pijarbelajar

Mengapa Bangsa Eropa Datang ke Indonesia? Simak Alasannya, Yuk!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Mengapa Bangsa Eropa Datang ke Indonesia? Simak Alasannya, Yuk! image

Penjajahan di Indonesia oleh bangsa Eropa telah menjadi bagian dari catatan sejarah. Namun, tahukah Sobat Pijar bahwa awalnya kedatangan mereka bukanlah dengan niat untuk menjajah, lho. Semua berubah ketika mereka menemukan kekayaan alam yang melimpah di Indonesia. Kekayaan tersebut membuat bangsa Eropa kehilangan kendali diri dan akhirnya mengambil alih kekuasaan atas Indonesia. Wah, bikin penasaran, ya?


Untuk lebih jelasnya mengenai uraian tujuan dan juga proses kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia ini kamu bisa langsung saja cek penjabaran lengkapnya di bawah ini!


Baca juga: Apa Itu Ekspor dan Impor?


Apa Tujuan Bangsa Eropa Datang Ke Indonesia?

Sobat Pijar perlu tahu bahwa tujuan bangsa Eropa datang ke Indonesia ada 3 macam. Baca selengkapnya, yuk!


Berdagang

Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia tujuan utamanya adalah untuk berdagang. Mereka mengetahui kalau Indonesia punya kekayaan alam berupa rempah yang kualitasnya sangat bagus bahkan berbeda dengan apa yang ada di wilayah mereka. Tidak hanya itu harga rempah yang ada di Indonesia juga dibanderol cukup murah sehingga mereka sangat berminat untuk membelinya. 


Alasan lainnya adalah harga rempah serupa yang mereka butuhkan di Eropa sangat tinggi dan kualitasnya tidak sebagus di Indonesia sehingga keuntungan yang didapatkan tidak akan banyak kalau dijual kembali. Itulah yang membuat bangsa Eropa berbondong-bondong menemukan Indonesia. 


Monopoli Rempah-Rempah

Tidak puas dengan berdagang mereka mulai menghianati janji awal mereka masuk terlebih saat melihat kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah. Mereka yang awalnya hanya ingin berdagang kemudian ingin menguasai kekayaan alam Indonesia. Dalam hal ini bangsa Eropa yang pertama kali datang ke indonesia adalah Portugis. 


Bangsa Eropa tersebut menyerang sasaran pertama mereka di wilayah Malaka kemudian Maluku. Bagaimana reaksi masyarakat kedatangan bangsa Portugis di indonesia? Ternyata, di kala itu reaksi bangsa Indonesia beragam lho, Sobat Pijar. Ada yang menerima namun ada pula yang langsung memberikan perlawanan. 


Menjajah 

Seperti kekhawatiran yang sudah dipikirkan oleh beberapa kubu bangsa Indonesia nyatanya bangsa Eropa ini memang menunjukkan niatnya untuk menjajah Indonesia. Mereka tidak hanya merampas rempah milik Indonesia namun langsung mendatangkan pasukannya dengan tentara-tentara untuk menguasai Indonesia. Tidak hanya diambil kekayaan alamnya namun rakyatnya juga dipekerjakan.


Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajah Eropa 

Perlawanan Kesultanan Ternate

Perlawanan ini dari rakyat Maluku terhadap bangsa Portugis dipimpin oleh Sultan Hairun dan Sultan Baabullah pada tahun 1575. Mereka yang mulai sadar dengan monopoli yang tidak wajar sejak tahun 1572, akhirnya melawan. Namun sayangnya perlawanan ini mengalami kegagalan akibat senjata yang dimiliki Portugis lebih lengkap.


Perlawanan Kesultanan Demak

Sultan Demak, Raden Patah mengirim pasukannya di bawah Pati Unus untuk menyerang Portugis di Malaka akibat desakan kegiatan perdagangan yang memang merugikan. Serangan ini dilakukan pada tahun 1512-1513 namun sayangnya belum berhasil. Sampai akhirnya tahun 1527 mereka berhasil mengusirnya dari Sunda Kelapa.


Perlawanan Kesultanan Aceh

Setelah berhasil menguasai Malaka Portugis mengirimkan pasukannya untuk menundukkan wilayah Aceh namun sayangnya mengalami kegagalan. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1639) mereka menyerang kedudukan Portugis di Malaka kemudian pada tahun 1629 mereka berhasil mendapatkan kemenangan. 


Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

Datangnya Portugis ke Indonesia

Selain perlawanan di atas Sobat Pijar perlu tahu tentang peristiwa peristiwa penting yang terjadi kedatangan bangsa Portugis di indonesia yang bisa dirangkum di bawah ini.

  1. Kedatangan bangsa Portugis di Malaka pada Juli 1511.
  2. Portugis berhasil menguasai Malaka.
  3. Dilakukan pembangunan benteng pada tahun 1512 setelah Portugis berhasil mendapatkan izin dagang.
  4. Portugis menjadi Nusantara sebagai pelabuhan utama pada 1511 sampai 1526.
  5. Portugis dikalahkan Fatahillah (Demak) pada tahun 1527.
  6. Sultan Iskandar Muda menginisiasi perang melawan Portugis di Aceh pada tahun 1629.
  7. Masuknya agama Katolik selama penjajahan Portugis.


Datangnya Inggris ke Indonesia 

Selain Portugis, bangsa lain yang datang ke Indonesia adalah Inggris. Tujuan awal mereka juga sama, yakni berdagang namun pada akhirnya juga menjajah Indonesia. Proses kedatangan bangsa inggris ke Indonesia adalah misi Ratu Elizabeth I mengikuti rute Spanyol yang pada kala itu menjadi musuh dari Inggris. 


Kalau dilihat dari rutenya, mereka datang dari Inggris-Samudra Atlantik-Pantai Timur Amerika Serikat-Selat Magelhaens-Samudra Pasifik-Kepulauan Massava di Filipina-Asia Tenggara-Kerajaan Ternate, Maluku. Hmm, kira-kira siapa saja tokoh bangsa Inggris yang datang ke Indonesia? Mereka adalah Sir Francis Drake, Thomas Cavendish, Sir James Lancaster, William Dampier dan James Cook. 


Datangnya Spanyol ke Indonesia 

Sama halnya dengan kedatangan Portugis, reaksi awal masyarakat Indonesia saat kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia itu ada yang menerima dan pula juga yang menolak. Kala itu, Portugis yang masih membuka kantor dagang di Ternate merasa terancam akan kehadiran Spanyol sehingga terjadilah perselisihan antara keduanya. 


Datangnya Belanda ke Indonesia 

Bangsa Eropa selanjutnya yang datang ke Indonesia adalah Belanda. Pada saat itu, bangsa Belanda yang pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh Cornelis de Houtman pada tahun 1596. Mereka ingin mencari rempah-rempah.


Masyarakat yang awalnya menerima mereka dengan baik, akhirnya melakukan perlawanan karena sadar akan sisi buruk yang ditimbulkan. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan 3 semboyan layaknya kedatangan bangsa Eropa yang lainnya 3G atau Gold, Gospel, Glory. Gold artinya keinginan untuk mengumpulkan kekayaan, Gospel artinya keinginan untuk menyebarluaskan agama, dan Glory artinya keinginan untuk meraih kejayaan.


Baca juga: Apa Itu ASEAN dan Fungsinya?

______________________________


Nah, sekarang Sobat Pijar sudah lebih memahami alasan mengapa bangsa Eropa datang ke Indonesia, ‘kan? Sejarah panjang inilah yang menyebabkan adanya penjajahan dan juga perlawanan yang terjadi antara Indonesia dan bangsa Eropa. Bagi Sobat Pijar yang ingin belajar lebih banyak tentang materi ini bisa langsung akses di Pijar Belajar aja, ya! Materinya lengkap dan cara belajarnya menyenangkan, lho.


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved