pijarbelajar

Apa Itu ASEAN dan Fungsinya?

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Apa Itu ASEAN dan Fungsinya? image

Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu ASEAN? Indonesia termasuk dalam negara negara ASEAN, lho. Lalu negara apa aja ya yang tergabung di dalam ASEAN? Kemudian, tujuannya apa? Nah, di artikel ini, kita akan bahas lengkap dengan bentuk kerja sama yang dilakukan ASEAN. Yuk, simak sampai habis, ya!


Baca juga: Letak Geografis ASEAN, Karakteristik, dan Kondisinya


Apa Itu ASEAN?

ASEAN adalah bentuk kerjasama negara negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, merupakan organisasi regional yang menyatukan negara-negara tetangga untuk mengatasi masalah ekonomi dan keamanan. Negara-negara ASEAN memiliki populasi total sebanyak 662 juta penduduk dan rata-rata pendapatannya dalam dolar sebesar $3.2 miliar. 


Didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, ASEAN memainkan peran penting dalam integrasi ekonomi, negara anggotanya bergabung dalam negosiasi untuk membentuk perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia dan penandatanganan enam perjanjian perdagangan bebas dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. 


Latar belakang kesamaan sejarah dalam pembentukan ASEAN adalah pernah menjadi negara jajahan bangsa-bangsa Eropa. Hanya Thailand saja yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa maupun bangsa mana pun. 


Apa Saja Negara Pendiri ASEAN?

Tanggal 8 Agustus 1967 dikenal sebagai Deklarasi Bangkok karena terjadi penandatanganan Perjanjian ASEAN oleh 5 negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Karena itu, kelima negara ini dianggap sebagai pelopor. Negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN adalah Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.


Kelima negara Asia Tenggara yang tidak ikut mendirikan ASEAN baru bergabung dengan ASEAN kemudian. Brunei Darussalam bergabung di tanggal 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997, dan Kamboja pada 30 April 1999. Timor Leste bergabung paling akhir pada 11 November 2022. Jadi sekarang total jumlah negara ASEAN ada 11. 


Apa Tujuan Dibentuknya ASEAN?

Tahukah Sobat Pijar, ASEAN pertama kali dibentuk dengan berbagai tujuan, seperti memaksimalkan pertumbuhan ekonomi, mengoptimalkan stabilitas regional, mewujudkan perdamaian antar negara sampai dengan meningkatkan perbaikan hubungan Internasional di kawasan Asia Tenggara. ASEAN juga bisa dijadikan sebagai wadah kerja sama di bidang sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan. 


ASEAN mempersatukan negara-negara yang memiliki banyak perbedaan. Singapura memiliki rata-rata pendapatan per kapita paling besar, sedangkan Myanmar yang paling rendah. Demografi negara anggota ASEAN juga berbeda-beda, dengan banyak masyarakat religius dan etnis di masing-masing negara. Singapura dan Vietnam adalah dua negara yang kepercayaannya termasuk paling beragam di dunia, sedangkan Kamboja mayoritas Buddha, dan Indonesia mayoritas Muslim. 


Apa Saja Bentuk Kerja Sama ASEAN?

Salah satu tujuan ASEAN adalah meningkatkan kerja sama di antara negara-negara anggotanya. Lalu apa saja bentuk nyata kerja samanya? Berikut ini beberapa contoh kerja sama negara-negara ASEAN di berbagai bidang


Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

AFTA merupakan kerjasama negara negara ASEAN dalam bidang ekonomi. AFTA adalah singkatan dari ASEAN Free Trade Area, yang merupakan wujud dari kesepakatan negara anggota ASEAN untuk membentuk kawasan bebas perdagangan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia sekaligus menciptakan pasar regional bagi sekitar 600 juta penduduk ASEAN. 

Salah satu bentuk kerjasama ekonomi ASEAN adalah terbukanya kesempatan untuk berdagang di ke-10 negara anggota ASEAN dengan lebih mudah. Hambatan dalam perdagangan dapat diatasi dan produk lokal pun daya saingnya bisa ditingkatkan. Dengan begitu, pendapatan negara pun dapat bertambah. 

ASEAN juga memiliki kerja sama industri yang dinamakan AICO. Tujuan AICO adalah untuk mengembangkan berbagai pusat industri di negara-negara ASEAN. Berikut ini beberapa programnya:

  1. Proyek Pupuk Aceh ASEAN merupakan sentra industri pupuk.
  2. Proyek Vaksin ASEAN yang pabriknya di Singapura.
  3. Proyek Pupuk Urea ASEAN yang pabriknya ada di Malaysia.
  4. Proyek Pabrik Tembaga ASEAN yang pabriknya ada di Filipina. 


Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik

Berikutnya, kerja sama yang dilakukan oleh negara anggota ASEAN adalah di bidang politik. Salah satu bentuk nyatanya adalah Kesepakatan Kawasan Bebas Nuklir atau Southeast Asian Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ) dan Zone of Freedom, Peace, and Neutrality (ZOPFAN). Keduanya mendeklarasikan negara ASEAN sebagai kawasan yang bebas, damai, dan netral. 


Selain itu, ada juga perjanjian persahabatan di Asia Tenggara yang dilakukan di Bali tanggal 24 Februari 1976. Perjanjian tersebut berisi prinsip dasar untuk menjaga hubungan antar negara. Jika ada masalah, maka akan diusahakan untuk diatasi dengan damai. 


Kerja Sama ASEAN di Bidang Sosial Budaya

Lalu apa saja bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang budaya? Salah satunya adalah dengan mengadakan festival seni dan budaya yang diikuti oleh semua negara anggota. Di festival ini, tiap negara akan mempromosikan keberagaman seni tradisional, seni tari, musik, dan kuliner. Selain itu, festival ini juga menjadi ajang pertukaran budaya yang melibatkan para seniman dan tokoh budaya. 


Bentuk lain dari kerja sama ASEAN di bidang sosial budaya adalah melindungi dan melestarikan warisan budaya. Semua negara anggota ASEAN berupaya bersama untuk melestarikan situs sejarah, seni tradisional, serta tradisi lisan yang menjadi identitas tiap negara. 


Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Selanjutnya, contoh nyata kerja sama negara ASEAN dalam bidang pendidikan salah satunya adalah program pertukaran pelajar. Misalnya antara Indonesia dengan Malaysia, Singapura, Laos, dan Kamboja. ASEAN Scholarships for Indonesia diberikan pemerintah Singapura khusus untuk beasiswa pelajar Indonesia. 


Selain itu, juga ada program pelatihan guru agar bisa berbagai materi belajar dan mengembangkan cara mengelola sekolah di negara masing-masing. Ada juga pengiriman tenaga pengajar, misalnya yang dilakukan Indonesia dengan Brunei Darussalam dan Kamboja. 


Faktor Penghambat Kerja Sama ASEAN

Dalam kerja sama antar negara anggota ASEAN, tentu ada juga hambatannya. Faktor penghambat kerjasama antar negara ASEAN yaitu:

  1. Perbedaan ideologi, karena setiap negara tentu memiliki ideologi masing-masing. Indonesia memiliki Pancasila, yang mungkin saja berbeda dengan ideologi anggota ASEAN lainnya. 
  2. Perbedaan kepentingan, yang dapat menyebabkan kerja sama terhambat. Apa yang dibutuhkan Indonesia mungkin berbeda dengan Vietnam dan tidak bisa disamakan lagi, jadi kerja sama sulit terbangun. 
  3. Adanya kebijakan protektif untuk membatasi perdagangan internasional. Dengan begitu, impor dibatasi untuk meningkatkan perdagangan di dalam negeri.


Baca juga: Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

_____________________________________________


Nah, Sobat Pijar sudah tahu kan apa saja negara-negara pendiri ASEAN, negara anggota secara keseluruhan, dan juga bentuk kerja samanya. Kalau ingin lebih tahu tentang ASEAN, kamu bisa cek langsung di Pijar Belajar. Bukan cuma itu saja, lho. Temukan juga topik lainnya di bidang IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA hanya di Pijar Belajar, ya!


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved