pijarbelajar

Geografi

Langkah-Langkah Penelitian Geografi | Materi Geografi Kelas X

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Langkah-Langkah Penelitian Geografi | Materi Geografi Kelas X image

Dalam melakukan sebuah penelitian geografi, terdapat langkah langkah penelitian geografi yang harus diterapkan. Contohnya saat melakukan penelitian tentang dampak gunung meletus, kamu tentunya nggak langsung datang ke lokasi tanpa rencana apa pun, bukan? Kalau kamu langsung datang begitu saja, bisa-bisa penelitianmu menjadi kurang fokus, ya. 


Oleh karena itu, langkah langkah penelitian geografi ini penting untuk dilakukan. Yuk cari tahu selengkapnya penjelasannya di bawah ini. 


Baca juga: Langkah Langkah Penelitian Sejarah: Pengertian dan Jenis


Pengertian Penelitian Geografi 

Sebelum masuk ke penjelasan tentang langkah penelitian geografi, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan penelitian geografi. 


Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dibuat secara sistematis dan berguna untuk menguji kebenaran dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan objek penelitian geografi. 


Perumusan masalah dalam penelitian geografi berisi tentang gejala keruangan dan berbagai masalah kehidupan manusia untuk suatu daerah tertentu. Jadi, Sobat Pijar perlu tahu bahwa objek yang diteliti dalam geografi berkaitan dengan ruang. 


Adapun tujuan utama dari penelitian geografi adalah untuk mendapatkan data atau permasalahan yang ada di lapangan. Selanjutnya, dari data ini para peneliti akan berusaha untuk memecahkannya dari sudut pandang geografi. 


Sifat Penelitian Geografi 

Berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), penelitian geografi ini punya beberapa karakteristik, yaitu: 

  • Ilmiah: penelitian geografi memakai metode ilmiah untuk mencari data dan mendapatkan ilmu geografi sebagai landasan teori. 
  • Berbasis penemuan: penelitian geografi dilakukan untuk mendapatkan temuan masalah yang ada di geosfer. Baik itu yang berhubungan dengan manusia atau objek kajian lain. 
  • Berbasis pengembangan: penelitian geografi berguna untuk memperluas kajian ilmu sehingga dapat memperdalam keilmuan terkait dengan ruang lingkup geosfer yang terjadi di sekitar kita. 
  • Menguji kebenaran: penelitian geografi yang dilakukan harus menjamin keakuratan data berdasarkan realitasnya. Nah, oleh karena itu perlu adanya uji kebenaran yang wajib diterapkan bagi peneliti. 
  • Pemecahan masalah: penelitian ini diberikan untuk menemukan dan memecahkan masalah yang ada dalam lingkup geosfer. 


Jenis Jenis Penelitian Geografi 

Setelah diketahui sifat penelitian geografi, yuk ketahui juga jenis penelitian geografi. Terdapat 3 jenis penelitian geografi, yaitu: 

  • Penelitian eksplanatif: berdasarkan buku Metodologi Penelitian (2002) karangan W. Gulo, penelitian eksplanatif adalah penelitian yang menjabarkan kenapa peristiwa geosfer tersebut terjadi. Jika sudah mendapatkan alasannya, tinggal Sobat Pijar cari deh penyebab dari peristiwa tersebut. 
  • Penelitian eksploratif: penelitian yang dilakukan dengan mencari tahu peristiwa yang terjadi atau mengeksplorasi objek penelitian yang dipilih. Contohnya dengan melakukan wawancara, mengamati objek penelitian, dsb. 
  • Penelitian deskriptif: mencari tahu bagaimana peristiwa geosfer tersebut terjadi. 
  • Penelitian geografi fisik adalah penelitian yang berkaitan dengan lingkungan fisik geosfer. 


Langkah Langkah Penelitian Geografi 

Sobat Pijar, dalam melaksanakan penelitian geografi harus mematuhi panduannya secara runtut. Hal ini penting karena jika tidak maka penelitian tidak akan berjalan dengan baik atau juga bisa dikatakan gagal, lho. 


Lalu, apa saja langkah langkah penelitian geografi itu? Simak penjelasannya berikut ini: 


1. Merumuskan Pertanyaan Penelitian 

Langkah yang terlebih dahulu dilakukan dalam penelitian geografi adalah membuat rumusan masalah. Kunci keberhasilan dari penelitian ini ditunjukkan dari pertanyaan yang diberikan. 


Sobat Pijar perlu memiliki sikap kritis terhadap fenomena geosfer yang terjadi. Dengan demikian, penelitian yang akan dikaji menjadi lebih berkualitas. Ada beberapa syarat yang diperlukan untuk membuat pertanyaan yang baik untuk penelitian, diantaranya sebagai berikut. 


  • Didukung dengan data atau informasi untuk jawaban pertanyaan tersebut. 
  • Data diperoleh lewat metode ilmiah. 
  • Ada syarat orisinalitas. 
  • Berkaitan dengan isu hangat. 
  • Pertanyaannya meliputi pemecahan segera tetapi perlu diketahui oleh masyarakat lebih luas.


Penjelasan lengkap mengenai rancangan penelitian bisa Sobat Pijar simak dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya!

 

2. Pengumpulan Data 

Dalam penelitian, tentu kita memerlukan data untuk diteliti. Data ini yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah penelitian.


Cara mengumpulkan data bisa dilakukan dengan beberapa metode. Contohnya seperti wawancara, observasi, kuesioner, sampai dengan studi dokumen. Setelah data didapatkan, Sobat Pijar harus mengolah data tersebut dengan metode manual atau menggunakan bantuan komputer. 


3. Analisis Data Penelitian 

Langkah langkah penelitian geografi selanjutnya adalah melakukan analisis data yaitu sebuah proses penyelidikan fenomena guna mengetahui keadaan yang sebenarnya terjadi. 


Analisis dalam geografi dapat menggunakan metode kualitatif (deskripsi), kuantitatif (terukur dan punya nilai), penginderaan jauh, dan SIG (Sistem Informasi Geografis). 


4. Membuat Laporan Penelitian 

Langkah terakhir yaitu membuat laporan penelitian. Sobat Pijar tahu kan bagaimana menyusun laporan? Laporan penelitian umumnya hanya terbagi menjadi 3 jenis saja lho yaitu pembuka, isi, dan penutup. 


Pembuka laporan berisi halaman penelitian, kata pengantar, abstrak. Selanjutnya bagian isi terdiri dari pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan pembahasan. Lalu, yang terakhir adalah penutup yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu simpulan, saran, dan daftar pustaka. 


Kamu bisa memahami kerangka laporan penelitian secara lebih lengkap melalui artikel Pijar Belajar sebelumnya. Coba baca di sini, ya! 


Contoh Penelitian Geografi 

Setelah memahami langkah langkah penelitian geografi, apa saja sih contoh dari penelitian geografi itu? Nah, beberapa contoh penelitian geografi adalah sebagai berikut. : 


  • Penelitian dampak erupsi gunung merapi 2010 bagi masyarakat DIY dan Jawa Tengah. Penelitian geografi ini mengarah pada masyarakat dan lingkungan. 
  • Pemetaan daerah rawan bencana di Gunung Kidul., DIY yang digunakan untuk mencari tahu potensi bencana yang ditimbulkan. 
  • Analisis tingkat polusi udara di Surabaya. Penelitian ini berguna untuk mengetahui data di lapangan terkait tingkat polusi di Surabaya dan solusi yang bisa diandalkan. 


____________________________________________________________________________


Baca juga: Pengolahan Data Penelitian dan Contohnya


Langkah langkah penelitian geografi di atas bisa dijadikan patokan bagi Sobat Pijar untuk mendapatkan hal hasil terbaik dan akurat sehingga bersifat ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu, ya.


Nah, supaya aktivitas belajarmu jadi lebih seru, coba belajar bersama Pijar Belajar, yuk! Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang menyediakan berbagai latihan soal dan video pembahasan untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Lengkap banget, kan?


Download Pijar Belajar dan rasakan langsung keseruan belajar bareng Pijar Belajar!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved