pijarbelajar

Geografi

Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia image

Indonesia disebut sebagai negara kepulauan terbesar lho. Makanya, tidak heran jika Indonesia disebut sebagai negara maritim. Indonesia sebagai poros maritim dunia juga menjadi harapan Presiden. 


Negara maritim yang disematkan pada Indonesia juga tidak sembarangan, lho. Penyebutan negara maritim Indonesia cukup besar dan kuat karena memberikan identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, menjaga keamanan maritim, serta membuat negara memberdayakan potensi maritim dengan baik. 


Oleh sebab itu, Presiden Joko Widodo membuat lima pilar untuk mewujudkan poros maritim dunia. Sebelum itu, Sobat Pijar perlu mengetahui letak Indonesia untuk memahami kondisi wilayah Indonesia sebagai poros maritim dunia. 


Baca juga: Perairan Laut – Jenis, Sistem Zonasi, Potensi, dan Pencemarannya


Letak Astronomis Indonesia 

Letak astronomis adalah garis khayal yang digambarkan oleh pembuat peta untuk memudahkan pembaca dalam menentukan lokasi wilayah. Penggambaran letak astronomis ini dilihat dari garis lintang dan garis bujur.


Lalu, apa sih garis lintang dan garis bujur itu? Garis lintang adalah garis yang berbentuk horizontal dan membagi dunia menjadi utara dan selatan. Sedangkan garis bujur adalah garis vertikal yang membagi dunia menjadi bagian barat dan timur. 


Berdasarkan garis lintang Indonesia yang terletak di 60 LU – 110 LS, diketahui bahwa sebagian wilayah Indonesia ada di daerah selatan dan lintang rendah. Nah, inilah yang menjadikan Indonesia memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. 


Berdasarkan garis bujur, Indonesia terletak di 950 BT – 1410 BT. Dampak dari letak garis bujur ini yaitu membagi Indonesia ke 3 zona waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT. 


Letak Geografis Indonesia 

Letak geografis Indonesia adalah letak relatif Indonesia atau letak berdasarkan permukaan bumi dan wilayah di sekitarnya. Pembagian letak geografis Indonesia dibagi menjadi empat. 


Di bagian utara berbatasan dengan benua Asia. Di bagian selatan, berbatasan dengan benua Australia. Di bagian barat ada Samudra Hindia dan di bagian timur ada Samudra Pasifik. 


Peta Geografis Indonesia (Sumber: Worldometer)


Letak geografis ini, lah, yang memunculkan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia. Mengapa demikian? 


Hal ini terjadi karena letak Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudra membuat Indonesia punya 2 musim karena pengaruh angin muson barat yang membawa angin kering dari Australia sehingga menimbulkan musim kemarau. 


Serta ada angin muson timur yang membawa uap air dari benua Asia sehingga membuat Indonesia musim hujan. 


Tak hanya itu, keuntungan letak geografis Indonesia terhadap kehidupan bangsa Indonesia adalah bisa dilihat dari segi ekonomi, budaya, dan biologis. 

  • Secara ekonomi, membuat Indonesia dilewati jalur perdagangan internasional yang dekat dengan negara Singapura. 
  • Secara budaya, membuat Indonesia punya keanekaragaman budaya yang beragam karena ada akulturasi. 
  • Secara biologis, membuat Indonesia punya flora dan fauna yang beranekaragam sesuai dengan letak wilayah dan kondisi lingkungan. 


Karakteristik wilayah yang tepat sebagai pendukung poros maritim dunia dapat ditunjukkan dari identitas Indonesia sebagai negara kepulauan dan dari letak geografis Indonesia yang terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Keduanya merupakan syarat dari negara maritim. 


Letak Maritim Indonesia 

Nah, letak selanjutnya yang perlu Sobat Pijar pelajari adalah letak maritim Indonesia. Letak maritim adalah letak yang dinilai dari sudut kelautan. Di Indonesia, letak maritimnya sangat baik karena dikelilingi oleh 3 laut besar: 

  • Di bagian timur ada Samudera Pasifik 
  • Di bagian selatan ada Samudera Hindia 
  • Di bagian uara ada Laut China Selatan 


Pengaruh letak maritim Indonesia bagi masyarakat sangat baik karena bisa digunakan untuk bidang pelayaran, perikanan, dan pelabuhan sehingga dapat bermanfaat bagi perekonomian Indonesia. 


Kamu sudah tahu belum potensi apa saja yang muncul dari kondisi dan letak perairan laut Indonesia? Kalau belum, coba baca artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya! 


Luas Wilayah Indonesia 

Konteks Indonesia sebagai poros maritim dunia cocok untuk Indonesia karena luas wilayah Indonesia yang besar baik dari segi lautnya. Sobat Pijar, tahu nggak kalau luas wilayah daratan Indonesia lebih kecil dibandingkan wilayah lautan. 


Diketahui, luas daratan di Indonesia adalah 1.913.578,68 km2 sedangkan wilayah lautnya mencapai 6.653.341,439 km2. Luas wilayah laut di Indonesia dibatasi oleh batas wilayah yang harus Sobat Pijar ketahui. Perbatasan wilayah di Indonesia adalah sebagai berikut: 


1. Batas Laut Indonesia 

Perairan laut Indonesia berbatasan langsung dengan laut dari negara lainnya. Contohnya, seperti Singapura, India, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, Australia, Timor Leste, Malaysia, dan Thailand. 


2. Batas Landas Kontinen 

Batas laut ini sudah diatur dalam Konvensi Hukum Laut di tahun 1982. Batas landas kontinen merupakan wilayah yang dikuasai dari dasar laut sampai pinggiran tepi kontinen. 


Adapun jaraknya sampai 200 mil laut yang diukur dari garis pangkal laut territorial. Wilayah ini termasuk dalam zona neritik sampai kedalaman 200 m. 


3. Batas ZEE 

ZEE kepanjangan dari Zona Ekonomi Eksklusif yang merupakan batas laut yang ditarik dari 200 mil dari garis pantai terluar ke laut bebas. ZEE merupakan zona yang dapat dimanfaatkan oleh suatu negara untuk sumber daya alam dan termasuk juga dalam kedaulatan negara. 


4. Batas Daratan Indonesia 

Selain batas laut, ada juga batas daratan Indonesia. Sobat Pijar, wilayah daratan Indonesia berbatasan dengan 3 negara tetangga, yaitu Timor Leste, Papua Nugini, dan Malaysia.


Lima Poros Maritim Dunia 

Dari penjelasan di atas, Sobat Pijar sudah mengetahui potensi yang membuat Indonesia sebagai poros maritim dunia. Lalu, kamu sudah tahu belum apa itu poros maritim dunia? Lalu, kenapa Presiden ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim?


Poros Maritim Dunia adalah visi Indonesia untuk menjadi negara maritim besar, kuat, dan makmur. Nah, itulah yang membuat presiden mencetuskan 5 pilar untuk mewujudkan harapan tersebut. 


5 pilar utama yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah sebagai berikut: 

  • Membangun kembali budaya yang ada di Indonesia. 
  • Punya komitmen yang baik untuk menjaga dan mengelola sumber daya laut. Hal ini dilakukan dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut lewat pengembangan industri perikanan. Selain itu, membuat nelayan menjadi pilar yang utama. 
  • Komitmen untuk mengembangkan infrastruktur yang berhubungan dengan laut. Contohnya seperti tol laut, pelabuhan laut, logistik, industri perkapalan, dan maritim. 
  • Menjalankan diplomasi maritim. Hal ini dilakukan dengan cara mengajak semua mitra agar dapat bekerja sama dalam bidang kelautan. 
  • Membangun kekuatan pertahanan maritim agar sumber daya laut tetap terjaga dengan baik. 


Dari penjelasan ini, Sobat Pijar bisa menghubungkannya dengan letak di Indonesia sehingga dapat menjawab mengapa Indonesia berpotensi sebagai poros maritim dunia. Adapun, faktor yang membuat Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah lokasi yang strategis. 


Jika dilihat dari letak astronomisnya, Indonesia memiliki iklim tropis dan dari letak geografisnya ada di dua benua dan samudera. Hal ini yang membuatnya termasuk dalam negara maritim yang besar dan kuat. Yuk, coba asah pemahamanmu lebih jauh tentang materi ini dengan klik banner di bawah ini.


_____________________________________________________________________


Baca juga: Dinamika Kependudukan Indonesia – Materi Geografi Kelas XI


Harapan Indonesia sebagai poros maritim dunia merupakan gagasan baik untuk menjamin hubungan antar pulau, pengembangan industri perikanan dan perkapalan, serta memperbaiki transportasi laut sehingga keamanan maritim menjadi lebih ditingkatkan.


Yuk, pelajari lebih banyak seputar potensi maritim Indonesia dan materi pelajaran lainnya di Pijar Belajar. Sebagai aplikasi bimbel online, Pijar Belajar tentunya menyediakan berbagai konten pembelajaran terlengkap untukmu. Mulai dari latihan soal hingga pembahasannya ada semua, deh!


Download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajar bersama, yuk!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved