pijarbelajar

Bahasa Inggris

Materi Introduction Kelas 10 - Fungsi dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Materi Introduction Kelas 10 - Fungsi dan Contohnya image

Sobat Pijar, kapanpun kamu bertemu dengan orang baru atau membuka sebuah forum, kamu pasti akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, ya. Tapi, terkadang kamu kelabakan nggak, sih, kalau harus berkenalan dalam Bahasa Inggris? Eits, tenang aja, kamu tak perlu khawatir karena Pijar Belajar mau ajak kamu belajar materi introduction kelas 10 di mapel Bahasa Inggris.


Sebenarnya, memperkenalkan diri adalah sebuah aktivitas yang sangat dasar. Bahkan bisa saja kamu melakukannya tanpa kamu sadar. Tetapi ketika berada di dalam forum, kamu harus mencantumkan beberapa hal yang sifatnya penting untuk memberi informasi diri.


Nah, untuk bisa melakukannya dengan baik, simak beberapa informasi yang harus kamu ketahui di halaman ini.


Pengertian Introduction

Dalam materi introduction kelas 10, introduction bisa diartikan sebagai sebuah pengantar yang disampaikan oleh seseorang untuk menunjukkan identitasnya. Introduction bisa berupa perkenalan singkat dan bisa juga perkenalan panjang, tergantung dari situasi perkenalan.


Nah, supaya kamu bisa melakukan perkenalan dalam Bahasa Inggris dengan baik, mempelajari materi introducing oneself and others kelas 10 sangat penting. Soalnya, introduction adalah sebuah dasar untuk membuka obrolan dengan orang baru. Kamu juga harus bisa melakukan introduction dengan baik dan benar ketika berada di sebuah forum formal.


Baca juga: News Item Text: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh


Fungsi Introduction

Introducing artinya mengenalkan diri ke orang lain. Oleh karena itu, fungsi utama dari introduction adalah memperkenalkan diri. Akan tetapi, nggak cuma itu saja, lho. Ada beberapa fungsi introduction yang harus kamu ketahui. Berikut adalah fungsi-fungsi introduction.


1. Memberi informasi identitas

Fungsi utama sebuah perkenalan diri atau introduction adalah untuk memberikan sebuah informasi terkait tentang identitas kita. Orang lain akan lebih menerima sebuah topik obrolan apabila mereka tahu siapa yang mereka dengarkan.


Nah, makanya, Sobat Pijar perlu memberikan informasi terkait identitasmu saat berkenalan, ya. Umumnya, identitas yang diberikan saat berkenalan adalah identitas yang berhubungan dengan topik pembicaraan atau audien. Misalnya, kamu hendak memperkenalkan diri dan berbicara tentang materi pelajaran, maka kamu bisa memberikan identitas berupa kelas dan jurusan yang kamu ambil. 


2. Membuka forum

Meskipun kamu sudah kenal dengan orang-orang yang akan mendengarkanmu, kamu tetap perlu mengenalkan diri secara singkat kepada orang-orang di hadapan kamu. Oleh karena itu, salah satu fungsi introduction adalah untuk membuka sebuah forum. Dengan begitu, pendengar akan lebih tertarik untuk mengikuti pembicaraan. 


3. Membuka pembicaraan

Ada kalanya kamu akan berbicara dengan orang yang sebelumnya kamu tidak kenal. Sebelum ke inti pembicaraan, introduction akan membuat obrolan menjadi hangat dan menarik. Kamu perlu menjelaskan diri sendiri kepada lawan bicara sebelum topik obrolan berlanjut lebih jauh.


Introducing Oneself

Bagian materi self introduction ini akan menyajikan beberapa contoh dari perkenalan diri. Kamu bisa mempraktekkannya di depan lawan bicara sesuai dengan situasinya. Berikut adalah beberapa contoh perkenalan diri dalam Bahasa Inggris dan artinya.


1. Mengenalkan diri di hadapan teman baru

Hi, I am Resti and I am from Bandung. I’ve lived in Garut for three months. Nice to know you. (Hai, saya Resti dan saya dari Bandung. Saya sudah tinggal di Garut selama tiga bulan. Senang mengenal kamu).


2. Mengenalkan diri di depan kelas

Hello, I am a newcomer here. I am Cassandra and I am from Berlin. I move to this school because I follow my aunt to live here. Hopefully, we can be good mates. (Halo, saya anak baru disini. Nama saya Cassandra dan saya dari Berlin. Saya pindah ke sekolah ini karena ikut bibi tinggal di sini. Semoga kita bisa jadi kawan baik).


3. Mengenalkan diri saat meeting

Good afternoon, ladies and gentlemen. My name is Anderson from Gold Medalist company. I would like to deliver the main topic of the meeting as the leader of this project. (Selamat sore para hadirin. Nama saya Anderson dari perusahaan Gold Medalist. Saya akan menyampaikan topik utama di rapat ini selaku ketua projek).


Baca juga: Definition of Report Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh


Introducing Other

Di bagian introducing others formal and informal ini, kamu mengenalkan teman kamu ke orang tua. Artinya, teman kamu sendiri tidak langsung mengenalkan dirinya. Berikut adalah beberapa contoh materi introduction kelas 10 yang bisa kamu praktikkan.


1. Mengenalkan teman ke orang tua

Mom, I bring my chairmate home. She is Diandra and we’ve been good friend since the school started. She is very helpful and wonderful friend. She lives in the neighbor village. (Ibu, saya membeawa teman sebangkuku pulang. Dia Diandra dan kamu menjadi teman baik sejak sekolah mulai. Dia sangat banyak membantu dan baik. Dia tinggal di desa tetangga).


2. Mengenalkan teman ke teman lain

Kira, this is my friend from my village, Mary. Mary has the same age as ours. She is very nice and loves drawing too. Next time, can we let her join the competition in Bandung city? We can go together. (Kira, ini teman saya dari desa, Mary. Mary usianya sama dengan kita. Dia sangat manis dan suka menggambar. Bisakah kita ajak dia gabung lomba di Bandung? Kita pergi bersama).


Contoh Dialog Introduction

Secara umum, introduction juga ada di dalam sebuah percakapan singkat. Berikut adalah English conversation introducing others dan oneself yang bisa kamu contoh.


1. Introduction di kelas

Teacher : Come here, Kira. You should introduce yourself. (Kemarilah, Kira dan perkenalkan diri kamu).

Kira : Hello everybody. I am Kira and I am 13 years old. I am new here. Nice to meet you. (Halo semuanya, saya Kira dan saya 13 tahun. Saya murid baru disini. Salam kenal).

Teacher : Ok, Kira. Take your seat. (Baik Kira, silakan duduk).


2. Introduction antar teman

Mary : Hi, John. I brought my friend here, Rara.

John : Oh hi, Mary. Who is she?

Mary : Here is Rara. She is my childhood friend and now she is spending her vacation in this city.

John : Nice to meet you, Rara. I am John, Mary’s classmate.

Rara : Nice to meet you too, John.


3. Introduction rekan kerja baru

Sean : We have a new manager today and welcome Mr. Andrew. (Kita punya manajer baru hari ini dan sambut Mr. Andrew).

Andrew : Hi, everybody. I am Andrew and I’ll be the new manager today. Hopefully we can soar together in this company. Previously, I worked in a multinational company for a skincare brand and was a manager too. I wish my experience could help this company. Please help me too. (Halo semua, saya Andrew dan saya jadi manager per hari ini. Semoga kita bisa maju bersama. Tadinya saya bekerja di perusahaan multinasional untuk produk perawatan tubuh dan manajer juga. Semoga pengalaman saya membantu. Mohon bantu saya juga).

Sean : Sure, Andrew. I’ll show you more about this company after this. (Tentu saja, Andrew. Saya akan menunjukkan kamu lebih banyak tentang perusahaan setelah ini).


_______________________________________________________


Contoh introduction myself di atas adalah paragraf yang bisa kamu lakukan ketika mengenalkan diri atau memperkenalkan satu orang dengan orang lainnya. Materi introduction kelas 10 ini sangat mudah, baik digunakan saat forum yang informal maupun formal sehingga maksud introduction tersampaikan.


Pastikan kamu juga menyimak pembahasa lebih lengkap tentang materi introduction ini lewat Aplikasi Pijar Belajar, ya! Pijar Belajar merupakan aplikasi bimbel online yang menyediakan konten pembelajaran terlengkap untuk siswa SD, SMP, hingga SMA. Nah, konten pembelajaran ini bisa banget kamu manfaatkan untuk menambah dan mengasah wawasan kapan aja dan dimana aja.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved