pijarbelajar

Sejarah

Peradaban Amerika Kuno : Suku Maya, Suku Aztec, dan Suku Inca

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Peradaban Amerika Kuno : Suku Maya, Suku Aztec, dan Suku Inca image

Kamu pernah nonton Pocahontas nggak? Tahukah kamu, ternyata film Pocahontas itu terinspirasi dari kisah peradaban Amerika Kuno, lho, yaitu suku Powhatan di Tsenacommacah, Amerika Utara. Bagaimana sih sebenarnya peradaban awal yang ada di Benua Amerika ini? Tentunya ada banyak kisah menarik dari peradaban Amerika Kuno ini, ya. 


Yang jelas, kehidupan masyarakat Amerika kuno menjadi bagian penting dari perkembangan peradaban di benua tersebut. Nah, untuk tahu lebih jauh tentang sejarah dan peradaban di Benua Amerika, kamu bisa ikuti pembahasan di bawah ini.


Baca juga: Peradaban Awal Dunia: India Kuno, Tiongkok Kuno, Romawi Kuno, dan Amerika Kuno


Peradaban Amerika Kuno

Apa saja peradaban awal Amerika? Perlu diketahui bahwa awal mula peradaban di Benua Amerika sudah dimulai sejak 15.000 tahun yang lalu, yaitu ketika sekelompok orang Siberia atau Rusia melakukan perjalanan ke Benua Amerika.


Perjalanan dilakukan dengan menyeberangi Selat Bering ke Alaska. Setiba di Alaska, orang-orang tersebut kemudian menyebar menuju ke beberapa tempat di Benua Amerika. Selain menuju Amerika Utara yang saat ini lebih dikenal dengan Amerika Serikat, ada pula yang ke Amerika Tengah (Peru dan Meksiko).


Nah, orang-orang yang berada di Amerika Utara tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan orang Indian. Kalau menyebut Indian, pasti kamu sudah sangat familiar dengan beberapa keunikannya yang sering ditampilkan di film. Itu lho, orang-orang yang berkulit kemerahan dengan hiasan bulu burung di atas kepala mereka. 


Kehidupan suku Indian adalah berkelompok dalam kelompok-kelompok kecil sehingga jumlah kelompok Suku Indian sangat banyak dan tersebar di berbagai wilayah di Amerika Utara. 


Kemudian, ada juga kelompok besar yang berada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang dikenal dengan Mesoamerika atau peradaban Amerika kuno. Ada tiga kelompok besar yang berkembang dalam peradaban kuno tersebut, yaitu Suku Maya, Suku Aztec dan Suku Inca.


Peradaban Suku Maya

Suku Maya berasal dari Meksiko Utara dan Amerika Tengah. Wilayah suku Maya ini meliputi Honduras, El Salvador, Belize, Guatemala dan Yucatan Meksiko. Masyarakat Suku Maya ini menjalani kehidupan dengan bertani, seperti menanam singkong, kacang-kacangan, labu hingga jagung.


Bukan hanya bertani, peradaban Suku Maya juga sudah mengenal penanggalan atau kalender, seni rupa, aksara hieroglif, arsitektur, astronomi hingga matematika. Untuk penanggalan, ada dua jenis sistem kalender yang digunakan, yaitu haab (penanggalan 365 hari) dan tzolkin (penanggalan 260 hari).


Sejarah peradaban Suku Maya sendiri sudah dimulai sejak 1800 SM dan sampai 300 SM dan suku ini sudah menyebar ke berbagai wilayah. Bahkan, sejak tahun 500 SM suku Maya sudah membangun kota, salah satu yang terbesar adalah Kota El Mirador yang berada di Peten Utara.


Peninggalan Suku Maya selain Kota El Mirador adalah Tikal di Guatemala yang menjadi Ibukota sekaligus pusat ekonomi dan seremonial peradaban Maya. 


Peradaban Suku Aztec

Selain Suku Maya, peradaban Aztec juga termasuk salah satu peradaban Amerika kuno yang berada di Tenochtitlan, Meksiko. Sebelum diubah menjadi kota, wilayah tersebut merupakan rawa-rawa.


Suku Aztec memiliki kehidupan yang maju di bidang perdagangan dan pertanian. Beberapa jenis tanaman yang dibudidayakan Suku Aztec antara lain adalah labu, kentang, kacang-kacangan, jagung serta alpukat.


Bukan hanya maju di bidang perdagangan dan pertanian saja, peradaban Suku Aztec rupanya sudah mengenal sistem pemerintahan dengan pendekatan militer. Dalam hal ini ada pembagian strata dalam masyarakat yang didasarkan pada kemampuan perang yang dimiliki.


Empat strata yang dikenal di Suku Aztec adalah The Shorn Ones yang berada di paling depan ketika berperang. Strata lainnya adalah Eagle Warriors, Jaguar Warriors, dan Otomies.


Peradaban Suku Inca

Peradaban Amerika kuno berikutnya adalah Suku Inca yang berada di sekitar Danau Titicaca pegunungan Andes, di Peru, Amerika Selatan. Suku ini banyak mendiami dataran tinggi karena memiliki kepercayaan bahwa semakin tinggi lokasi tempat tinggalnya akan semakin dekat dengan para dewa.


Suku Inca sendiri menjalani kehidupannya dengan bertani. Jenis tanaman yang ditanam berupa ubi, singkong, labu, kacang, jagung, tomat, dan cabai. Banyak juga diantaranya yang memelihara bebek, alpaca, anjing dan bahkan marmut.


Kemajuan Suku Inca di bidang pertanian tidak perlu diragukan lagi. Karena pada masa itu, Suku Inca sudah mengembangkan sebuah laboratorium yang dikenal dengan sebutan Moray. Fungsinya adalah untuk membudidayakan varietas tanaman yang cocok di dataran tinggi Andes.


Kondisi Sosial Politik Amerika Kuno

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang tiga kelompok besar yang mengembangkan peradaban di Benua Amerika, kali ini akan dibahas kondisi sosial politiknya secara umum.


Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan yang dianut peradaban Amerika kuno kebanyakan adalah monarki, yaitu para penguasa memiliki daerah kekuasaan sendiri-sendiri. Dengan kata lain, sistem pemerintahan Amerika Kuno termasuk feodalisme.


Kehidupan Masyarakat

Nah, untuk kehidupan masyarakatnya, masyarakat Amerika Kuno kebanyakan bertani atau bercocok tanam. Selain itu, dalam menjalankan kehidupannya masyarakat yang hidup di suatu wilayah akan diperintah oleh penguasa yang menjadi pemimpinnya.


Sistem Kepercayaan

Sistem kepercayaan apa yang dianut oleh masyarakat Amerika Kuno? Tidak berbeda jauh dengan peradaban kuno lainnya, masyarakat Amerika kuno juga menganut politeisme. Politeisme adalah meyakini dan menyembah banyak dewa. Meski begitu, setiap suku memiliki dewanya masing-masing.


Sebagai contoh, pada Suku Aztec dikenal adanya dewa angin dan hujan yang disebut Quetzalcoatl. Sedangkan pada Suku Maya ada penguasa surga yang dikenal dengan Dewa Itzamna.


Peninggalan Peradaban Amerika Kuno

Apa saja peninggalan peradaban Amerika kuno? Masing-masing suku yang mendiami Benua Amerika tentu memiliki peninggalan bersejarah yang menjadi bukti keberadaan dan kejayaan suku tersebut di masa lalu. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa jenis peninggalan yang dimaksud:


Peninggalan Suku Maya

Salah satu peninggalan Suku Maya yang terkenal adalah Tikal atau Yex Mutal. Reruntuhan kota tua yang berada di wilayah hutan hujan Guatemala ini termasuk kota terbesar yang dibangun peradaban Suku Maya pada masa pra-Columbus. 


Tikal merupakan sebuah ibukota dalam peradaban Maya yang mencapai puncak kejayaan di tahun 200 SM – 900 SM atau pada zaman Klasik. Tikal menjadi pusat ekonomi, politik dan militer di wilayah peradaban Maya serta berhubungan dengan beberapa wilayah lainnya di Mesoamerika.


Peninggalan Suku Aztec

Bukti kejayaan Suku Aztec dapat dilihat dari situs piramida Aztec yang dikenal dengan sebutan Teotihuacan. Lokasinya berada di lembah Meksiko, Meksiko. Dalam bahasa Aztec, Teotihuacan diartikan sebagai tempat kelahiran dewa.


Pembangunan situs piramida tersebut sudah dimulai sekitar tahun 300 SM dan mencapai masa kejayaan di tahun 300 SM – 600 SM. Dengan luas sekitar 13 km2, diperkirakan penduduk yang mendiami wilayah tersebut mencapai 150.000 – 200.000 orang.


Peninggalan Suku Inca

Selain Moray yang berfungsi seperti laboratorium pertanian, kemajuan peradaban Suku Inca juga bisa dibuktikan dengan adanya peninggalan Machu Picchu yang artinya Gunung Tua. Lokasinya sendiri berada di pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.350 mdpl dan memiliki arsitektur menakjubkan.


_________________________________________________________________


Baca juga: Latar Belakang Revolusi Amerika dan Sejarahnya


Kesimpulannya, peradaban Amerika kuno terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu Suku Maya dengan peninggalan bersejarah berupa Tikal, Suku Aztec dengan peninggalan berupa Teotihuacan, serta Suku Inca yang maju di bidang pertanian dan arsitektur dengan peninggalan berupa Moray dan Machu Picchu.


Ingin tahu lebih banyak tentang peradaban Amerika Kuno dan peradaban lainnya? Yuk, coba simak penjelasannya lengkapnya di Aplikasi Pijar Belajar! Aplikasi Pijar Belajar merupakan aplikasi bimbel online yang menyediakan berbagai konten pembelajaran untuk siswa SD, SMP, dan SMA.


Jadi, pastinya ada banyak materi lengkap yang bisa kamu pelajari di Pijar Belajar, mulai dari latihan soal, mini quiz, rangkuman materi, hingga video pembelajaran. Yuk, cobain kemudahan belajar bareng Pijar Belajar dengan download atau klik banner di bawah ini!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved