pijarbelajar

Universitas

Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman - Persyaratan dan Jadwal

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman - Persyaratan dan Jadwal image

Salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang terbuka untuk umum adalah jalur ujian mandiri. Jalur ujian mandiri ini hampir dibuka oleh seluruh universitas di Indonesia, lho, salah satunya adalah Universitas Jenderal Soedirman. Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu jalur ujian masuk yang dibuka secara mandiri oleh pihak universitas. 


Nah, ujian mandiri Universitas Jenderal Soedirman ini dikenal dengan nama SPMB Mandiri Unsoed (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri Universitas Jenderal Soedirman). Pelaksanaan SPMB Mandiri Unsoed pun terbagi menjadi dua jalur, yaitu Jalur SPMB Mandiri UTBK dan Jalur SPMB Mandiri Non UTBK. 


Seperti apa ketentuan, persyaratan, dan pelaksanaan ujian mandiri Universitas Jenderal Soedirman tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Jenderal Soedirman


Profil Singkat Universitas Jenderal Soedirman

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang ujian Universitas Jenderal Soedirman, kita kenalan dulu, yuk, dengan universitas satu ini. 


Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1963 dan dinamai sesuai dengan nama Jenderal Sudirman, seorang pahlawan nasional Indonesia yang terkenal.


Unsoed memiliki berbagai fakultas dan program studi, beberapa diantaranya seperti Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Kedokteran, Teknik, Pertanian, dan banyak lagi. Universitas ini berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas dan berperan aktif dalam pengembangan masyarakat dan ekonomi daerahnya.


Selain pendidikan, Unsoed Juga terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendukung pembangunan daerah dan negara. Universitas ini telah menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi yang penting di Jawa Tengah dan terus berkembang dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusinya terhadap masyarakat.


Jalur Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman

Dikutip dari website resmi SPMB Mandiri Universitas Jenderal Soedirman, terdapat dua jalur ujian mandiri yang bisa Sobat Pijar pilih, yaitu SPMB Mandiri UTBK dan SPMB Mandiri Non UTBK. 


Sesuai dengan namanya, SPMB Mandiri UTBK Universitas Jenderal Soedirman merupakan jalur mandiri yang menggunakan nilai UTBK sebagai acuan seleksinya. Jadi, Sobat Pijar perlu mengikuti SNBT terlebih dahulu, ya, untuk mendaftar di ujian mandiri Unsoed ini. Setelah itu, barulah kamu mendaftarkan diri dengan menggunakan nilai UTBK tersebut. 


Adapun, komponen seleksi yang digunakan dalam SPMB Mandiri UTBK Unsoed adalah sebagai berikut: 

  1. Nilai UTBK Tahun 2023,
  2. Nilai raport SMA/SMK/MA atau sederajat (semester 1 s.d. 6),
  3. Prestasi kejuaraan bidang akademik dan atau non akademik (termasuk prestasi olahraga, seni dan keagamaan)
  4. Pengalaman keorganisasian dan/atau kepanitiaan di dalam sekolah dan luar sekolah.


Nah, berbeda dengan itu, SPMB Mandiri Non UTBK tidak menggunakan nilai UTBK sebagai acuan seleksi, melainkan menggunakan nilai rapor dan prestasi di sekolah. Berikut komponen penilaian yang digunakan dalam SPMB Mandiri Non UTBK. 

  1. Nilai raport SMA/SMK/MA atau sederajat (semester 1 s.d. 6),
  2. Prestasi kejuaraan bidang akademik dan atau non akademik (termasuk prestasi olahraga, seni dan keagamaan)
  3. Pengalaman keorganisasian dan atau kepanitiaan di dalam sekolah dan luar sekolah.


Tapi, tenang aja guys, kamu bisa, kok, memilih kedua jalur tersebut pada saat mendaftar nanti selama kamu memenuhi persyaratan keduanya. Jalur ujian mandiri Universitas Jenderal Soedirman ini menetapkan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000, ya. 


Persyaratan Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman

Bagi Sobat Pijar yang ingin mencoba peruntungan di jalur ujian mandiri Universitas Jenderal Soedirman, berikut persyaratannya. 


Persyaratan SPMB Mandiri UTBK Universitas Jenderal Soedirman: 

  1. Memiliki nilai UTBK tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)
  2. Memiliki nilai rapor SMA/SMK/MA semester 1 s.d. 6,
  3. Bagi calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni dan keagamaan untuk mengunggah dokumen bukti prestasi atau keikutsertaan. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi/keikutsertaan pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional.
  4. Bagi calon peserta yang memiliki pengalaman keorganisasian dan atau kepanitiaan untuk mengunggah Surat Keputusan dan atau sertifikat kepengurusan organisasi/kepanitiaan di dalam sekolah dan luar sekolah. Organisasi/kepanitiaan yang diperhitungkan adalah organisasi sekolah dan organisasi di luar sekolah tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional.
  5. Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru (sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan).


Persyaratan SPMB Mandiri Non UTBK Universitas Jenderal Soedirman: 

  1. Lulusan SMA/SMK/MA dan yang sederajat, lulus tahun 2023, 2022, dan 2021 untuk Program Sarjana Kelas Internasional,
  2. Lulusan SMA/SMK/MA dan yang sederajat, lulus tahun 2023, 2022, 2021, 2020, dan 2019 untuk Program Diploma Tiga,
  3. Memiliki nilai rapor SMA/SMK/MA semester 1 s.d. 6,
  4. Bagi calon peserta yang memiliki prestasi akademik, olahraga, seni dan keagamaan untuk unggah dokumen bukti prestasi atau keikutsertaan. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi/keikutsertaan pada kegiatan kejuaraan/perlombaan tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional.
  5. Bagi calon peserta yang memiliki pengalaman keorganisasian dan atau kepanitiaan untuk mengunggah Surat Keputusan dan atau sertifikat kepengurusan organisasi/kepanitiaan di dalam sekolah dan luar sekolah. Organisasi/kepanitiaan yang diperhitungkan adalah organisasi sekolah dan organisasi di luar sekolah tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional.
  6. Bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi yang dibayarkan satu kali saat registrasi mahasiswa baru (sebagai sumbangan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan).


Jadwal Pelaksanaan Ujian Mandiri Universitas Jenderal Soedirman

Setelah memastikan kamu mengetahui informasi dan memenuhi persyaratan ujian mandiri Universitas Jenderal Soedirman, sekarang saatnya kamu mencatat jadwal pelaksanaannya, ya. Pelaksanaan ujian mandiri Universitas Jenderal Soedirman sendiri terbagi menjadi lima tahap, yaitu pendaftaran, pengumuman, masa sanggah, registrasi, dan registrasi fisik. 


Berikut jadwal pelaksanaan SPMB Mandiri UTBK Unsoed tahun 2023: 

  1. Pendaftaran : 12 Juni 2023 - 28 Juni 2023
  2. Pengumuman : 9 Juli 2023
  3. Masa Sanggah : 10 Juli 2023 - 14 Juli 2023
  4. Registrasi : 17 Juli 2023 - 21 Juli 2023
  5. Registrasi Fisik : 1 Agustus 2023 - 2 Agustus 2023


Kemudian, berikut jadwal pelaksanaan SPMB Mandiri Non UTBK Unsoed tahun 2023: 

  1. Pendaftaran : 12 Juni 2023 - 14 Juli 2023
  2. Pengumuman : 20 Juli 2023
  3. Masa Sanggah : 21 Juli 2023 - 27 Juli 2023
  4. Registrasi : 24 Juli 2023 - 28 Juli 2023
  5. Registrasi Fisik : 1 Agustus 2023 - 2 Agustus 2023

_____________________________________________________________


Baca juga: Jalur-Jalur Mandiri Universitas Hasanuddin 2023 dan Persyaratannya


Itu dia informasi lengkap seputar ujian mandiri Universitas Jenderall Soedirman yang perlu kamu tahu. Yuk, mulai persiapkan diri sejak dini untuk masuk ke kampus impian bareng Pijar Belajar


Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten pembelajaran terlengkap, lho. Salah satunya adalah konten pembelajaran UTBK untuk persiapan ujian masuk PTN nanti! Kamu bisa mengakses berbagai latihan soal UTBK lengkap dengan rangkuman materi dan pembahasannya kapan aja dan dimana aja. Seru banget, kan?


Yuk, mulai belajar bareng Pijar Belajar dengan download aplikasinya atau klik banner di bawah ini!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved