pijarbelajar

Universitas

Ini Dia Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ini Dia Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia image

Tak hanya memiliki beragam jurusan, jenis-jenis jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia juga beragam, lho. UI telah menjadi salah satu kampus tujuan paling favorit untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan persaingan di UI juga sangatlah ketat. Kamu harus siapkan dengan matang apa saja yang diperlukan untuk bisa mendaftar di UI. Ingin tahu apa saja jalur penerimaan di UI? Inilah jalur-jalurnya, mulai dari SNBP hingga SIMAK UI. Baca selengkapnya yuk, Sobat Pijar!


Baca juga: Cara Masuk PTN Impianmu: SNBP, SNBT, Mandiri


Jalur Nilai Rapor dan Jalur Prestasi

SNBP

SNBP atau singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk para siswa SMA dan sederajat menggunakan nilai rapor dan prestasi semasa sekolah. Akan didapatkan kuota berdasar pada akreditasi dan nantinya dilakukan pemeringkatan sesuai ketentuan panitia penyelenggara. Jika kamu eligible, bisa daftar di waktu yang sudah ditentukan.


PPKB

Kemudian PPKB adalah program Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar yang merupakan jalur untuk seleksi mandiri dari Universitas Indonesia berdasar nilai rapor serta prestasi (untuk sarjana dan vokasi). Proses seleksinya memakai sistem seleksi berdasarkan capaian prestasi akademik di sekolah.


Talent Scouting

Ini merupakan jalur berupa seleksi mandiri berdasar pada nilai rapor serta prestasi khusus untuk program sarjana (S1) kelas internasional. Jalur ini juga didukung sertifikat IELTS atau TOEFL yang tentunya harus masih berlaku. TOEFL harus disertifikasi ETS (PBT/ITP dengan skor minimal 500 atau iBT dengan skor minimal 61 atau CBT dengan skor minimal 173), serta IELTS dengan skor minimal 5.5.


Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Jalur Ujian Tulis

SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah proses seleksi yang menggunakan ujian berbasis komputer. Ujian ini melibatkan penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta penilaian terhadap potensi kognitif. Pendaftaran untuk seleksi ini berlangsung mulai dari tanggal 23 Maret hingga 14 April 2023, dan pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023.


SIMAK UI dan SIMAK UI KI

Seleksi ini ada 2 jenis yaitu SIMAK UI dan SIMAK UI KI. SIMAK UI adalah seleksi tertulis mandiri dari UI. Program yang dibuka untuk seleksi ini mulai dari vokasi (D3 dan D4), sarjana, sarjana RPL, program magister, profesi, spesialis serta program doktor. Pendaftarannya sekitar bulan Juni hingga Juli 2023.


Sementara itu, seleksi SIMAK UI KI adalah seleksi tertulis mandiri untuk program kelas internasional. Seleksi ini juga didukung sertifikat IELTS atau TOEFL yang masih berlaku, dengan ketentuan seperti di atas tadi. SIMAK UI KI pendaftarannya sekitar di bulan Mei hingga Juni 2023.


Berikut adalah ringkasan materi ujian SIMAK UI S1 & Vokasi 2023:

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi


Jika memilih Prodi IPA, maka materi ujiannya mencakup KD dan KA. Jika memilih Prodi IPS, maka materi ujiannya mencakup KD dan KS. Jika memilih Prodi IPA dan IPS (IPC), maka materi ujiannya mencakup KD, KA, dan KS.


Untuk SIMAK S1 Kelas Internasional 2023, materi ujian tergantung pada pilihan program studi:

  • Prodi IPA: Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry
  • Prodi IPS: Basic Mathematics, Economy, Sociology, Geography, Indonesia and The World


Untuk informasi seleksi masuk Universitas Indonesia selengkapnya, kunjungi https://simak.ui.ac.id/.


Baca juga: Cara Memilih Jurusan Kuliah supaya Nggak Salah Pilih

________________________


Udah siap belum buat ngejar cita-cita masuk UI, Sobat Pijar? 


Nah, biar kamu tambah yakin dan siap untuk mengikuti seleksi masuknya, cobain deh aplikasi Pijar Belajar! Ada banyak materi, kumpulan soal, dan video pembahasan seru dan interaktif, lho


Yuk, langsung aja download aplikasi Pijar Belajar dan coba sekarang! Biar kamu makin siap menuju perguruan tinggi negeri impianmu!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved