pijarbelajar

Yuk, Simak Jenis-Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan di sini!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Yuk, Simak Jenis-Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan di sini! image

Sobat Pijar tentunya pernah mendengar tentang penyerbukan pada tumbuhan, bukan? Nah, penyerbukan merupakan proses perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan yang melibatkan serbuk sari dan kepala putik. Penyerbukan memiliki banyak jenis dan juga tata cara yang berbeda, lho. Bahkan, ada juga yang melibatkan hewan dalam prosesnya. Wah menarik banget, ya?


Yuk, baca penjelasan lengkap mengenai penyerbukan di bawah ini, Sobat Pijar! 


Baca juga: Kenali Bagian Mata dan Fungsinya


Apa Itu Penyerbukan

Istilah lain penyerbukan adalah polinasi, yang merujuk pada proses di mana serbuk sari atau pollen dari bunga jatuh ke permukaan putik. Secara umum, penyerbukan atau polinasi adalah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris, dengan "pollination" yang berasal dari "pollen". Dalam konteks Bahasa Indonesia, penyerbukan dapat diartikan sebagai serbuk sari. Proses ini seringkali terkait dengan reproduksi tumbuhan berbiji.

 

Bagaimana Proses Penyerbukan Terjadi?

Sobat Pijar tahu nggak, kalau proses penyerbukan dimulai saat serbuk sari melakukan pendaratannya di kepala putik kemudian membentuk tabung serbuk sari. Nantinya, tabung ini akan dihubungkan menuju kepala putik dengan ovarium. Sel sperma yang ada lalu ditransmisikan melalui tabung yang telah dibentuk menuju ke ovarium. 


Lanjut pembuahan akan terjadi ketika sel sperma mencapai indung telurnya. Jika benih dilepaskan dari tanaman induk maka bisa dapat tumbuh dan menjadi tanaman baru. Dari siklus penyerbukan ini mendukung siklus dari reproduksi yang akan terus berlanjut sepanjang hidup dari tanaman terkait. Terkadang, penyerbukan ini juga menggunakan bantuan hewan, lho.


Adapun hewan yang dapat membantu penyerbukan pada tumbuhan adalah bisa Sobat Pijar baca di bawah ini.

  1. Lebah, lebah memiliki peran paling penting dalam proses penyerbukan. Ada banyak jenis lebah dan masing-masing dari jenis ini punya tugasnya sendiri untuk tanaman yang berbeda. Lebah dengan senang hati mengonsumsi nektar dari bunga, dan pada akhirnya, serbuk sari yang mereka bawa akan melekat pada rambut kecil di kaki lebah. Selanjutnya, serbuk ini akan dibawa oleh lebah ke putik bunga.
  2. Kumbang, makanan dari kumbang adalah kelopak dan bagian lain bunga. Sama halnya seperti lebah, kumbang juga hinggap di kelopak bunga untuk mengonsumsi nektar. Nantinya, serbuk sari yang melekat pada kaki kumbang akan terbawa sehingga pada saat kumbang hinggap ke bunga lain, serbuk sari tersebut akan sampai pada putik dan terjadilah proses penyerbukan.


Apa Saja Jenis-Jenis Penyerbukan?

Sobat Pijar wajib tahu bahwa dalam proses penyerbukan, ada beberapa hal yang mempengaruhi prosesnya. 


Penyerbukan dengan Bantuan Manusia atau Antropogami

Ada beberapa jenis tumbuhan yang nggak bisa melakukan penyerbukan secara alami sehingga butuh bantuan manusia untuk melakukannya. Berikut ciri-ciri bunga yang membutuhkan bantuan tangan manusia:

  1. Serbuk sarinya cenderung sulit untuk rontok. 
  2. Kepala putiknya dalam kondisi yang tertutup.
  3. Memiliki serbuk sari dan kepala putik yang nggak ada dalam satu duduk bunga atau bunga tunggalnya. 


Penyerbukan Sendiri atau Autogami 

Penyerbukan sendiri adalah penyerbukan yang menggunakan proses menempelkan serbuk sari dari bunga langsung ke putiknya. Adapun untuk ciri ciri penyerbukan sendiri dari tanaman bisa cek di bawah ini!

  1. Kepala putik dan benang sari matang di waktu yang sama. 
  2. Bagian kepala putik dan benang sari cukup berdekatan. 
  3. Bunganya kecil dan biasanya memiliki warna putih. 


Penyerbukan Tetangga atau Geitonogami 

Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan melibatkan antar bunga satu dengan bunga lain di satu tanaman atau pohon yang sama. Jadi proses penyerbukan tetangga ini nantinya serbuk sarinya akan menempel dari satu bunga ke putik bunga lain pada pohon sama. Contoh penyerbukan tetangga ada di tanaman jagung, padi atau kelapa sawit.


Penyerbukan Silang atau Alogami 

Penyerbukan silang adalah proses penyerbukan antara bunga yang satu dengan bunga lainnya dari pohon berbeda. Namun, penyerbukan silang ini masih menggunakan satu jenis tanaman yang sama. Sehingga, pada prosesnya, penyerbukan silang melibatkan adanya bantuan dari ahli.


Penyerbukan silang ini contohnya adalah yang terjadi pada bunga mawar merah dan bunga mawar putih. Adapun untuk ciri ciri penyerbukan silang bisa cek di bawah ini:

  1. Penyerbukan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan spesies tanaman yang berbeda. 
  2. Biasanya menggunakan bantuan campur tangan manusia untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai keinginan. 


Baca juga: Yuk Kenali Perbedaan Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan!

_________________________________


Nah, sekarang Sobat Pijar jadi lebih paham ‘kan tentang jenis penyerbukan pada tumbuhan? Biar lebih mudah belajar, yuk langsung akses materi dan soal di Pijar Belajar aja. Ada banyak video materi yang bisa kamu akses, lho. Mulai dari IPA, IPS, PKn, hingga Bahasa Inggris. Lengkap, ‘kan?


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved