pijarbelajar

Simak Penyebab Keberagaman Budaya di Indonesia Berikut, Yuk!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Simak Penyebab Keberagaman Budaya di Indonesia Berikut, Yuk! image

Indonesia sangat lekat dengan keberagaman budaya yang ada di berbagai macam daerah. Sobat Pijar tahu nggak sih bahwa berbagai jenis budaya ini disebabkan oleh beberapa hal yang membuatnya berbeda dengan negara lainnya? 


Untuk kamu yang ingin memahami materi ini lebih lanjut, yuk langsung cek materi di bawah ini!


Baca juga: Mengapa Bangsa Eropa Datang ke Indonesia? Simak Alasannya, Yuk!


Apa Itu Keberagaman Budaya?

Secara umum, keberagaman budaya dapat Sobat Pijar artikan sebagai variasi budaya yang ada di wilayah tertentu. Perlu dipahami bahwa dalam suatu negara yang memiliki banyak sekali budaya, terdapat keberagaman yang besar. Budaya ini juga beragam mulai dari makanan khas, seni, hingga aneka tradisi yang dipegang teguh oleh masyarakat setempat. 


Selain memahami pengertian secara umum, Sobat Pijar juga perlu memahami pengertian keberagaman budaya menurut para ahli. Menurut Bronislaw Malinowski (1884-1942), kebudayaan sebagai penyelesaian manusia terhadap lingkungan hidup dan usaha untuk bisa mempertahankan kelangsungan hidup sesuai tradisi yang sudah dipegang teguh dengan baik. 


Selain itu, Koentjaraningrat berpendapat bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan dari hasil karya, tindakan dan sistem gagasan dalam rangka kehidupan manusia dengan belajar. 


Apa Saja Macam Macam Keberagaman Budaya Di Indonesia?

Ada banyak sekali macam macam keberagaman budaya di indonesia beserta contohnya yang bisa kamu pahami. Sebenarnya contoh keberagaman bahasa di indonesia ini memang melekat sekali dalam kehidupan kita. Untuk lebih lengkapnya Sobat Pijar bisa langsung cek penjelasannya di bawah ini!


Makanan Khas 

Keberagaman budaya Indonesia yang pertama adalah makanan khas. Kuliner atau makanan adalah produk budaya yang mudah dikenali karena masing-masing daerah punya jenis dan ciri khas yang berbeda-beda. Ada banyak sekali kuliner Indonesia yang bisa dicoba bahkan setiap provinsinya punya jenis makanan khas yang ditonjolkan.


Beberapa contohnya adalah papeda dari Maluku dan Papua, ayam taliwang dari NTB, ayam betutu dari Bali, rujak cingur dari Jawa Timur, nasi gudeg khas Yogyakarta, nasi lengko khas Cirebon dan kerak telor dari Jakarta. 


Agama dan Kepercayaan 

Keberagaman budaya Indonesia yang keduanya adalah agama dan kepercayaan. Kamu perlu tahu kalau agama di Indonesia ada banyak yakni Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Begitu juga dengan kepercayaan tradisional seperti kepercayaan pada suku Nias dan Dayak. Bagusnya Indonesia memang sangat rukun dan saling menghormati perbedaan ini antar masyarakatnya. 


Rumah Adat

Keberagaman budaya Indonesia yang ketiganya adalah rumah adat. Mengapa bentuk rumah adat di Indonesia sangat beragam? Hal ini dipengaruhi oleh beberapa kepercayaan dan juga pengaruh bangsa lain yang singgah di Indonesia. Keberagaman rumah adat di indonesia wajib kita hormati dan pahami bentuk dan juga makna yang ada di baliknya. 


Uniknya, 38 provinsi yang ada di Indonesia memiliki rumah adat masing-masing. Tak heran kalau setiap parade atau karnaval memang Indonesia sangat meriah dalam memamerkan rumah adat dan juga kebudayaan lainnya. 


Pakaian Adat

Selain rumah adat yang beragam, Indonesia juga memiliki beragam pakaian adat yang unik satu dan yang lainnya. Sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia, maka ada sekitar lebih dari 38 pasang pakaian adat yang unik dan memiliki makna mendalam dari pesan yang disampaikan antar komponen di dalamnya.


Pakaian adat ini biasanya digunakan untuk kebutuhan upacara adat yang memungkinkan pria dan wanita mengenakan jenis pakaian yang berbeda namun tetap seragam. Pakaian ini juga banyak digunakan untuk kebutuhan menikah dan juga parade untuk memperlihatkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah setempat.


Lagu Tradisional 

Keberagaman budaya Indonesia berikutnya yang bisa kamu ketahui adalah tentang lagu tradisional. Meskipun Indonesia memang punya lagu nasional, setiap daerah juga memiliki lagunya masing-masing yang diciptakan oleh seniman setempat. Lagu daerah ini biasanya memuat pesan menarik dan mendidik. 


Saat ini sudah ada kurang lebih sekitar 439 lagu daerah dan juga 40 alat musik yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa contoh lagu daerahnya adalah Ayam Den Lapeh dari Sumatera Barat, Anging Mamiri dari Sulawesi Selatan, Gundul-gundul Pacul dan Bapak Pucung dari Jawa Tengah dan masih banyak lainnya. 


Seni dan Tarian 

Keberagaman budaya Indonesia selanjutnya adalah mengenai seni dan tarian. Saat ini sudah ada sekitar 3000 tari tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan 110 di antaranya sudah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh Kemendikbudristek. Setiap daerah punya pola gerakan tari dan juga pakaian khasnya masing-masing.


Beberapa contohnya adalah Tari Saman dari Aceh, Tari Tor–tor dari Sumatera Utara, Tari Jaipong dari Jawa Barat dan masih banyak lainnya.


Bahasa dan Dialek

Indonesia memang punya Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasionalisme namun Sobat Pijar tahu nggak sih kalau ada sekitar 714 lebih bahasa daerah yang ada di Indonesia. Sehingga ketika berada di daerah mereka cenderung berbincang menggunakan bahasa mereka sendiri. Contohnya adalah Bahasa Jawa, Sunda dan masih banyak lainnya.


Apa Penyebab Keberagaman Budaya Di Indonesia?

Sobat Pijar tahu nggak apa yang menyebabkan kebudayaan Indonesia beragam? Ternyata hal ini didukung dengan faktor penyebab keberagaman budaya di indonesia yang ada di bawah ini!

  1. Letak Indonesia yang Strategis, faktor penyebab keberagaman pertama adalah letak Indonesia yang ada di antara dua benua yakni Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya pedagang luar yang akhirnya masuk ke Indonesia dan membawa pengaruh. 
  2. Kondisi Alam, faktor keduanya adalah mengenai kondisi alam yang menyebabkan setiap pulau memiliki ciri khas yang berbeda. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana mata pencaharian, makanan pokok, kebiasaan, tradisi kesenian, hingga bentuk rumah serta pakaiannya. 
  3. Negara Bentuk Kepulauan, Indonesia memiliki sekitar 16 ribuan lebih pulau sementara perkembangan daerah di dalamnya nggak sama. Inilah yang menyebabkan keberagaman mengenai gambar keberagaman suku di indonesia dan menjadi contoh keberagaman suku di Indonesia sehingga norma dan mitos-mitos juga akan berbeda. 
  4. Kemajuan Transportasi dan Komunikasi, kemajuan transportasi dan komunikasi juga menyebabkan perbedaan karena setiap pulau nggak mendapatkan kemajuan yang sama. Hal ini juga berpengaruh pada taraf kehidupan serta jenis pakaian dan kemajuan dari daerahnya. 
  5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan, pengaruh ini sangat penting dan menyebabkan daerah kota yang mudah menerima perubahan cenderung memiliki budaya yang lebih modern dibandingkan dengan area daerah yang masih menutup dirinya.


Baca juga: Apa Itu ASEAN dan Fungsinya?

________________________________________________


Nah, sekarang Sobat Pijar jadi lebih mudah kan memahami mengapa keberagaman budaya di Indonesia itu banyak sekali? Semoga artikel ini membantumu memahaminya, ya!


Eits, apa kamu ingin mempelajari materi ini lebih lanjut? Yuk, belajar di aplikasi Pijar Belajar sekarang juga! Ada video materi dan rangkuman yang lebih mudah kamu pahami, nih. Dijamin makin paham deh materi sekolah.


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved