pijarbelajar

Yuk Kenali Perbedaan Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Yuk Kenali Perbedaan Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan! image

Coba deh Sobat Pijar jalan sebentar di sekitar rumah. Apa Sobat Pijar melihat sawah, kebun, dan sungai? Atau, Sobat Pijar melihat gedung tinggi, kantor, dan sekolah? Hmm, semua hal tersebut adalah kenampakan, lho! Namun, kira-kira yang mana ya disebut dengan kenampakan alam dan buatan? Baca artikel ini hingga selesai, yuk!


Baca juga: Ini Dia Sifat-sifat Magnet dan Jenisnya


Apa Itu Kenampakan Alam?

Kenampakan alam adalah bentuk-bentuk alam yang telah diciptakan oleh Tuhan untuk keberlangsungan makhluk hidup. Manusia dapat memanfaatkan kenampakan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena itu manusia harus mempelajari varian kenampakan alam serta manfaatnya, agar bisa mengoptimalkan manfaatnya. 


Kenampakan alam secara umum terbagi menjadi dua, yaitu kenampakan alam di wilayah daratan dan wilayah perairan. Di bawah ini ada jenis dan contoh kenampakan alam, beserta ciri ciri kenampakan alam selengkapnya.


Kenampakan Alam Wilayah Daratan 

Kenampakan alam wilayah daratan dan ciri cirinya bisa dibagi lagi menjadi dua, yaitu kenampakan alam dataran rendah dan dataran tinggi. Ini dia detailnya:


Dataran Rendah

Kenampakan alam dataran rendah merupakan wilayah darat yang luas dan datar dengan ketinggian antara 0 – 200 meter di atas permukaan air laut. Daerah ini biasanya digunakan sebagai pemukiman penduduk, pertanian, perkebunan, industri, dan lain sebagainya. Suhunya cenderung lebih panas dibandingkan dataran tinggi. 

Ciri-ciri kenampakan alam dataran rendah adalah mudah mendapatkan bahan pangan dari hewan yang ada di darat maupun di laut. Selain itu, lebih mudah menuju dari satu tempat ke tempat lainnya karena bentuk daratan yang tidak naik turun. Air juga cenderung cukup karena air mengalir dari dataran tinggi ke rendah. 

Kenampakan alam di dataran rendah contohnya adalah:

  1. Pantai
  2. Tanjung
  3. Delta.


Dataran Tinggi

Kenampakan alam dataran tinggi merupakan daerah darat yang luas dan datar dengan ketinggian mulai dari 300 – 600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi umumnya berada di sekitar pegunungan dan perbukitan. Suhu udaranya lebih segar dan sejuk. 

Dataran tinggi juga dijadikan pemukiman penduduk, tapi tidak sepadat di dataran rendah. Kondisi airnya cenderung lebih bersih dan segar. Selain dijadikan pemukiman penduduk, dataran tinggi biasa digunakan untuk perkebunan kopi, teh, dan sayuran. Pemandangannya yang indah menjadikan dataran tinggi sering dijadikan destinasi wisata. 


Kenampakan Alam Wilayah Perairan

Selanjutnya ada kenampakan alam perairan yang merupakan bentuk alam ciptaan Tuhan yang digenangi air dalam jumlah yang banyak. Di Indonesia, kenampakan alam terbagi menjadi laut, sungai, danau, selat, rawa, teluk, dan samudra. 


Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya

Setiap kenampakan alam memiliki manfaat yang berbeda-beda. Dataran rendah misalnya, sering digunakan sebagai pemukiman penduduk karena lebih mudah untuk berpindah tempat dari satu kawasan ke kawasan lain. Selain itu, dataran rendah juga digunakan untuk lahan pertanian dan perkebunan tebu dan kelapa. 


Dataran tinggi yang lebih sejuk udaranya biasanya dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan khusus tanaman industri, seperti teh, kopi, bunga, sayuran, dan lain-lain. Selain itu, dataran tinggi juga dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan dan wisata. 


Pantai yang landai dimanfaatkan untuk destinasi wisata, tambatan perahu nelayan, dan juga tambak. Sementara pantai yang curam dan terdapat gua di sekitarnya biasanya akan dihuni oleh burung walet. Manusia kemudian memanfaatkan sarang burung walet untuk dijadikan obat-obatan dan makanan. 


Laut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Di antaranya sebagai penyumbang bahan makanan dan obat-obatan yang sangat beragam, mulai dari ikan, kerang, rumput laut, dan masih banyak lagi. Laut juga penting sebagai penyumbang terjadinya hujan yang kita perlukan untuk mendapat asupan air yang cukup. Selain itu, laut juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga air, tujuan wisata, dan jalur transportasi.


Apakah Kenampakan Buatan Itu?

Berbeda dengan kenampakan alam, kenampakan buatan dibuat oleh manusia. Tujuannya untuk membantu manusia memenuhi kebutuhan hidup karena manusia tidak bisa memenuhi semua kebutuhan hidup dari alam. Jenis kenampakan buatan sangat beragam dan ada yang memanfaatkan dari kenampakan alam. 


Contoh Kenampakan Buatan

Contoh kenampakan buatan begitu beragam. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Sawah

Sawah dibutuhkan manusia untuk bercocok-tanam. Sawah bisa membentuk pemandangan yang sangat indah, tapi ini adalah buatan manusia. Sawah terasering tampak indah karena memanfaatkan kenampakan alamnya.

  1. Perkebunan

Dibuat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bentuk perkebunan juga bisa tampak indah, tergantung dari kondisi tanah dan desainnya. 

  1. Pelabuhan

Digunakan sebagai tempat kapal berlabuh yang menghubungkan antar pulau hingga antar negara. Pelabuhan ada yang dibuat mewah dan menjadi obyek wisata sendiri, seperti Sydney Harbour. 

  1. Bendungan

Bendungan merupakan bangunan yang dibuat untuk menghalangi aliran air supaya tidak mencapai permukaan tertentu. Saat membuat bendungan biasanya juga dibuat waduk atau danau buatan. 

  1. Perumahan & Kawasan Industri

Perumahan dibutuhkan manusia sebagai tempat tinggal. Sedangkan kawasan industri dibutuhkan untuk tempat kerja dan memproduksi produk. 

  1. Bandar Udara

Merupakan salah satu pusat transportasi modern, bandar udara dibuat manusia di dataran yang luas dan dengan perencanaan yang baik. 


Gambar Kenampakan Alam dan Buatan di Dunia

Berikut ini beberapa gambar kenampakan alam dan buatan yang ada di berbagai negara:


Kenampakan Alam dan Buatan di Filipina Taal Volcano

  1. Kenampakan alam Filipina di Taal Volcano.


  1. Kenampakan buatan Filipina Banaue Rice Terrace


Kenampakan Alam dan Buatan di Jepang

  1. Kenampakan alam Jepang di Gunung Fuji


  1. Kenampakan buatan Jepang di Fushimi Inari Taisha (Kuil Inari)


Kenampakan alam dan buatan benua Australia

  1. Kenampakan alam Australia di Gurun Gibson


  1. Kenampakan buatan Australia di teleskop radio terbesar di dunia


Gambar Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia

Indonesia juga memiliki banyak sekali kenampakan alam maupun buatan. Berikut ini beberapa contohnya:


Contoh kenampakan alam dan buatan di Jawa Barat

  1. Kenampakan alam Jawa Barat di Kawah Putih Ciwidey


  1. Kenampakan buatan kebun teh di Jawa Barat


Contoh Kenampakan Alam dan Buatan di pulau Jawa

  1. Kenampakan alam di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah


  1. Kenampakan buatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta


Baca juga: Medan Magnet: Pengertian, Sejarah, Rumus, Penerapan, dan Contoh Soalnya

_____________________________


Nah, sekarang Sobat Pijar sudah paham kan tentang kenampakan alam dan buatan serta perbedaannya? Baik kenampakan alam dan buatan ada di sekitar kita setiap hari dan dimanfaatkan oleh manusia. Kalau Sobat Pijar mau lebih tahu tentang topik IPA lainnya, yuk langsung meluncur ke Pijar Belajar. Di sini, kamu juga bisa menemukan topik IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika, lho! 


Lengkap, ‘kan? Tunggu apa lagi? Yuk unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved