pijarbelajar

Universitas

Pendaftaran Universitas Sebelas Maret, Jenjang Pendidikan dan Biayanya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pendaftaran Universitas Sebelas Maret, Jenjang Pendidikan dan Biayanya  image

Tahun ajaran baru telah tiba, bagi Sobat Pijar yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, saatnya memilih perguruan tinggi. Salah satu rekomendasi yang layak dipertimbangkan adalah Universitas Sebelas Maret (UNS). Nah, buat kamu yang mau masuk UNS, berikut penjelasan lengkap pendaftaran Universitas Sebelas Maret yang perlu kamu tahu. 


Simak penjelasan berikut ini, yuk! 


Baca juga: Pendaftaran Universitas Padjadjaran yang Bisa Kamu Ikuti


Apa itu Universitas Sebelas Maret?

Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Dikenal juga dengan sebutan UNS atau UNSOED, universitas ini memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan dan penelitian.


UNS memiliki fakultas-fakultas yang beragam, meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Bahasa dan Seni, dan Fakultas Ilmu Budaya.


Yuk, kenalan lebih jauh dengan Universitas Sebelas Maret di artikel Pijar Belajar berikut ini. 

Jalur Pendaftaran di Universitas Sebelas Maret 

UNS menyediakan 3 jalur masuk yang bisa calon mahasiswa ambil, yakni : 


1. Jalur masuk mandiri 

Seleksi mandiri di UNS untuk S1 adalah jalur masuk bagi calon mahasiswa yang ingin ikut seleksi khusus jalur tertulis mandiri. Anda bisa mengikuti pendaftaran mandiri dengan mendaftar di situs resmi SPMB UNS dengan sistem online. 


2. Jalur Masuk Melalui SNBP UNS

Jika Sobat Pijar ini masuk UNS melalui jalur SNBP UNS. Bisa mendaftar melalui situs resmi di https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya untuk dapat mendaftar peserta harus diusulkan terlebih dulu oleh sekolah. 


Kemudian calon mahasiswa bisa mengikuti proses pendaftaran Universitas Sebelas Maret dengan login ke situs tersebut. Untuk login calon mahasiswa akan diberikan sekolah lewat login siswa dan Sobat Pijar bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran sampai selesai. 


Informasi lengkap seputar SNBP bisa kamu simak dalam artikel berikut ini, ya! 


3. Jalur Masuk Melalui SNBT UNS

Setelah mengikuti beberapa jalur dan belum lulus. Tenang saja, Sobat Pijar bisa mengikuti pendaftaran melalui jalur yang satu ini. Jalurnya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 


Sistem seleksi ini tidak menggunakan undangan yang hanya peserta khusus yang boleh ikut. SNBP adalah seleksi tertulis bagi calon mahasiswa baru yang dapat dilaksanakan sendiri-sendiri. 


Selanjutnya, bagi yang ingin masuk lewat jalur ini bisa mengunjungi situs https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id. Situs ini dapat Anda akses secara online, namun Sobat Pijar diharuskan membayar biaya pendaftaran. 


Sobat Pijar bisa mengetahui informasi lengkap seputar SNBT dalam artikel berikut ini. Selain itu, kamu juga bisa coba mengerjakan latihan soal seleksi masuk PTN bareng Pijar Belajar, lho.



Apa Saja Jenjang Pendidikan di UNS

Bagi Sobat Pijar yang ingin melanjutkan pendidikan di UNS, sebaiknya perhatikan dahulu 3 jenjang yang bisa Anda pilih, yakni : 

  1. Jenjang Vokasi. Pada jenjang ini Sobat Pijar bisa memilih sekitar 25 program pendidikan. 
  2. Jenjang S1. Pada jenjang S1 ada 72 program pendidikan yang bisa Soba Pijar pilih. 
  3. Jenjang S2 atau pascasarjana. Pada jenjang ini terdapat 64 program pendidikan yang bisa Sobat Pijar Pilih. 
  4. Jenjang Profesi terdapat 5 program studi yang bisa dipilih. 


_______________________________________________________________________


Baca juga: Universitas Indonesia: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah


Itulah penjelasan tentang pendaftaran Universitas Sebelas Maret atau UNS. Bagi Sobat Pijar yang ingin mendaftar ke universitas yang termasuk 15 besar terbaik di Indonesia ini. Yuk, mulai persiapkan dirimu, pilih jenjang yang sesuai, dan coba mengikuti seleksi masuk UNS. Tentunya Pijar Belajar bakalan selalu siap membantumu menyiapkan strategi menaklukkan soal-soal seleksi PTN! 


Aplikasi Pijar Belajar menyediakan berbagai latihan soal lengkap dengan pembahasannya yang bisa kamu pakai untuk mengasah pemahamanmu. Selain itu, kamu juga bisa menyimak rangkuman dan video materinya juga, lho


Yuk, download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajar kapan aja dan dimana aja!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved