pijarbelajar

Universitas

Peluang Masuk Universitas Negeri Yogyakarta, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Peluang Masuk Universitas Negeri Yogyakarta, Bagaimana Cara Menghitungnya? image

Universitas Negeri Yogyakarta menjadi salah satu universitas yang menjadi rujukan bagi para calon mahasiswa untuk menimba ilmu. Sudah bukan lagi rahasia umum jika Universitas Negeri Yogyakarta menjadi incaran banyak siswa yang sudah lulus ujian SMA. Lantas, bagaimana peluang masuk Universitas Negeri Yogyakarta saat ini? Yuk cari tahu sama-sama.


Baca juga: 5 Jurusan Universitas Gadjah Mada Paling Diminati


Mengenal Kampus UNY

Universitas Negeri Yogyakarta berdiri sejak 21 Mei 1964 di Sleman, Yogyakarta. UNY membuka program studi untuk jenjang S1, S2 hingga S3. Saat ini, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tujuh fakultas yang terbagi dalam kelompok Soshum dan Saintek. 


Dalam kelompok Soshum, terdapat Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Fakultas Bahasa Seni dan Budaya, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian, dalam kelompok Saintek terdapat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. 


Dari sekian banyak fakultas tersebut, terdapat banyak sekali program studi. Bahkan juga terdapat program studi baru. Rata – rata seluruh program studi terakreditasi Unggul, B dan juga A. Di Universitas Negeri Yogyakarta juga terdapat program internasional juga yang mana warga asing dapat belajar di sana.


Peluang Masuk Universitas Negeri Yogyakarta

Tidak hanya terletak di kota yang sangat istimewa saja, Universitas Negeri Yogyakarta juga memiliki reputasi yang cukup bagus, lho. Perguruan tinggi satu ini telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2016 oleh BAN PT. Selain itu, perguruan tinggi UNY ini juga memfokuskan pada bidang pendidikan. Namun jurusan lainnya juga tidak kalah bersaingnya loh.


Nah, bagi Sobat Pijar yang berminat masuk UNY, ada baiknya kamu mulai mencari tahu informasi seputar peluang masuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kamu bisa menentukan peluang masuk dengan melihat data daya tampung dan peminat Universitas Negeri Yogyakarta. 


Pada tahun 2023, untuk jalur SNBP, jumlah kursi yang tersedia sebanyak 2.030 dengan peminat di tahun 2022 sebanyak 25.126 orang. Jika dihitung rata berdasarkan data tersebut, diperkirakan besaran peluang masuknya sebanyak 0,8%. Wah luar biasa kan antusiasmenya?


Selain itu, ada baiknya kamu juga mulai mempertimbangkan peluang masuk di jurusan yang diminati. Biasanya, Universitas Negeri Yogyakarta telah menetapkan daya tampung spesifik di tiap jurusannya. Nah, data itu bisa kamu gunakan untuk menghitung peluang masuk di jurusan yang memang kamu minati. 


Jadi, misalkan kamu ingin masuk Jurusan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Nah, jurusan tersebut membuka daya tampung sebesar 30. Kemudian, jumlah peminat jurusan tersebut di tahun sebelumnya adalah 500. Maka, kamu bisa memperkirakan peluang masuknya 30:500 atau sekitar 0,6%. 


Informasi lengkap seputar peminat dan daya tampung Universitas Negeri Yogyakarta bisa kamu simak dalam artikel berikut ini! 


Daya Tampung Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2023

______________________________________________________


Tidak heran jika UNY menjadi salah satu kampus favorit, karena UNY juga terkenal dengan kampusnya pemain Timnas Bola. Nah itu tadi adalah peluang masuk Universitas Negeri Yogyakarta untuk Sobat Pijar. Yuk persiapkan diri agar dapat masuk di kampus impian kamu.


Sembari menunggu informasi pendaftaran seleksi masuk PTN, mulai persiapkan diri untuk menaklukkan seleksi masuk PTN sekarang, yuk! Caranya gampang banget, kok. Kamu bisa download Pijar Belajar untuk membantumu belajar. 


Pijar Belajar punya banyak konten pembelajaran UTBK SNBT dan materi pelajaran lainnya yang bisa kamu pakai sebagai bahan belajar. Asah pemahaman dan keterampilanmu juga dengan berlatih mengerjakan latihan soalnya juga, ya. 


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mengakses Pijar Belajar sekarang! 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved