pijarbelajar

Bahasa Inggris

Pengertian Past Perfect Tense: Rumus dan Contoh Kalimat

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pengertian Past Perfect Tense: Rumus dan Contoh Kalimat image

Dari sekian banyak Tenses, sudah kenalkah Sobat Pijar tentang Past Perfect Tense? Mempelajari Tenses memang tidak mudah, namun jika tekun dalam mempelajarinya, materi ini ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Hal yang paling penting untuk diperhatikan saat mempelajari tenses yakni memahami waktu penggunaan, fungsi serta makna kalimat yang dihasilkan.


Tenses ini juga termasuk salah satu jenis tenses yang banyak dibahas dalam ulangan atau ujian penting lho. Oleh karena itu, yuk cari tahu pengertian Past Perfect Tense beserta rumus dan contoh kalimatnya!


Baca juga: Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh


Pengertian Past Perfect Tense

Past Perfect Tense digunakan untuk menunjukkan sebuah kejadian atau tragedi yang telah selesai terjadi pada masa lampau. Kejadian tersebut dialami pada masa lalu dan saat ini telah usai tanpa ada hubungannya dengan masa sekarang.


Selain untuk menunjukkan kejadian yang telah selesai di masa lalu, had v3 tense ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah ungkapan angan. Ungkapan angan yang dimaksud yaitu sebuah pengharapan yang tidak terjadi di masa lalu.


Seperti yang kita ketahui, berita menceritakan hal yang terjadi di masa lalu. Oleh karena itu, Past Perfect Tense juga sering digunakan dalam penulisan berita.


Rumus Past Perfect Tense

Rumus Simple Past Perfect Tense adalah salah satu yang wajib untuk diketahui oleh Sobat Pijar selain pengertian Past Perfect Tense. Secara umum, penggunaan had menjadi sebuah ciri umum dari rumus tenses perfect.


Ada banyak hal yang akan ditanyakan pada soal ujian salah satunya yakni tentang rumus Past Perfect Tense. Terdapat beberapa bentuk kalimat secara umum yang diajarkan dalam materi tenses termasuk dalam materi Past Perfect Tense ini.


Kalimat-kalimat tersebut yakni Kalimat dalam bentuk positif, kalimat dalam bentuk negatif, dan juga kalimat dalam bentuk interogatif atau kalimat tanya. Berikut rumus Past Perfect Tense yang wajib Sobat Pijar ketahui.

Contoh Past Perfect Tense

Berdasarkan rumus yang telah dijabarkan sebelumnya pada bagian pengertian Past Perfect Tense maupun rumus, inilah 10 kalimat Past Perfect Tense sebagai contoh dalam beberapa keadaan yang berbeda.

  • Fina had collected the assignment (Fina telah mengumpulkan tugasnya.)
  • Fina had not collected the assignment (Fina tidak mengumpulkan tugasnya.)
  • Had Fina collected the assignment? (Apakah Fina telah mengumpulkan tugasnya?)
  • Ditto would have helped you if you asked for it (Ditto akan membantu jika kamu memintanya.)
  • I wish we had purchased the concert tickets (Aku berharap aku bisa membeli tiket konser itu.)
  • The boss had said that it would be bad writing (Bos telah berkata bahwa itu adalah tulisan yang buruk.)
  • Ditto helped him to do the homework after I had finished my craft (Ditto membantunya mengerjakan PR setelah aku menyelesaikan kerajinan)
  • After I had collected my assignment, he came to my house. (Setelah Aku mengumpulkan tugasku, dia datang ke rumahku.)
  • We had played tennis before it started to rain artinya (Kami telah bermain tenis sebelum hujan.)
  • Before you came to my house, I had slept (Sebelum kamu datang, aku telah tidur.)



Baca juga: Contoh Future Continuous Tense, Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Ciri

____________________________________


Itulah tadi ulasan terkait pengertian Past Perfect Tense, rumus, serta contohnya dalam sebuah kalimat. Yuk Sobat Pijar pelajari lebih lanjut tenses-tenses lainnya untuk sekaligus memahaminya dalam berbagai konteks kalimat!


Tertarik untuk menguji kemampuanmu dalam memahami Tenses bahasa Inggris? Pijar Belajar bisa membantu menjawab rasa penasaranmu, lho! Ada ratusan latihan soal yang bisa kamu akses sesuai dengan materi yang kamu pelajari di sekolah saat ini! Wah, bakal gampang deh memahami materi English!


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved