pijarbelajar

Kenali Bagian Mata dan Fungsinya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Kenali Bagian Mata dan Fungsinya image

Sobat Pijar belajar dan bermain dengan menggunakan mata. Memiliki fungsi sangat penting, apalagi saat ini visual sangat lebih mudah ditemukan dan lebih menarik. Nah, sudah tahu belum apa saja bagian mata dan fungsinya? Yuk, kita bahas detailnya di bawah ini!


Baca juga: Kenalan Sama Sifat-sifat Cahaya, Yuk!


Apa itu Mata?

Mata adalah salah satu indra di tubuh kita yang memiliki fungsi penting. Fungsi mata adalah untuk melihat. Jika mata kita sehat, maka kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan optimal. Di balik fungsi mata untuk melihat, di dalamnya terbagi menjadi berbagai bagian yang memiliki fungsi masing-masing. 


Apa saja sih bagian bagian mata manusia beserta fungsinya? Kita akan membahas bagian mata yang terlihat beserta fungsinya, bagian mata yang ada di dalam dan fungsinya, dan juga proses bagaimana mata dapat melihat. 


Bagian Mata yang Terlihat dan Fungsinya

Kita bahas dulu bagian mata yang terlihat. Apa saja bagian bagian mata? Apakah fungsi iris dan pupil? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab di bawah ini:


Alis

Alis adalah bagian yang sedikit lebih menonjol di atas kedua kelopak mata dan ditumbuhi sedikit rambut halus. Fungsi alis mata adalah untuk melindungi mata dari tetesan keringat yang mungkin jatuh dari dahi, dari air hujan, dan sinar matahari yang berlebihan. 


Bentuk alis mata biasanya berupa bulan sabit dengan lengkungan yang lebih tajam di bagian pelipis atau bagian luar alis. Bentuknya berbeda-beda pada setiap orang, begitu juga dengan tebal dan tipisnya. Pada dasarnya bentuk alis ternyata dimaksudkan agar air mengalir dari dahi bisa jatuh ke kening, lalu ke pipi, atau melewati puncak hidung, sehingga tidak masuk ke mata. 


Bulu Mata

Bulu mata adalah bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut pendek-pendek. Fungsi bulu mata adalah untuk melindungi mata dari debu, pasir, serangga, dan lain sebagainya. Bulu mata memiliki respons refleksif dan otomatis. Bulu mata mampu mengirim sinyal ke otak dan memberikan peringatan untuk menutup kelopak mata. 


Pupil

Pupil adalah bagian yang berwarna hitam di tengah mata. Pupil dapat melebar dan menyempit, berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Pupil bisa juga dikatakan sebagai pintu yang mengontrol intensitas cahaya sebelum masuk ke lensa dan retina. 


Iris

Iris adalah bagian di mata yang berwarna. Fungsi iris mata adalah untuk membantu mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Saat ada cahaya yang masuk dan terang, iris akan menutup pupil supaya cahaya yang masuk hanya sedikit. Saat cahaya redup, iris akan membuka pupil supaya cahaya yang masuk lebih banyak. 


Lipatan Mata

Lipatan mata disebut juga kelopak mata. Lipatan ini berada tepat di atas mata berupa kulit yang lunak. Fungsi lipatan mata adalah untuk menutupi dan melindungi mata. Lipatan mata adalah bagian kulit paling tipis yang memiliki otot untuk membuka dan menutup kelopak mata. 


Sklera

Bagian yang berwarna putih pada mata ternyata ada lapisan luarnya, lho. Inilah yang dinamakan sklera. Fungsi sklera adalah memberi dukungan struktural sekaligus melindungi bagian dalam mata. Sklera juga mampu melindungi bagian sensitif pada mata seperti kornea, iris, dan lensa. 


Supaya lebih memahami bagian mata dan fungsinya, berikut ini adalah gambar bagian mata dan fungsinya. 



Bagian Dalam Mata dan Fungsinya

Apa fungsi dari organ mata? Tentu saja mata berfungsi untuk melihat. Tapi apa fungsi bagian bagian mata yang ada di bagian dalam dan tidak terlihat langsung saat kita bercermin? Di bawah ini ada 5 bagian dalam mata dan fungsinya lengkap! 


Kornea

Kornea merupakan jaringan yang bentuknya seperti kubah transparan, membentuk bagian mata yang paling luar. Fungsi kornea mata adalah sebagai jalan masuk cahaya ke mata kita. Kornea mampu mengatur masuknya cahaya supaya kita bisa melihat dengan jelas. 


Kekuatan fokus mata kita sebanyak 65 – 75% berasal dari kornea. Di dalamnya terdapat banyak ujung saraf yang membuat kornea sangat sensitif. Dengan begitu, kornea perlu dijaga kesehatannya supaya tidak terkena infeksi bakteri dan jamur. 


Lensa

Lensa merupakan bagian mata yang berupa jaringan lentur dan transparan. Letak lensa ada tepat di belakang iris dan pupil, setelah kornea. Fungsi lensa adalah membantu memusatkan cahaya dan gambar pada retina mata. Kekuatan fokus mata sebanyak 25 – 35% berasal dari lensa. Lensa cenderung melemah seiring bertambahnya usia, karena itu perlu juga dijaga kesehatannya. 


Retina

Retina adalah sebuah jaringan di mata yang peka terhadap cahaya. Retina melapisi permukaan bagian dalam mata. Di dalamnya ada sel yang bisa mengubah cahaya masuk menjadi impuls listrik, untuk kemudian dibawa oleh saraf optik ke otak. 


Otot Siliaris

Selanjutnya ada otot soliaris yang merupakan otot lurik yang lembut di mata manusia. Sifatnya fleksibel, lengkungannya bisa berubah-ubah karena pengaruh badan. Otot siliaris fungsinya untuk mengontrol ukuran dan bentuk lensa sesuai dengan letak suatu obyek yang sedang dilihat. 


Saraf Mata

Saraf mata adalah bagian penting dalam proses melihat. Jumlahnya jutaan dan bentuknya berupa serabut di bagian belakang mata. Saraf mata berfungsi menghubungkan mata ke otak, untuk mengirim info visual yang akan diterjemahkan oleh otak sebagai gambar yang kita lihat. 



Proses Melihat pada Mata

Setiap bagian mata memiliki fungsi sendiri yang saling bekerja sama agar mata bisa melihat. Jadi bagaimana kita melihat? Prosesnya dimulai dari cahaya yang masuk melewati kornea. Mata kita sangat bergantung dengan cahaya untuk dapat melihat. Begitu ada cahaya, kornea akan mengatur masuknya cahaya ke mata kita. 


Sebelum cahaya melewati pupil, iris mata bertugas mengatur seberapa banyak atau sedikitnya cahaya yang masuk ke pupil. Setelah itu, cahaya melewati lensa maka dan lensa akan bekerja sama dengan kornea untuk membuat cahaya jadi fokus, bisa jatuh tepat di retina mata. 


Nah, saat cahaya sudah terkena retina, maka sel-sel reseptor di retina mengubah cahaya menjadi semacam sinyal yang kemudian disampaikan ke otak melalui saraf-saraf optik. Otak lalu akan mengubah sinyal menjadi gambar yang bisa kita lihat. Proses ini berlangsung dengan cepat, sehingga kita bisa melihat banyak hal sekaligus. Supaya mata tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik, kita perlu menjaga kesehatannya. 


___________________________________________________________________


Baca juga: Ini Dia Sifat-sifat Magnet dan Jenisnya


Nah, sekarang Sobat Pijar sudah tahu kan apa saja bagian mata dan fungsinya? Proses mata hingga dapat melihat pun sudah dijelaskan di atas. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang mata atau topik lainnya, yuk jelajahi Pijar Belajar! Selain IPA, ada berbagai topik pelajaran IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya di sini. Pokoknya super lengkap, deh


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved