pijarbelajar

Geografi

Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia image

Hai Sobat! Menurut kalian apa saja sih keunikan yang dimiliki oleh bangsa kita? Pasti jawabannya cukup beragam, ya. Ada yang menyebut bahwa Indonesia memiliki banyak pulau dan ada juga yang melihat dari persebaran keragaman budaya di Indonesia


Nah, pada dasarnya, persebaran tersebut tidak terjadi begitu saja, tetapi mengalami proses yang panjang. Kenapa sih, setiap wilayah punya keragaman budaya yang berbeda dan apa saja unsur kebudayaan itu? Yuk, cari tahu selengkapnya.


Baca juga: Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya


Pengertian Kebudayaan 

Tentu Sobat Pijar sudah sering mendengar kebudayaan dan dipelajari mulai di bangku SD. Tapi, kamu sudah tahu belum definisi dari kebudayaan itu apa. Kebudayaan atau budaya adalah cara hidup yang dimiliki oleh setiap manusia yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi satu ke generasi berikutnya.

 

Secara bahasa, kata budaya atau culture berasal dari bahasa latin yaitu colere yang artinya mengerjakan atau mengolah. Sedangkan itu, pengertian kebudayaan berdasarkan ahli E.B Taylor menyebutkan bahwa kebudayaan adalah unsur kompleks yang terdiri dari kepercayaan, kesenian, hukum, adat istiadat, moral, dan kemampuan manusia yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat. 


Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan adalah buah budi dari manusia yang terjadi karena pengaruh dari hasil alam dan kodrat masyarakat. Menurutnya, kebudayaan juga termasuk dari kejayaan yang mampu mengatasi kesulitan serta awal dari tata tertib yang terjadi di masyarakat. 


Di Indonesia sendiri, persebaran keragaman budaya di Indonesia sangat luas dan memiliki keunikannya masing-masing di setiap daerah. Hal ini terjadi karena kebudayaan merupakan ciptaan manusia yang memiliki pemikiran yang berbeda antar individu. 


Unsur-unsur Kebudayaan 

Kebudayaan terbentuk karena adanya unsur dari budaya itu sendiri. Ada 7 unsur kebudayaan yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat. Ayo, perhatikan bersama ya! 


1. Bahasa 

Pernahkah Sobat Pijar mengetahui kalau bahasa merupakan hasil karya manusia? Dari hal ini kita bisa bayangkan betapa kreatifnya manusia membuat bahasa. Bahasa yang sudah diciptakan manusia sangat banyak mencapai ribuan di seluruh dunia. 


Indonesia sendiri juga punya berbagai bahasa tiap daerahnya, lho. Bahasa berfungsi untuk komunikasi antar manusia dan sifatnya tidak hanya dalam bentuk kata atau verbal. Ada juga yang menggunakan isyarat dan gerakan. Contohnya seperti di Turki yang menggunakan bahasa siul. 


2. Sistem Pengetahuan 

Koentjaraningrat menilai sistem pengetahuan sebagai kebudayaan. Pengetahuan ini tentang pola pikir sampai tingkah laku manusia. Hal tersebutlah yang melahirkan berbagai kebiasaan dalam masyarakat. 


3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi 

Organisasi adalah suatu kelompok yang dibuat untuk memenuhi tujuan dan kebutuhan anggota kelompok serta masyarakat. Contohnya bisa Sobat lihat di organisasi sekolah kamu saat ini. Tujuan dibentuknya organisasi tersebut guna memenuhi kebutuhan yaitu pendidikan. 


4. Peralatan dan Teknologi 

Semakin berkembangnya zaman membuat orang lebih mudah untuk berkreasi sehingga muncul berbagai teknologi canggih yang bisa Sobat temukan saat ini. 


Laptop, Hp, pesawat terbang, dan teknologi lainnya berguna untuk membantu kehidupan dan meringankan pekerjaan manusia. 


5. Mata Pencaharian 

Sistem ini, sih, harus dimiliki oleh setiap masyarakat, ya. Hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan hidup terkait sandang, pangan, dan papan. Kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan sistem ekonomi karena mempengaruhi pendapatan yang dimiliki. 


6. Sistem Religi 

Religi adalah kepercayaan, agama, dan ritual adat yang ada di masyarakat. Sistem ini berkaitan dengan hal yang suci dan sakral sehingga tergantung dari kepercayaan masing-masing. Religi yang terjadi di masyarakat berhubungan juga dengan nilai dan norma sampai pandangan hidup dari manusia. 


7. Kesenian 

Unsur yang bisa kita lihat dan rasakan dari kebudayaan adalah kesenian. Unsur ini paling umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari kesenian ini disebut sebagai karya seni. 


Kesenian merupakan hal yang diciptakan manusia dan punya nilai keindahan atau estetika yang diwujudkan dari ekspresi manusia dalam karya seni tersebut. Kesenian yang tercipta ini berasal dari kebudayaan lokal maupun luar negeri. 


Masuknya unsur budaya India ke Indonesia menyebabkan terjadinya proses akulturasi tetapi tidak membuat Indonesia kehilangan kepribadiannya. India pada saat itu sering masuk ke wilayah Indonesia melalui perdagangan. Akibatnya, terjadi proses budaya baru. 


Komponen Kebudayaan  

Berdasarkan dari wujudnya, ada berbagai elemen yang mendasari kebudayaan. Komponen ini sudah dijelaskan oleh ahli antropologi Cateora, yaitu sebagai berikut. 

  • Budaya material: mengacu pada seluruh karya manusia yang nyata dan dilihat secara fisik. Contohnya seperti: televisi, pesawat, pakaian, sepatu, gedung, dsb. 
  • Budaya non material: mengacu pada ciptaan yang tidak bisa dilihat secara fisik atau abstrak yang dibuat dari generasi ke generasi seperti cerita rakyat, dongeng, atau lagu. 
  • Lembaga sosial: wadah untuk komunikasi dengan masyarakat.
  • Sistem kepercayaan: keyakinan dari suatu individu yang akan mempengaruhi penilaian di masyarakat. Adanya kepercayaan ini yang menghasilkan cara pandang seseorang melihat kehidupan dan memunculkan kebiasaan. 
  • Estetika: berhubungan dengan keindahan seperti dalam bentuk cerita, seni, drama, tarian, dsb. 
  • Bahasa: sebagai alat pengantar saat menjalin komunikasi. Bahasa di setiap wilayah sangat beragam dan bersifat kompleks. 


Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia 

Faktor fisik yang mempengaruhi keragaman budaya di Indonesia bisa terlihat dari letak geografisnya. Indonesia ada diantara persilangan dua benua, yaitu Asia dan Australia dan Samudera Hindia dan Pasifik. 


Kondisi inilah yang membuat banyak bangsa lain melewati selat Malaka untuk jalur perdagangan. Yang menyebabkan Indonesia memiliki kebudayaan yang tersebar adalah karena pertemuan bangsa asing ini di Nusantara sehingga terjadi peluang pertukaran budaya secara tidak langsung. 


Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia 

Berdasarkan latar belakang sejarahnya, budaya Indonesia dipengaruhi oleh berbagai budaya seperti Islam, Tionghoa, Hindu –Buddha, dan Eropa. Adanya interaksi tersebut mengakibatkan banyaknya kebudayaan di Indonesia. 


Persebaran budaya ini dibedakan dari wilayah atau daerahnya. Hal ini karena setiap daerah memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri yang berbeda dari daerah lainnya. Tentu Sobat juga sadar, dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau menghasilkan suku dan kebudayaan yang beragam. 


Penyebaran kebudayaan dari satu daerah ke daerah lain disebut dengan difusi. Difusi yang terjadi di Indonesia disebabkan karena adanya sekelompok manusia yang melakukan migrasi atau perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya. 


Berbeda dengan itu, proses penyebaran kebudayaan yang dilakukan suatu bangsa disebut difusi ekspansi. Difusi ekspansi ini meliputi wilayah yang lebih luas dan dilakukan oleh sekelompok populasi dari daerah satu ke daerah lain. 


Proses persebaran keragaman budaya di Indonesia akibat dari difusi ini memberikan informasi atau material ke daerah lain. 


Peta Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia 

Berdasarkan persebaran keragaman budaya di Indonesia, disebabkan karena wilayahnya. Ada banyak suku dan budaya yang sudah terkenal di Indonesia, contohnya seperti berikut: 

  • Kebudayaan Jawa: kebudayaan ini menempati seluruh pulau Jawa bagian tengah dan timur. Di dalamnya terdapat bahasa Jawa, banyak kepercayaan terhadap kekuatan dan arwah nenek moyang, serta memiliki berbagai jenis rumah adat seperti Joglo. 
  • Kebudayaan Sunda: ada di daerah Pasundan Jawa Barat. Contohnya keseniannya seperti wayang golek, gendang pencak, tari jaipong, dsb. 
  • Kebudayaan Nias: daerah ini berada di pulau kecil Nias. 
  • Kebudayaan Dayak: ada di sekitar pedalaman Kalimantan. Pandai membuat kain tenun, menganyam kulit rotan. Adapun kepercayaannya adalah kaharingan atau air kehidupan. 
  • Kebudayaan Minangkabau: ada di daerah seluruh Sumatera Barat kecuali di Mentawai. 


Setelah kita sama-sama memahami penjelasan di atas, sekarang kita coba uji pemahaman dengan mengerjakan latihan soal Pijar Belajar, yuk! Klik banner di bawah ini untuk mulai mengakses latihan soal, rangkuman, dan konten pembelajaran lainnya.


__________________________________________________________________________


Baca juga: Komponen Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra


Persebaran keragaman budaya di Indonesia sudah mencakup semua daerah di Indonesia. Dari keragaman budaya ini, sudah sepantasnya kita sebagai generasi muda menjaga budaya dengan baik dengan cara toleransi dan mencintai berbagai macam keunikan budaya di Indonesia.


Yuk, belajar lebih banyak seputar kebudayaan Indonesia bareng Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan bimbel online yang memuat banyak konten pembelajaran untuk siswa SD, SMP, hingga SMA. Mulai dari latihan soal hingga video pembahasannya, Pijar Belajar punya semuanya, deh.


Lengkap banget, 'kan? Yuk, download Pijar Belajar sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved