pijarbelajar

Bahasa Inggris

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense image

Belajar Bahasa Inggris tentunya tidak akan terlepas dari materi tense ya, Sobat Pijar? Pasalnya, bahasa ini memiliki 16 tenses yang salah satunya past future perfect continuous yang tingkatannya lebih rumit daripada jenis tenses lainnya.


Tenses ini terdiri dari gabungan antara past, future, perfect dan continuous sehingga Sobat Pijar Belajar perlu memahami bagaimana cara memakainya dan juga maknanya. Eits, meskipun begitu, Sobat Pijar tidak perlu khawatir karena kita akan membahasnya hingga tuntas di artikel ini. Baca hingga selesai, ya!


Baca juga: News Item Text: Pengertian, Struktur, dan Contoh


Pengertian Past Future Perfect Continuous Tense

Apa pengertian dari kalimat past future perfect continuous tense? Kalimat ini bermakna bahwa sebuah kejadian akan sudah sedang terjadi di masa depan, namun konteks waktunya berada di masa lalu. Aksinya tidak memiliki hubungan sama sekali di masa kini.


Meskipun kalimatnya mengandung unsur perfect tense, unsur time signal di kalimat ini memiliki ketentuan periode yang jelas. Biasanya menggunakan kata for atau periode yang menunjukkan lama terjadinya peristiwa tersebut.


Penggunaan past future perfect continuous tense fokus untuk membahas peristiwa di masa lalu. Bisa jadi, kejadiannya sendiri bersifat imajiner atau tidak pernah terjadi sama sekali. Fungsi tenses ini juga bisa dipakai untuk kalimat indirect speech.


Rumus Past Future Perfect Continuous Tense

Membuat kalimat dengan past future perfect continuous tense harus menggunakan rumus yang tepat. Kamu juga perlu memahami bahwa penggunaan verb di dalam kalimat ini akan selalu menggunakan bentuk verb-ing. Rumusnya adalah:


1. Rumus kalimat positif

(+) Subject + would have been + verb-ing + complement

Kalimat positif dalam past future perfect continuous tense adalah kalimat yang akan menggunakan struktur di atas dan complementnya bisa apa saja. Apapun bentuk subject dalam kalimat, maka akan diikuti oleh would have been. Verb-nya adalah verb-ing.

Contoh: They would have been running for 2 hours.


2. Rumus kalimat negatif

(-) Subject + would not have been + verb-ing + complement

Sobat Pijar Belajar hanya perlu menambahkan kata not di antara would have saja untuk membuat kalimat menjadi negatif. Sementara bentuk verb-nya masih menggunakan bentuk verb-ing.

Contoh: They would not have been running for 2 hours.


3. Rumus kalimat interogatif

(?) Would + subject + have been + verb-ing + complement?

Membuat kalimat interogatif hanya memindahkan bagian would ke bagian depan kalimat. Verb yang digunakan juga sama sekali tidak berubah, yakni verb dengan bentuk verb--ing.

Contoh: Would they have been running for 2 hours?


Contoh Past Future Perfect Continuous Tense

Supaya Sobat Pijar Belajar bisa lebih memahami materi past future perfect continuous tense, sebaiknya kamu melihat berbagai contoh kalimat di bawah ini yang disusun berdasarkan bentuk positif, negatif, interogatif, dan jawabannya.


Contoh 1

(+) The farmer would have been planting the sweet potato again before the drought season. (Petani akan telah sedang menanam ubi lagi sebelum musim kering waktu itu).

(-) The farmer would not have been planting the sweet potato again before the drought season. (Petani tidak akan telah sedang menanam ubi lagi sebelum musim kering waktu itu).

(?) Would the farmer have been planting the sweet potato again before the drought season? (Akankah petani telah sedang menanam ubi lagi sebelum musim kering waktu itu?).

Yes, he would. (Ya, dia akan melakukannya).

No, he would not. (Tidak, dia tidak akan melakukannya).


Contoh 2

(+) Lily and Mini would have been doing their assignment before they went to bed last night. (Lily dan Mini akan telah sedang mengerjakan PR mereka sebelum tidur semalam).

(-) Lily and Mini would not have been doing their assignment before they went to bed last night. (Lily dan Mini tidak akan telah sedang mengerjakan PR mereka sebelum tidur semalam).

(?) Would Mini and Lily have been doing their assignment before they went to bed last night? (Akankah Lily dan Mini telah sedang mengerjakan PR mereka sebelum tidur semalam?).

Yes, they would. (Ya, mereka melakukannya).

No, they would not. (Tidak, mereka tidak melakukannya).


Contoh 3

(+) The Russian Blue Cat would have been living in that shelter for a year. (Kucing Russian Blue itu akan telah sedang tinggal di shelter selama setahun).

(-) The Russian Blue Cat would not have been living in that shelter for a year. (Kucing itu tidak akan telah sedang tinggal di shelter selama setahun).

(?) Would the Russian Blue Cat have been living in that shelter for a year? (Akankah kucing akan telah sedang tinggal di shelter selama setahun?).

Yes, it would. (Ya, kucing itu tidak akan sedang tinggal di sana).

No, it would not. (Tidak, kucing itu tidak akan sedang tinggal di sana).


_________________________________

Baca juga: Materi Procedure Text dalam Bahasa Inggris


Menggunakan past future perfect continuous tense di dalam kalimat dan teks tertentu harus berhati-hati. Gabungan tensesnya sangat banyak dan rumit, sehingga sebaiknya kamu memahami pengertiannya. Setelahnya, ikuti rumus dan contoh di atas untuk membuat kalimat dengan tepat.


Yuk, belajar bareng Pijar Belajar, Sobat Pijar! Kamu bisa sesuaikan dengan materi yang saat ini kamu pelajari di kelas, lho! Materi konten yang kamu pelajari bisa kamu pilih dalam bentuk video pelajaran, rangkuman, hingga mini quiz dan latihan soal beserta kunci jawabannya. Wah, lengkap bukan?


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved