pijarbelajar

Universitas

Pendaftaran Universitas Andalas - SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pendaftaran Universitas Andalas - SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri image

Memilih jalur pendaftaran Universitas Andalas merupakan langkah penting bagi para calon mahasiswa yang mau kuliah di sini. Saat ini, terdapat tiga jalur pendaftaran Universitas Andalas yang bisa kamu pilih, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Ujian Mandiri Universitas Andalas (SIMA). 


Seperti apa, ya, tahapan pendaftaran dan seleksi masuk Universitas Andalas itu? Dalam artikel kali ini, kita akan bersama-sama membahas langkah-langkah penting dalam mempersiapkan diri serta memberikan wawasan tentang proses pendaftarannya. Simak terus, ya! 


Baca juga: Jalur Masuk Pendaftaran Universitas Negeri Malang


Pendaftaran Universitas Andalas

Dikutip dari website resmi Universitas Andalas, terdapat tiga jalur pendaftaran yang bisa kamu coba. Ketiga jalur pendaftaran itu adalah SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri. 


SNBP adalah seleksi yang dilakukan secara nasional untuk memilih calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri di Indonesia. SNBT merupakan seleksi yang serupa namun dilakukan oleh perguruan tinggi non-negeri. Ujian Mandiri adalah ujian yang diadakan oleh Universitas Andalas untuk mengukur potensi dan kemampuan calon mahasiswa.


Berikut ketentuan dan mekanisme seleksinya yang perlu kamu tahu. 


Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

SNBP merupakan jalur seleksi yang diikuti oleh calon mahasiswa untuk memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri, termasuk Universitas Andalas. SNBP dilaksanakan secara nasional dan terdiri dari ujian tulis serta penilaian prestasi akademik.


Tahapan seleksi SNBP meliputi pendaftaran online, ujian tulis berupa tes potensi akademik, tes kemampuan dasar, dan tes bidang studi. Prestasi akademik juga menjadi pertimbangan penting dalam penentuan kelulusan.


Informasi lengkap seputar SNBP sudah Pijar Belajar bahas dalam artikel sebelumnya. Coba simak, ya! 


Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

SNBT adalah jalur seleksi yang menggunakan nilai tes tertulis sebagai acuan seleksi masuknya. Nantinya, skor UTBK SNBT inilah yang akan digunakan untuk mendaftaran di berbagai PTN pilihanmu. 


Nah, materi yang akan diujikan pada SNBT nanti meliputi Tes Potensial Skolastik, seperti Penalaran Matematika dan Literasi Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris. 


Informasi terkait materi dan contoh soal UTBK SNBT bisa kamu lihat dalam artikel berikut ini, ya! 


Materi UTBK SNBT 2023 Terbaru dan Perubahannya


Kemudian, berikut adalah persyaratan yang harus dibawa saat UTBK SNBT

  • Kartu peserta SNBT
  • Masker
  • Handsanitizer
  • Kartu Identitas (Kartu Siswa/KTP/Paspor)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (bagi peserta angkatan 2023), ketentuan lengkapnya silakan cek di http://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/).
  • Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi (bagi peserta angkatan 2021 dan 2022)
  • Mengenakan baju formal dan sepatu.



Seleksi Masuk Universitas Andalas (SIMA) - Jalur Mandiri 

SIMA atau Seleksi Masuk Universitas Andalas merupakan seleksi mandiri yang dibuka secara resmi oleh Universitas Andalas. Pelaksanaan SIMA sendiri terbagi ke dalam beberapa jalur, seperti SIMA Akademik, SIMA Prestasi, dan SIMA Kerja Sama. Kenalan sama ketiganya, yuk! 


SIMA Akademik

Jalur SIMA Akademik ini terbuka untuk para siswa yang mempunyai kemampuan baik di bidang akademik. Siswa yang bisa mengikuti SIMA Akademik ini adalah mereka yang lulusan dari SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulu di tiga tahun terakhir dan mempunyai ijazah ataupun Surat Keterangan Lulus atau SKL. Jalur ini sendiri dibagi menjadi dua, yakni jalur Ujian Tulis dan Nilai UTBK.


Untuk SIMA Akademik jalur UTBK, seleksi masuk akan dilakukan dengan cara melihat skor hasil UTBK SNBT yang sudah kamu kerjakan. Jadi, kamu perlu mengikuti UTBK SNBT dulu, ya. 


Sedangkan SIMA Akademik jalur Ujian Tulis ini mirip seperti UTBK SNBT, hanya saja soal-soalnya dibuat langsung oleh pihak Universitas Andalas. Selain itu, sistem penilaiannya pun berbeda. Untuk jawaban benar akan mendapatkan skor +2, jawaban kosong 0, dan jawaban salah -1. 


SIMA Prestasi

SIMA Prestasi merupakan seleksi masuk Universitas Andalas menggunakan jalur prestasi. Adapun beberapa prestasi yang bisa didaftarkan adalah sebagai berikut. 

  • Olahraga:  cabang  olah raga yang diperlombakan pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dan Pekan Olahraga Nasional (PONAS);
  • Kesenian: mencakup semua jenis kesenian yang diperlombakan pada Pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas); 
  • Sains: yaitu lomba dalam bidang ilmiah yang diselenggarakan oleh: a) Kemendikbudristek seperti Kompetisi Sains Nasional (KSN), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, Lomba debat, Robotika, dan lomba lainnya; dan b) Kemenag RI seperti Kompetisi Sains Madrasah (KSM); atau  
  • Keagamaan: mencakup  semua cabang yang diperlombakan pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mahasiswa, antara lain  hifdzil qur’an, fahmil qur’an, syahril qur’an, tafsir qur’an, tilawah/tartil qur’an.


SIMA Kerja Sama

SIMA Kerja Sama merupakan jalur seleksi masuk Universitas Andalas khusus untuk calon mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial. Nantinya, biaya pendidikan mahasiswa yang lolos jalur ini akan ditanggung oleh lembaga pemerintah dan non pemerintah yang bekerja sama dengan Universitas Andalas. 


Tentunya nggak sembarang orang bisa lolos seleksi ini, ya. Berikut syarat pendaftaran SIMA Kerja Sama: 

  • Memiliki ijazah 2 (dua) tahun sebelumnya atau surat keterangan lulus (SKL) tahun berjalan bagi lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat lainnya yang dilegalisisr oleh Kepala Sekolah;
  • Memiliki nilai rapor semester I sampai semester V yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah; 
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); 
  • Memiliki Surat Keterangan Miskin (SKM) dari Lurah/Kepala Desa/Wali Nagari (tidak berlaku untuk peserta dari daerah 3T);
  • Memiliki Kartu Keluarga;
  • Mendapat rekomendasi dan dukungan dana pendidikan dari Bupati/Wali Kota setempat, Kepala Instansi Pemerintah lainnya atau Instansi nonpemerintah untuk melanjutkan pendidikan di UNAND. 


___________________________________________________________


Baca juga: Yuk Ketahui, Apa Saja Jalur Pendaftaran UPN Veteran Jakarta tahun 2023/2024


Itu dia informasi seputar pendaftaran Universitas Andalas yang perlu kamu tahu. Memilih jalur masuk Universitas Andalas memang menjadi salah satu keputusan penting. Oleh karena itu, pahami dengan baik persyaratan dan tahapan seleksi setiap jalur untuk mempersiapkan diri dengan baik. Pilihlah jalur yang sesuai dengan potensi, minat, dan situasimu juga, ya. 


Selain itu, pastikan juga kamu sudah memahami seluruh materi yang akan diujikan dalam seleksi masuk PTN nanti, ya. Yuk, download Pijar Belajar dan mulai berlatih mengerjakan latihan soal UTBK SNBT bareng Pijar Belajar. 


Kamu juga bisa mengakses banyak materi belajar lainnya di Pijar Belajar


Yuk, klik banner di bawah ini atau download Pijar Belajar untuk mulai belajar bersama! 




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved