Cara Memilih Jurusan Kuliah supaya Nggak Salah Pilih - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Cara Memilih Jurusan Kuliah supaya Nggak Salah Pilih

| 0 minute read
Cara Memilih Jurusan Kuliah supaya Nggak Salah Pilih image

Siapa, nih, Sobat Pijar yang memilih jurusan kuliah pake cap cip cup? Waduh, kalo kamu seperti itu, coba ubah, yuk! Memilih jurusan kuliah sebaiknya nggak dilakukan sembarangan. Makanya, sekarang Pijar Belajar mau kasih tahu kamu cara memilih jurusan kuliah yang tepat. 


Kalau kamu memilih jurusan kuliah sembarang, bukan tidak mungkin, lho, nantinya kamu akan merasa salah jurusan. Misalnya, kamu memilih Jurusan Hukum karena ikut teman-temanmu, padahal kamu tidak suka bidang hukum dan politik. Nah, bisa jadi di tengah menjalaninya kamu baru merasa tidak cocok dan akhirnya merasa salah jurusan. 


Tentunya, Sobat Pijar nggak mau hal itu sampai terjadi, kan? Yuk, simak 6 cara memilih jurusan kuliah berikut ini. 


Baca juga: 6 Cara Mengatasi Overthinking dalam Belajar


6 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah memang bukanlah hal yang mudah. Tak hanya karir, ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah. Nah, sekarang Pijar Belajar mau kasih tahu kamu cara memilih jurusan kuliah yang tepat, nih. Simak terus, ya! 


1. Cari Tahu Informasi Terkait Jurusan-Jurusan Kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah Sobat Pijar bisa coba mencari tahu informasi tentang jurusan sebanyak-banyaknya. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, semakin kamu tahu kelebihan dan kekurangan tiap jurusan. 


Kamu bisa mencari informasi terkait jurusan melalui website kampus atau laman pencarian lainnya. Biasanya, bakal banyak artikel-artikel tentang jurusan yang bisa disimak, mulai dari informasi mata kuliah, peminatan, jenjang karir, dan sebagainya. 


Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi dengan bertanya langsung kepada teman atau senior yang berkuliah di jurusan tersebut. Nah, melalui cerita-cerita mereka, kamu jadi bisa membayangkan seperti apa rasanya berkuliah di jurusan tersebut. 


2. Kenali Minat dan Bakatmu

Duh, setelah tahu informasi soal berbagai jurusan, rasanya jadi semakin bingung, ya, menentukan jurusan kuliah. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan cara kedua dalam memilih jurusan, nih, yaitu kenali minat dan bakatmu. 


Minat merupakan ketertarikan terhadap suatu hal, sedangkan bakat merupakan keterampilan atau keahlian dalam suatu hal. Nah, dengan mengenali minat dan bakat, kamu akan lebih mudah dalam memilih jurusan. 


Kamu bisa mencocokan jurusan dengan minat dan bakatmu. Misalnya, kamu memiliki minat dalam bidang teknologi dan berbakat dalam bidang coding atau tech-savvy. Maka, Jurusan Ilmu Komputer atau Jurusan Sistem Informasi mungkin akan cocok denganmu. 


Tapi, gimana caranya kita mengenali minat dan bakat? Caranya cukup mudah, kamu bisa ikut tes minat dan bakat di sekolah atau bersama dengan psikolog akademik. 


3. Pertimbangkan Jenjang Karir dari Jurusan Kuliah

Setelah lulus dari jenjang kuliah, kamu tentu akan berhadapan dengan dunia kerja, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai mempertimbangkan jenjang karir dari jurusan kuliah yang akan kamu pilih. 


Contohnya, kamu memiliki minat besar dalam bidang bisnis dan bercita-cita membangun sebuah startup. Maka, kamu dapat memilih Jurusan Manajemen atau Jurusan Administrasi Bisnis karena kedua jurusan tersebut banyak mengajarkan ilmu bisnis dan organisasi perusahaan. 


Walaupun begitu, sebenarnya tak jarang seseorang memilih karir yang berbeda dengan jurusan kuliahnya dan tak ada yang salah dengan itu. Namun, jika kamu memilih jurusan dan jenjang karir yang sesuai, pengalaman dan ilmu yang kamu miliki dapat lebih terasah sejak dini. 


4. Konsultasi dengan Bimbingan Konseling Sekolah

Lalu, jika kamu masih merasa bingung untuk memilih jurusan kuliah, kamu bisa mempertimbangkan konsultasi dengan bimbingan konseling (BK) di sekolah. Bimbingan konseling merupakan layanan konseling yang biasanya tersedia di sekolah untuk membantu siswa menangani masalah akademis maupun pribadi. 


Nah, kamu bisa memanfaatkan layanan BK di sekolah untuk berdiskusi terkait jurusan kuliah. Nantinya, guru BK akan membantu kamu mencocokan minat, bakat, dan kemampuan akademismu dengan jurusan dan kampus. 


Tak hanya itu, guru BK juga akan membantu kamu menyusun strategi dan memantau perkembangan akademismu supaya bisa masuk ke jurusan yang diinginkan.  


5. Apa Goals Kamu di Masa Depan? 

Cara memilih jurusan kuliah lainnya adalah cobalah untuk memikirkan kembali tujuan atau goals yang diinginkan di masa depan. Apakah target kamu dalam 10 tahun kedepan berkarir di posisi X? Apakah kamu memiliki target tempat tinggal? Atau kamu justru memiliki target pensiun dini? 


Dari semua goals tersebut, kamu bisa memilih jurusan kuliah dengan jenjang karier yang sesuai. Dengan begitu, pilihan jurusan bisa menjadi bentuk investasi untuk mewujudkan tujuan tersebut. 


6. Pilih Jurusan dengan Bidang yang Kamu Sukai

Coba bayangkan, kamu tidak suka dengan bidang hitung-hitungan tetapi kamu diharuskan belajar matematika selama 4 tahun berturut-turut. Wah, rasanya pasti stress sekali, ya? Nah, kira-kira seperti itulah rasanya jika kamu mengambil jurusan kuliah yang tidak kamu sukai. 


Oleh karena itu, pilihlah jurusan kuliah yang kamu sukai. Jika kamu mempelajari hal yang disukai, kamu tentu akan merasa lebih bersemangat. Akhirnya, materi belajar jadi lebih mudah dipahami. 


Baca juga: Waktu Belajar yang Baik itu Pagi atau Malam, Ya?


____________________________________________


Seperti itulah, Sobat Pijar, 6 cara memilih jurusan kuliah yang bisa diterapkan. Bagaimana? Kamu sudah siap belum untuk menentukan jurusan kuliah? Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu, ya! 


Sembari menentukan jurusan kuliah, kamu juga perlu mempersiapkan perbekalan untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, nih. Tapi, kalau soal yang ini kamu nggak perlu khawatir karena Pijar Belajar selalu siap untuk membantu kamu. 


Pijar Belajar memiliki banyak konten materi belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi, mulai dari latihan soal hingga video pembahasannya. Tak hanya itu, Pijar Belajar juga menyediakan banyak materi lain untuk SD, SMP, dan SMA, lho


Wah, lengkap banget, ya. Yuk, coba gunakan Pijar Belajar sekarang! 



Referensi: 

How to Choose a Major, University Advisement Center, https://universityadvisement.byu.edu/how-to-choose-a-major

Choosing Your Major, The University of Melbourne, https://students.unimelb.edu.au/your-course/manage-your-course/planning-your-course-and-subjects/choosing-your-major#choose

How To Choose A Major In College, College Choice, https://www.collegechoice.net/choosing-a-college/choosing-a-major/, 2022. 

Choosing A Major: How To Find What Major Is Right For You, Meghan Gallagher - Forbes, https://www.forbes.com/advisor/education/choosing-a-major/, 2022. 

How To Choose A Major, University of ST. Thomas Houston, https://www.stthom.edu/Academics/How-to-Choose-a-Major/Index.aqf

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image