pijarbelajar

Bahasa Inggris

Materi Past Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Materi Past Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat  image

Sobat Pijar perlu paham nih tentang tenses Bahasa Inggris, karena ada 16 total tenses yang ada. Salah satu bagian yang perlu kamu mengerti dengan baik adalah past future perfect tense. Apakah Sobat Pijar Belajar sudah pernah mempelajari materi ini sebelumnya?


Tentunya definisi, contoh, dan rumusnya pun akan berbeda dengan anggota tenses lainnya. Untuk lebih jelasnya, Sobat Pijar Belajar bisa membaca materi lengkapnya di sini yang juga dilengkapi contoh kalimat.


Baca juga: Rangkuman Passive Voice dan Contoh Kalimatnya


Pengertian Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense adalah tenses yang membahas sebuah peristiwa yang diharapkan atau dijanjikan akan terjadi dan selesai di periode masa depan tertentu. Hanya saja, pembicara atau penulisnya bermaksud bahwa kejadian tersebut berada di masa lalu, sehingga kadang-kadang kejadiannya imajiner.


Bentuk tenses ini memiliki konteks masa lampau secara keseluruhan. Peristiwanya juga berbeda dengan realita sebenarnya. Di sisi lain, peristiwa yang disebutkan di dalam kalimat juga tidak berkaitan dengan masa ini. Harapan peristiwa tersebut akan terjadi berhenti di masa lalu.


Rumus Past Future Perfect Tense

Sobat Pijar Belajar perlu menggunakan rumus verbal dan nominal yang dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, meskipun sudut pandangnya berada di masa lampau, kalimat-kalimatnya akan selalu menggunakan verb-3. Berikut ini adalah rumus-rumusnya.


Kalimat Positif

Di kalimat yang bermakna positif, maka rumus yang digunakan adalah subject + would/should + have + verb-3 + complement. Apabila tidak mengandung aksi, maka verb-3 digantikan been. Bentuk past—future sudah diwakilkan dengan bentuk would/should.

Contoh: They would have graduated from primary school in July last year.


Kalimat Negatif

Sementara membuat kalimat past future perfect tense yang berbentuk negatif hanya dengan menambahkan not setelah would/should. Pola kalimatnya adalah subject + would/should + not + have + verb-3 + complement. Verb-nya masih berbentuk verb-3.

Contoh: They would not have graduated from primary school in July last year.


Kalimat Interogatif

Membuat kalimat interogatif atau tanya yang jawabannya yes/no question hanya dengan membalik would/should menjadi di bagian depan. Kalimatnya berpola would/should + subject + have + verb-3 + complement?

Contoh: Would they have graduated from primary school in July last year?


Contoh Past Future Perfect Tense

Contoh kalimat past future perfect tense bisa lebih dipahami ketika Sobat Pijar Belajar membaca contoh yang terdiri dari positif, negatif, dan interogatif. Simak beberapa contoh di bawah ini yang sudah disertai dengan terjemahannya.


Contoh 1:

(+) The technician would have fixed the computer last night if he brought his equipment. (Teknisi itu akan telah memperbaiki komputer semalam jika dia membawa peralatannya).

(-) The technician would not have fixed the computer last night if he brought his equipment. (Teknisi itu tidak akan telah memperbaiki komputer semalam jika dia membawa peralatannya).

(?) Would the technician have fixed the computer last night if he brought his equipment? (Apakah teknisi itu akan telah memperbaiki komputer semalam jika dia membawa peralatannya?).

Yes, he will. (Ya, dia akan melakukannya).

No, he won’t. (Tidak, dia tidak akan melakukannya).


Contoh 2:

(+) I would have understood the issue better if you explained it to me well. (Saya akan memahami masalahnya lebih baik jika kamu menjelaskannya dengan baik).

(-) I would not have understood the issue better if you explained it to me well. (Saya tidak akan memahami masalahnya lebih baik jika kamu menjelaskannya dengan baik).

(?) Would you have understood the issue better if I explained you well? (Apakah kamu akan memahami masalahnya lebih baik jika aku menjelaskannya dengan baik?).

Yes, I would. (Ya, saya akan mengerti).

No, I would not. (Tidak, saya tidak akan mengerti).


Contoh 3:

(+) The officer would have explained the case to the customers if they didn’t leave. (Petugas akan telah menjelaskan kasusnya ke pelanggan jika mereka tidak pergi).

(-) The officer would not have explained the case to the customers if they didn’t leave. (Petugas tidak akan telah menjelaskan kasusnya ke pelanggan jika mereka tidak pergi).

(?) Would the officer have explained the case to the customers if they didn’t leave? (Apakah petugas akan telah menjelaskan kasusnya ke pelanggan jika mereka tidak pergi?).

Yes, she would. (Ya, dia akan melakukannya).

No, she wouldn’t. (Tidak, dia tidak akan melakukannya).


Baca juga: Bentuk Review Text dalam Bahasa Inggris

___________________________


Rumus dan contoh kalimat dengan bentuk past future perfect tense di atas bisa menjadi rujukan untuk mempelajari materi tenses ini. Sebelum itu, kamu juga harus mengerti definisinya terlebih dahulu sehingga tidak keliru ketika menggunakannya di dalam teks atau percakapan.


Nah, biar bisa belajar bahasa Inggris secara menyeluruh dan dalam, Sobat Pijar wajib banget nih belajar menggunakan Pijar Belajar! Selain ada materi pelajaran bahasa Inggris, kamu juga bisa mengakses mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, Sosiologi, Sejarah, Ekonomi, hingga Geografi, lho! Bisa belajar semuanya, ‘kan?


Yuk, mulai belajar di Pijar Belajar sekarang juga!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved