pijarbelajar

Universitas

Jalur Masuk Pendaftaran Universitas Negeri Malang

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Jalur Masuk Pendaftaran Universitas Negeri Malang image

Untuk Sobat Pijar yang bercita-cita ingin menjadi guru, dosen, maupun staff di bidang pendidikan, Universitas Negeri Malang adalah kampus yang tepat untukmu! Ada banyak lulusan universitas ini yang terbukti memiliki karir cemerlang di bidang pendidikan, lho! 


Hmm, tapi jalur masuknya ada apa aja ya? Simak artikel ini sampai habis, ya!


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang, Mahal Gak Ya?


Kenapa Harus Universitas Negeri Malang?

Tahukah kamu? Universitas Negeri Malang merupakan salah satu universitas paling besar dan tua di Jawa Timur, lho. Meskipun begitu, universitas ini memiliki gedung yang relatif baru, dengan jumlah 8 fakultas dan 119 program studi.


Delapan fakultas ini meliputi Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, dan Fakultas Keolahragaan.


Berdasarkan situs resminya, sebagian besar prodi di Universitas Negeri Malang sudah terakreditasi A. Bahkan, universitas ini masuk dalam Top 20 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik versi THE Impact Rankings 2023, lho! Keren ya, Sobat Pijar?


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Universitas Negeri Malang, klik di sini, ya!


Jalur Seleksi Masuk Universitas Negeri Malang

Sama seperti perguruan tinggi lainnya, Universitas Negeri Malang membuka pendaftaran dengan beberapa jalur masuk, seperti jalur undangan (SNBP), jalur tes bersama (SNBT), hingga jalur mandiri. Untuk lebih lengkapnya, baca penjelasan di bawah ini ya, Sobat Pijar!


Jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

Nah, untuk kamu yang ingin kuliah di Universitas Negeri Malang (UM), ada jalur masuk berdasarkan prestasi dan potensi nih. Jadi, mereka bakal lihat nilai rapor kamu di semua pelajaran dengan bobot tinggi, minimal 50%.


Selain nilai rapor, juga ada bagian yang ngecek minat dan bakat kamu, yang bobotnya maksimal 50%. Jadi, kamu bisa lebih eksplorasi kemampuan dan minat kamu.


Intinya, jalur masuk ini punya dua fokus: nilai rapor dan minat bakat. Tujuannya, buat bikin lingkungan kampus jadi beragam dan berprestasi. 


Untuk itu, selain harus belajar dengan giat agar nilai rapormu bagus, kamu juga perlu meningkatkan potensi minat dan bakatmu ya, Sobat Pijar!


Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)

Jalur selanjutnya adalah seleksi bersama yang diadakan untuk mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Universitas Negeri Malang. 


Pada SNBT, Sobat Pijar akan diuji berdasarkan potensi kognitif, kemampuan berpikir matematis, serta literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.


Oh iya, dalam SNBT, tidak ada lagi tes berdasarkan mata pelajaran tertentu. Peserta didik diuji berdasarkan kemampuan penalaran mereka. 


Hal ini memastikan skema seleksi menjadi lebih adil dan memberi kesempatan yang sama bagi semua peserta didik untuk meraih keberhasilan dalam jalur SNBT. 





Jalur Mandiri

Universitas Negeri Malang (UM) membuka pendaftaran mahasiswa baru secara online melalui seleksi mandiri. Pendaftaran ini tersedia untuk program Diploma (D3) dan Sarjana (S1) dengan beberapa jalur mandiri, yaitu:


Jalur Prestasi

Pada jalur ini, peserta didik dipilih berdasarkan prestasi akademik dan keterampilan relevan.


Berbasis Skor UTBK-SNBT

Peserta didik diharuskan menggunakan skor UTBK-SNBT sebagai pertimbangan. Syaratnya adalah nilai UTBK pada tahun yang sama.


Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK).

Seleksi Mandiri Jalur Tes Masuk Berbasis Komputer Universitas Negeri Malang (TMBK-UM) adalah seleksi calon mahasiswa yang menggunakan skor dari tes ujian tulis berbasis komputer yang diadakan oleh UM.


Jalur Kemitraan

Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan merupakan seleksi calon mahasiswa baru melalui kerjasama dengan institusi pemerintah, perusahaan, atau lembaga/yayasan. 

Jalur ini memberikan jaminan pembiayaan pendidikan bagi calon mahasiswa yang direkomendasikan oleh mitra berdasarkan kesepakatan MoU (memorandum of understanding) dengan UM.


Baca juga: Pendaftaran Universitas Padjadjaran yang Bisa Kamu Ikuti

_____________________________________

Nah, itulah informasi penting tentang jalur masuk di Universitas Negeri Malang yang perlu kamu ketahui. Jangan menyerah sebelum mencoba mendaftar di UM, ya. Pastikan untuk selalu mengunjungi website resmi UM agar mendapatkan informasi terkini mengenai tanggal pendaftaran mahasiswa baru.


Biar kamu lebih siap menghadapi berbagai tes masuk di Universitas Negeri Malang, yuk belajar di aplikasi Pijar Belajar! Di Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan soal lengkap dengan pembahasannya kapan saja dan di mana saja, lho. Kamu bisa melatih diri dengan mengerjakan latihan soal SNBT dan Mandiri setelah berlangganan.


Yuk, berlangganan Pijar Belajar sekarang untuk ambis mengejar kampus impian!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved