pijarbelajar

Bahasa Inggris

Contoh Future Continuous Tense, Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Ciri

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Future Continuous Tense, Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Ciri image

Kalau Sobat Pijar ingin menyampaikan peristiwa yang akan terjadi di masa depan dalam Bahasa Inggris, kira-kira bentuk kalimat apa ya yang harus digunakan? Nah, salah satu tenses yang bisa kamu gunakan adalah future continuous tense. Tapi, bagaimana persisnya menggunakan tenses ini?


Pas banget, nih, sekarang Pijar Belajar mau ajak kamu kenalan sama future continuous tense, mulai dari pengertian, fungsi, ciri, rumus, hingga contoh penerapannya dalam kalimat atau percakapan. Yuk, simak! 


Baca juga: Noun (Kata Benda) | Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya


Pengertian Future Continuous Tense

Secara sederhana, future continuous tense merupakan tenses yang masih berkaitan dengan tenses continuous atau future progressive tense. Artinya, tense ini biasa digunakan untuk mengungkapkan atau menceritakan sesuatu yang sedang berlangsung.


Dengan kata lain, tenses future continuous merupakan tenses yang menyatakan bahwa suatu kejadian akan berlangsung atau akan terjadi di masa depan. Dan kejadian tersebut akan berlangsung selama beberapa waktu. Oleh karena itu, durasi waktu menjadi poin penting untuk memahami jenis tenses satu ini.


Fungsi Future Continuous Tense

Agar bisa memahami tenses ini dengan lebih baik, kamu bisa membayangkan kondisi atau situasi yang membutuhkan future continuous tense ini. Setidaknya, ada 3 keadaan atau fungsi tenses future continuous yang perlu kamu ketahui, yaitu:


1. Menyatakan kegiatan yang akan dilakukan dengan keterangan waktu spesifik

Penggunaan tenses future continuous biasanya diiringi dengan keterangan waktu yang spesifik. Beberapa keterangan waktu yang biasa digunakan adalah: at this time next year, at this time tomorrow, tonight at eight o’clock, next year on April, tomorrow night, dan lain-lain semisal itu.


Penggunaan keterangan waktu menunjukkan bahwa kejadian tersebut akan terjadi dan berlangsung di masa depan pada waktu yang disebutkan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah contoh kalimat dari fungsi pertama ini: 


Susi will call you at 10 o’clock tomorrow morning. (Susi akan menelepon kamu pada jam 10 pagi esok hari).

Artinya, saat ini Susi belum menelepon kamu. Namun, pada jam 10 pagi keesokan harinya, Susi akan berada dalam aktivitas menelepon kamu.


2. Menunjukkan 2 kejadian yang akan berlangsung di masa depan

Future continuous tense juga dapat digunakan untuk menunjukkan dua kejadian yang berlangsung bersamaan di satu waktu pada masa depan atau menunjukkan suatu kejadian yang akan berlangsung saat kejadian lain juga sedang berlangsung di masa depan.


Misalnya: 

I will be playing games when he comes tonight. (Aku akan sedang bermain game ketika dia datang malam ini).


Artinya, dua kejadian tersebut belum berlangsung saat ini. Namun, aku akan sedang bermain game nanti malam. Dan sebelum aku selesai bermain game, dia akan datang. Sehingga, kejadian aku bermain game akan berlangsung bersamaan dengan kejadian dia datang.


3. Mengajukan pertanyaan sopan dan formal yang bertujuan menyampaikan niat

Terakhir, future continuous tense juga dapat digunakan sebagai bentuk pertanyaan sopan atau formal yang bertujuan untuk menanyakan niat atau rencana dari orang tersebut. Namun, pertanyaan tersebut tidak diniatkan untuk mempengaruhi rencana dari orang yang ditanya tersebut.


Contohnya: Will Rani be coming home? (Apakah Rani akan datang ke rumah?)


Artinya, si penanya mempertanyakan secara sopan mengenai rencana Rani untuk datang ke rumah. Namun, tidak bertujuan untuk mempengaruhi rencana Rani yang sudah ada.


Ciri-ciri Future Continuous Tense

Bagi beberapa orang, future continuous tense terlihat hampir sama dengan past continuous. Namun, keduanya sebenarnya sangat berbeda, lho. Khususnya dari waktu kejadian yang diceritakan. Past continuous digunakan untuk menceritakan kejadian di masa lampau. Sedangkan future continuous digunakan untuk kejadian yang terjadi di masa depan.


Selai ciri-ciri tersebut, tenses ini juga memiliki beberapa ciri lainnya, di antaranya:


1. Menggunakan Auxiliary Verb “Shall/Will”

Auxiliary verb dalam tense ini bersifat sebagai kata kerja bantu. Setelah auxiliary verb “shall/will”, maka akan diikuti dengan “be” yang digabung dengan gerund (Verb-ing) dari kata kerja utama. Sehingga, kalimat utuhnya menjadi kalimat yang menunjukkan aktivitas atau peristiwa yang akan berlangsung di masa depan.

Misalnya: She will be studying. (Dia akan sedang belajar).


2. Menjelaskan Aktivitas yang Akan Dilakukan di Masa Depan pada Waktu Tertentu

Future continuous tense biasanya digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang akan sedang dilakukan pada waktu tertentu di masa depan.


Misalnya: I will be working on a new project next month. (Aku akan sedang mengerjakan proyek baru bulan depan).


3. Menunjukkan Aktivitas yang Akan Sedang Dilakukan di Masa Depan

Tenses ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan suatu aktivitas yang akan sedang dilakukan di masa yang akan datang.


Misalnya: I will be preparing food for dinner at 6 pm. (Aku akan sedang menyiapkan makan malam jam 6 sore).


Selain keterangan waktu yang sudah disebutkan sebelumnya, future continuous tense juga dapat menggunakan penunjuk waktu sebagai keterangan waktu. Seperti tomorrow, next week, in an hour, dan sebagainya.


Rumus Future Continuous Tense

Secara umum, rumus future continuous tense sebenarnya tidak jauh berbeda dengan simple future tense. Akan tetapi, ada beberapa komponen tambahan yang perlu kamu sematkan untuk membentuk kalimat dengan tenses future continuous yang utuh.


1. Rumus Kalimat Positif

Untuk membentuk kalimat positif future continuous, kamu bisa mengacu pada rumus: 


Subject + will/shall + be + verb-ing + complement


Biasanya, penggunaan shall biasa disematkan pada subjek I dan we. Sedangkan penggunaan will biasanya berpasangan dengan I, you, they, we, he, she, it.


Sebagai contoh: 

Ratna will be running in a marathon race this Saturday morning. (Ratna akan mengikuti lomba lari marathon Sabtu pagi ini), She will be staying at the office at 4 o’clock this afternoon. (Dia akan tinggal di kantor jam 4 sore ini), atau Zia will be doing an exam at this time tomorrow. (Zia akan sedang mengikuti ujian besok pada jam ini).


2. Rumus Kalimat Negatif

Pada dasarnya, rumus kalimat negatif future continuous tense sama dengan rumus kalimat positif dengan tambahan kata “not”. Sehingga rumusnya menjadi: 


Subject + will/shall + not + be + verb-ing + complement


Sebagai contoh: 

She won’t be sleeping at this time tomorrow. (Dia tidak akan tidur jam segini besok). Cici will not be playing games for a month. (Cici tidak akan bermain game selama sebulan). My brother will not be practicing football tonight at eight o’clock. (Adikku tidak akan sedang berlatih sepak bola pada malam ini pukul 08.00).


Dalam Bahasa inggris, kata will not dan shall not dapat disingkat dalam kalimat menjadi won’t dan shan’t. Namun, untuk penggunaan singkatan shan’t biasanya lebih umum ditemukan dalam percakapan sehari-hari. 


3. Rumus Kalimat Interogatif

Rumus kalimat interogatif atau kalimat tanya memiliki sedikit perbedaan. Rumusnya adalah sebagai berikut: 


Will / Shall + subject + be + verb-ing + complement


Dalam kalimat pernyataan will dan shall diletakkan setelah objek, namun dalam kalimat tanya will dan shall diletakkan pada awal kalimat. 


Sebagai contoh: 

Will you be coming to Ratih’s birthday party tomorrow night? (Apakah kamu akan datang ke pesta ulang tahun Ratih besok malam?) Will she be sleeping in this room? (Apakah dia akan tidur di kamar ini?) Will Arta be calling you tomorrow night? (Apakah Arta akan menelpon kamu besok malam?)


_________________________________________________


Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai future continuous tense. Agar lebih memahami tenses ini, kamu bisa mengasah kemampuan dengan lebih sering membuat kalimat, membaca buku berbahasa Inggris, atau memperhatikan percakapan yang digunakan dalam film berbahasa Inggris. 


Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan Bahasa Inggris bersama Pijar Belajar! Pijar Belajar menyediakan banyak konten pembelajaran berbagai tenses dan materi Bahasa Inggris lainnya untuk SD, SMP, dan SMA. Wah, paket lengkap banget, ya. 


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang! 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved