pijarbelajar

Universitas

Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang, Mahal Gak Ya?

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang, Mahal Gak Ya? image

Sebelum memutuskan kampus yang akan kamu tuju, ada satu hal penting yang nggak boleh Sobat Pijar lewatkan untuk dicari tahu, yaitu biaya kuliahnya. Yup, dengan mengetahui berapa biaya kuliah di suatu kampus, maka kamu dan orang tuamu bisa bersiap dari segi finansial.


Di artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai biaya yang harus kamu keluarkan jika ingin berkuliah di Universitas Negeri Malang. Nah, jadi, pastikan kamu baca artikel ini sampai selesai, ya!


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Diponegoro: SNBP, SNBT, dan Mandiri


Tentang Kampus Universitas Negeri Malang

UM atau singkatan dari Universitas Negeri Malang adalah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Malang, serta Blitar, Jawa Timur. Untuk alamat kampus di Malang tepatnya berada di Jalan Ambarawa Nomor 5, Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Malang 65145. 


Dulunya kampus ini sempat bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang, kemudian menjadi IKIP Malang sampai tahun 1999, yang membuatnya jadi salah satu IKIP yang tertua di Indonesia. 


Kualitas kampus ini nggak perlu kamu ragukan lagi. Deretan penghargaan telah banyak diraih, baik taraf Nasional maupun Internasional. Apalagi, UM berhasil menduduki peringkat ke 1 Nasional di kategori pendidikan menurut data Scimago Institutions Ranking tahun 2022. 


UM menyediakan berbagai macam program studi unggulan sarjana. Mulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, hingga Fakultas Psikologi.



Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang

Adapun rincian biaya di UM terdiri dari Uang Kuliah Tunggal atau UKT, dan Sumbangan Pengembangan Sarana Akademik atau SPSA. 


Untuk UKT ini harus dibayarkan tiap semester, sedangkan untuk biaya SPSA ini dibayar sekali di awal perkuliahan.


Eits, Sobat Pijar perlu ingat, biaya kuliah tersebut tergantung jalur seleksi masuk, apakah melalui jalur SNPMB atau dari jalur seleksi mandiri (selain SNPMB). 


Untuk program sarjana jalur SNPMB dikenakan biaya UKT, kemudian untuk program sarjana dan diploma dari jalur seleksi mandiri (selain SNPMB) dikenakan biaya UKT sesuai kategori dan biaya SPSA tadi. 



Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang Jalur SNPMB

Dilansir dari laman resminya, berikut biaya kuliah Universitas Negeri Malang jalur SNPMB berdasarkan prodinya.



Biaya Kuliah Universitas Negeri Malang Jalur Mandiri

Untuk jalur mandiri (selain SNPMB), Universitas Negeri Malang mewajibkan mahasiswanya untuk membayar dua jenis biaya. Untuk selengkapnya, baca daftar di bawah ini ya, Sobat Pijar!




Baca juga: Berapa Perkiraan Biaya Kuliah Universitas Airlangga Surabaya?

_________________________

Itulah daftar biaya kuliah di Universitas Negeri Malang yang perlu kamu persiapkan, Sobat Pijar. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!


Selain biaya, kamu juga perlu belajar untuk mengikuti tes masuknya, lho. Yuk, mulai belajar dengan tekun sejak dini untuk menghadapi seleksi masuk nanti. Agar proses belajarmu lebih efektif, Pijar Belajar siap membantu, kok

Nah, jadi jangan ragu lagi, ayo segera cobain latihan soal SNBT dan ujian mandiri di Pijar Belajar!


Download aplikasinya di sini!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved