat mendaftar SM-ITB 2024 dengan syarat memiliki nilai UTBK 2024.
  10. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat: Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Program Studi Kimia (FMIPA-IPA), Program Studi Teknik Geologi (FITB).
  11. Tidak buta warna total, bagi peminat: Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa, Program Studi Teknik Kimia (FTI-SP), Program Studi Teknik Pangan (FTI-SP), Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-SP). 

 

Alur Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2024

Alur pendaftaran seleksi mandiri ITB 2024, yaitu:

  1. Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif di halaman resmi seleksi mandiri ITB 2024. NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK ditulis tanpa tanda baca. Masing-masing calon peserta hanya diperkenankan memiliki 1 akun pendaftaran SM-ITB. 
  2. Isi data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  3. Isi nilai rapor dan mengunggah hasil pindai rapor asli (bukan fotokopi yang dilegalisir) semester 1 s.d. semester 6. Nilai rapor yang diisikan dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100. Bila terdapat lebih dari satu nilai Matematika/Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib. Hasil pindai rapor semester 1 s.d. semester 6. diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 Mb. 
  4. Mengisi nomor peserta UTBK 2024. ITB nantinya akan meminta nilai UTBK peserta yang bersangkutan secara langsung dari SNPMB. Peserta diharapkan bisa memastikan bahwa NISN, NPSN, dan nomor peserta UTBK yang diisikan ke laman pendaftaran Seleksi Mandiri ITB sudah sesuai dengan penulisan yang terdapat di akun SNPMB peserta. Pengisiian nomor peserta UTBK tanpa tanda baca. 
  5. Pilih fakultas/sekolah/program studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah. Calon peserta dapat memilih maksimum 4 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan SM-ITB.
  6. Unggah hasil pindai akta kelahiran asli dalam format pdf.
  7. Unggah pas foto berwarna terbaru dalam format jpg atau png. Pastikan menggunakan foto terbaru dan bukan foto selfie atau foto sosial media. 
  8. Unggah hasil pindai bukti kelulusan SMA/MA/SMK/Paket C, dengan ketentuan sebagai berikut: Bagi lulusan tahun 2022 dan 2023, mengunggah hasil pindai ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb, Bagi lulusan tahun 2024, mengunggah hasil pindai Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Lulus yang dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan/atau tanda tangan kepala sekolah pada SKL WAJIB mengenai foto calon peserta SM-ITB) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
  9. Unggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total dan Parsial dari dokter spesialis mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan (dilengkapi pas foto calon peserta yang terkena cap klinik/rumah sakit) bagi peminat Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Program Studi Kimia (FMIPA-IPA), Program Studi Teknik Geologi (FITB).
  10. Mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna Total dari dokter spesialis mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan (dilengkapi pas foto calon peserta yang terkena cap klinik/rumah sakit) bagi peminat Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa, Program Studi Teknik Kimia (FTI-SP), Program Studi Teknik Pangan (FTI-SP), Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-SP). 
  11. Mengunggah 1 buah bukti prestasi, minimum tingkat Internasional, jika ada
  12. Melakukan finalisasi pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).
  13. Melakukan pelunasan biaya seleksi dengan menggunakan kode pembayaran yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta. Ketentuan mengenai biaya seleksi yang harus dilunasi dapat diperoleh di bagian “Biaya Pendidikan”.
  14. Melakukan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) baru dinyatakan selesai jika peserta sudah mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Setelah kartu di cek peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.
  15. Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Setelah pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dilaksanakan, ITB tidak akan mengubah data apa pun, termasuk perubahan pilihan program studi peserta.
  16. Mengikuti Ujian Seleksi Mandiri ITB yang akan diselenggarakan secara DARING (ONLINE). Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Ujian Seleksi Mandiri ITB akan ada di akun masing-masing peserta.
  17. Khusus untuk pendaftar ke program studi yang ada di bawah FSRD dan program studi Desain Komunikasi Visual-Narasi Visual Digital, juga diwajibkan untuk mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan secara DARING (ONLINE). Jadwal dan informasi lengkap mengenai pelaksanaan dan tata cara Tes Kemampuan Seni Rupa akan disampaikan kemudian di akun masing-masing peserta.

 

Berapa Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2024?

Untuk bisa mengikuti seleksi mandiri ITB 2024, peserta diwajibkan membayar uang masuk sebesar Rp700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah). Biaya ini sudah termasuk pelaksanaan Ujian Seleksi dan Tes Kemampuan Seni Rupa (bagi peminat FSRD).


Tidak hanya itu saja, setiap pendaftar dapat memilih paling banyak 4 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Namun, khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang merupakan pemilik/pendaftar Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB.


___________________________________________________________


Baca juga: Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman - Persyaratan dan Jadwal


Nah, itulah informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri ITB 2024. Setelah mengetahui informasi lengkap jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum mengikuti ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri dengan belajar sebaik mungkin menjelang Seleksi Mandiri ITB 2024 ya.


Kalau kamu ingin belajar dengan yang menyenangkan, yuk gunakan  Pijar Belajar. Karena di Pijar Belajar, kamu bisa belajar materi-materi seperti Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hingga Penalaran Matematika. Lengkap banget, ‘kan? Jadi, tunggu apa lagi unduh Pijar Belajar sekarang dan persiapkan diri menuju kampus impianmu!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved