Negara Maju dan Berkembang – Pengertian, Indikator, dan Persebarannya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Negara Maju dan Berkembang – Pengertian, Indikator, dan Persebarannya

| 0 minute read
Negara Maju dan Berkembang – Pengertian, Indikator, dan Persebarannya image

Kamu mungkin sudah tidak asing, bukan, dengan istilah negara maju dan berkembang? Tahu nggak sih, ternyata istilah tersebut muncul untuk membedakan negara di dunia berdasarkan pada sumber daya manusia dan sumber daya alamnya, lho


Selain itu, negara maju dan berkembang juga dibedakan melalui berbagai macam faktor, lho. Apa saja, ya, kira-kira? Untuk tahu lebih jauh tentang negara maju, negara berkembang, indikator serta persebarannya, kamu bisa simak artikel di bawah ini.


Baca juga: Materi Koperasi - Landasan, Asas, Fungsi, dan Jenisnya


Pengertian Negara Maju

Dalam subtopik sebelumnya, kita sudah bersama-sama mengenal apa itu negara berkembang. Sekarang kita akan membahas tentang pengertian negara maju. Nah, kalau negara maju sendiri bisa diartikan sebagai negara yang sudah memiliki tingkat perekonomian dan teknologi tinggi yang merata.


Biasanya, negara maju sudah menggunakan teknologi modern secara efektif pada sebagian besar sektornya. Selain itu, negara maju dengan taraf ekonomi tinggi juga memiliki tingkat konsumsi yang tinggi juga, khususnya konsumsi di bidang energi.


Kondisi ini bisa kamu lihat secara jelas pada negara-negara maju seperti di Eropa, Amerika, dan Jepang. Konsumsi masyarakat pun semakin meningkat pada kebutuhan lainnya yang lebih tinggi dan bukan hanya terbatas pada kebutuhan pokok saja.


Pengertian Negara Berkembang

Jika negara maju memiliki tingkat kesejahteraan dan dukungan teknologi tinggi yang sudah merata, negara berkembang justru nggak, nih. Pengertian dari negara berkembang adalah negara yang memiliki tingkat kesejahteraan menengah atau masih berkembang.


Dalam hal ini negara berkembang dimulai dengan tahap perekonomian tradisional yang orientasinya masih terbatas untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Sementara itu, penerapan teknologi dan manajemen belum maksimal sehingga produktivitas yang dihasilkan relatif rendah.


Selanjutnya perekonomian akan berkembang pada tahap Pra Lepas Landas, yaitu tahap transisi ketika masyarakat mulai menyiapkan diri untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dengan mengandalkan potensi dan kekuatan sendiri.


Tahap ini ditandai pergerakan ekonomi dengan adanya campur tangan dari negara lain yang ekonominya lebih maju. Pada tahap ini terjadi perubahan bukan hanya sektor ekonomi saja tetapi juga di bidang sosial, politik, dan budaya.


Indonesia sendiri termasuk negara berkembang dengan tingkat kesejahteraan menengah. Meski begitu, Indonesia memiliki potensi menjadi negara maju, lho. Apalagi dengan dukungan SDA yang melimpah serta kekayaan budaya yang beragam.


Indikator Negara Maju dan Berkembang

Untuk bisa menentukan suatu negara masuk dalam kategori negara maju atau negara berkembang diperlukan beberapa indikator. Tahu nggak apa saja indikatornya? Pada dasarnya pengelompokan negara maju dan negara berkembang lebih didominasi indikator ekonomi, teknologi, dan kesehatan.


Sebelumnya juga sudah dijelaskan dalam tabel perbedaan negara maju serta negara berkembang. Tapi, untuk lebih jelasnya Sobat Pijar bisa simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini. Simak sampai tuntas, yuk!


Indikator Negara Maju

Pada negara maju, indikator berupa pertumbuhan penduduk cenderung rendah. Namun untuk indikator lainnya seperti tingkat pendidikan, pendapatan perkapita, tingkat kesehatan, dan penguasaan teknologi relatif tinggi.


Dengan tingkat kesehatan yang tinggi, angka harapan hidup masyarakat di negara maju juga lebih tinggi. Sementara untuk mata pencaharian penduduk lebih ke sektor industri, teknologi, jasa dan perdagangan.


Indikator Negara Berkembang

Berbeda dari negara maju, negara berkembang memiliki indikator pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi. Sementara untuk indikator lainnya seperti tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, penguasaan teknologi serta pendapatan perkapita penduduk relatif rendah.


Bagaimana dengan harapan hidupnya? Jika dilihat dari tingkat kesehatan yang relatif rendah, maka angka harapan hidup penduduk di negara berkembang juga tidak begitu tinggi. Rata-rata yaitu memiliki harapan hidup di bawah 60 tahun.


Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Berdasarkan pengertian yang telah dijelaskan di atas, apakah kamu sudah bisa menyimpulkan apa yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang? Biar nggak bingung, yuk langsung disimak beberapa perbedaannya di bawah ini:


Tabel Perbedaan Negara Maju dan Berkembang



Persebaran Negara Maju dan Berkembang

Nah, setelah membahas negara maju serta negara berkembang dengan indikator dan perbedaannya, kamu pasti penasaran dimana saja persebaran negara maju di dunia ini dan negara mana saja yang termasuk negara berkembang. Berikut adalah wilayah persebarannya:


Negara Maju

Tahu nggak sih kalau negara maju sebagian besar ada di belahan dunia bagian utara? Hal ini terjadi karena di belahan bumi tersebut jauh dari garis khatulistiwa yang biasanya beriklim tropis dan kaya akan SDA. Makanya, mereka lebih mengandalkan produksi di bidang industri dan jasa tanpa bergantung pada kekayaan SDA. 


Selain itu, negara di wilayah tersebut juga sudah merdeka terlebih dahulu. Nah, kira-kira apa saja ya negara yang tercatat sebagai negara maju? Berikut daftarnya. 


Tabel Daftar Negara Maju

 

Selain negara yang telah disebutkan di atas, negara maju lainnya adalah Selandia Baru dan Australia.

 

Negara Berkembang

Nah, berbeda dari negara maju yang banyak berada di belahan dunia bagian utara, kalau negara berkembang justru banyak yang terletak di bagian selatan. Contohnya adalah seperti berikut:


Tabel Daftar Negara Berkembang


Baca juga: Jenis-Jenis Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia dan Manfaatnya

___________________________________________________________ 


Bagaimana, sekarang sudah lebih paham kan apa yang dimaksud dengan negara maju dan berkembang? Meskipun saat ini negara kita termasuk negara berkembang, namun potensi untuk menjadi negara maju tetap terbuka lebar, lho. Jadi, tetap semangat untuk Indonesia yang lebih maju!


Yuk, cari tahu lebih banyak tentang negara maju dan berkembang beserta materi Ekonomi lainnya di Pijar Belajar! Pijar Belajar menyediakan berbagai latihan soal dan pembahasannya yang tentunya bisa kamu akses sepuasnya. Mulai dari 10 ribu saja, kamu sudah bisa mengerjakan latihan soal Pijar Belajar kapan pun dan dimana pun.


Download Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image