pijarbelajar

Bahasa Inggris

Present Perfect Continuous Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Present Perfect Continuous Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh image

Pastinya Sobat Pijar udah gak asing kan dengan simple present tense? Lalu, bagaimana dengan present perfect continuous tense


Meskipun terdengar panjang dan bikin pusing, namun tenses ini adalah salah satu basic grammar yang perlu kamu kuasai agar semakin mahir dalam Bahasa Inggris. Yuk, langsung aja simak pembahasan mengenai apa itu present perfect continuous tense, rumus, dan juga contohnya, berikut ini!


Baca juga: Simple Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh


Pengertian Present Perfect Continuous Tense

Nah, present perfect continuous tense sendiri itu sebenarnya masuk ke dalam perfect continuous, lho! Jenis tense ini digunakan untuk menyatakan aksi yang sudah selesai pada suatu titik di masa lalu, atau tindakan yang sudah dimulai di masa lalu.


Namun, tindakan tersebut masih terjadi atau bahkan masih berlanjut sampai masa sekarang. Itulah kenapa, biasanya pada present perfect continuous tense memiliki durasi waktu tertentu dan ada hubungannya dengan kondisi sekarang.


Masih bingung ya? Simple-nya begini, misalnya Sobat Pijar dari tahun 2022 sampai sekarang masih les TOEFL. Nah, terus apa dong yang membedakannya dengan present continuous?


Kalau present continuous, tense ini hanya menyatakan jika kegiatan les TOEFL tersebut sedang berlangsung saat ini saja. Tapi, tidak jelas apakah kamu les TOEFL sudah berlangsung lama atau enggak.


Untuk present perfect continuous tense, menjelaskan jika kegiatan kamu memulai les TOEFL itu di masa lalu tapi kamu masih lanjut les sampai sekarang. Kemudian, kalimat tersebut juga menunjukkan berapa lama durasi kegiatan kamu dilakukan. Paham, kan, sekarang?


Rumus Present Perfect Continuous Tense

Sama seperti tense lainnya, ada juga present perfect continuous tense formula yang perlu untuk kamu ketahui dan hafalkan. Pasalnya, rumus ini sifatnya ajeg atau kaku.


Present perfect continuous tense ini dibentuk dengan auxiliary verb: has/ have been ving (sebagai present participle). Biar Sobat Pijar lebih mudah, berikut penggunaan Have dan Has yang penting untuk diketahui:

  • Have digunakan untuk I, you, they, we.
  • Has digunakan untuk he, she, it.


Nah, untuk rumus present perfect continuous tense dibagi 3, tergantung dari jenis kalimatnya. Ini dia rumusnya:


Fungsi Present Perfect Continuous Tense

Setelah Sobat Pijar lihat rumus present perfect continuous tense, sekarang waktunya kamu memahami fungsi penggunaannya. Penjelasan ini juga akan memudahkan kamu ketika mengaplikasikan tense ini dan tidak tertukar dengan tense lainnya. Yuk, simak sama-sama!


1. Menunjukkan Tindakan yang Sudah Selesai

Present perfect continuous tense digunakan untuk menjelaskan aksi yang sudah selesai di suatu titik pada masa lalu. Tapi, tindakan tersebut masih ada hubungannya hingga sekarang. Biar gak bingung, berikut contohnya:

  • I have been jogging for 2 hours and now I'm thirsty. (Saya telah jogging selama dua jam dan sekarang saya haus).
  • Ruel is sleepy because he has been waiting for David at the station since 1 hour ago. (Ruel sedang mengantuk karena ia telah menunggu David di Stasiun sejak 1 jam yang lalu).


2. Menunjukkan Tindakan yang Baru Saja Selesai

Jenis tense yang satu ini juga bisa Sobat Pijar gunakan jika ingin menunjukkan sebuah tindakan yang baru saja kamu selesai lakukan. Biasanya, sih, digunakan adverb “just” untuk menunjukkan kondisi ini. Lalu, bagaimana, ya, contohnya?

  • Nicole has just been cooking for dinner. (Nicole baru saja memasak untuk makan malam).
  • Look! It has just been raining heavily. (Lihat! Baru saja turun hujan deras).


3. Menunjukkan Tindakan yang Sudah Dimulai di Masa Lalu

Present perfect continuous tense bisa juga kamu gunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang sudah dimulai pada masa lalu, tapi tindakan tersebut masih berlangsung sampai saat ini. Contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  • I have been watching Netflix for two hours. (Saya sudah menonton Netflix selama dua jam)
  • Selena has been working as a teacher since 2019. (Selena sudah bekerja sebagai guru sejak 2009).


Time Signal Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense juga memiliki tanda keterangan waktu yang sering digunakan dalam sebuah kalimat. Berikut beberapa time signal yang sering dipakai pada present perfect continuous tense:


Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Nah, biar Sobat Pijar lebih mantap dalam memahami tense ini, sebaiknya simak beberapa contoh kalimat present perfect continuous tense berikut!


1. Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Positif

Buat Sobat Pijar yang tanya, seperti apa sih contoh kalimat has been, atau have been pada present perfect continuous tense positif? Yuk, simak seperti apa contohnya berikut ini:

  • Niki and her friends have been traveling since December last year. (Niki dan teman-temannya telah bepergian sejak Desember tahun lalu)
  • Joji has been crying in his room for half an hour. (Joji telah menangis di kamarnya selama setengah jam)


2. Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Negatif

Pada kalimat negatif, kamu harus menambahkan kata “not” setelah penggunaan has/have, dan kemudian diikuti dengan kata “Been”. Untuk lebih jelasnya, simak contohnya di bawah ini:

  • They have not been working as journalist since last year. (Mereka sudah tidak bekerja sebagai jurnalis sejak tahun lalu)
  • Charlie feels hungry, as he has not been eating all day. (Charlie merasa lapar karena dia belum makan seharian)


3. Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Interogatif

Jika kamu ingin membuat kalimat tanya menggunakan present perfect continuous tense, have/has-nya harus kamu taruh depan, barulah diikuti dengan subjek, been, dan v-ing. Yuk, simak contohnya:

  • Has Harry been learning English for two months? (Apakah Harry telah belajar bahasa Inggris selama dua bulan?)
  • Have you been waiting for a One Direction concert for two years? (Apakah kamu telah menunggu konser One Direction selama dua tahun?)


Baca juga: Contoh Future Continuous Tense, Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Ciri

___________________________


Nah, itulah ulasan yang menarik tentang apa itu present perfect continuous tense, rumus, dan juga contohnya. Dengan ulasan ini, Sobat Pijar sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana pengaplikasiannya dalam sebuah kalimat present perfect continuous tense!


Jika Sobat Pijar masih ingin belajar tenses yang lain sesuai dengan materi yang dipelajari di sekolah, Pijar Belajar adalah platform belajar yang paling tepat untuk itu! Ada berbagai macam konten belajar dalam bentuk video, latihan soal, hingga buku elektronik, lho!


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved