Waktu Belajar yang Baik itu Pagi atau Malam, Ya? - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Waktu Belajar yang Baik itu Pagi atau Malam, Ya?

| 0 minute read
Waktu Belajar yang Baik itu Pagi atau Malam, Ya?  image

Kadang kala kamu suka penasaran tidak kapan waktu belajar yang baik itu? Katanya, ada yang bilang waktu belajar yang baik itu di pagi hari karena pikiran kita masih fresh. Namun, ada yang bilang juga kalau belajar yang baik itu saat malam hari sebelum tidur. 


Daripada Sobat Pijar bingung sama yang “katanya” itu, kita coba diskusikan bareng-bareng saja, yuk! Ini dia penjelasan mengenai waktu belajar yang baik dan efektif untuk kamu. 


Baca juga: 10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian


Kenapa Memastikan Waktu Belajar yang Baik itu Penting? 

Sebelum kita mulai pembahasannya, Pijar Belajar mau tanya sesuatu dulu, nih. Sobat Pijar tahu tidak kalau ternyata cara kerja otak kita dapat berbeda-beda, lho, di setiap waktunya. 


Sebenarnya, cara kerja otak kita dipengaruhi oleh siklus sirkadian. Siklus sirkadian adalah siklus yang mempengaruhi setiap aktivitas kita dalam satu hari, mulai dari waktu bangun tidur hingga tidur lagi. Nah, siklus sirkadian ini ada tanpa kita sadari dan terbentuk sendiri sesuai dengan pola hidup kita. 


Misalnya, setelah liburan panjang, kamu merasa kesulitan untuk bangun pagi. Tapi, lama kelamaan, bangun pagi mulai menjadi rutinitas setiap hari lagi. Akhirnya, kamu pun jadi selalu bangun pagi, bahkan bisa jadi malah kesulitan bangun siang. Hal ini dipengaruhi oleh siklus sirkadian yang terbentuk dalam dirimu. 


Sama seperti tidur, siklus sirkadian dalam tubuh kita pun juga berpengaruh besar pada waktu belajar. Misalnya, pada pukul 1 siang biasanya kamu terbiasa tidur siang, tetapi kamu memaksakan diri untuk belajar pada waktu tersebut. Wah, bukan tidak mungkin, lho, kamu akan kesulitan untuk konsentrasi dan merasa mengantuk saat belajar. 


Oleh karena itu, memastikan waktu belajar yang baik itu penting. Jika kamu belajar di waktu yang sesuai, proses belajar pun menjadi lebih efektif. 


Waktu Belajar yang Baik dan Efektif

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap aktivitas harian kita dipengaruhi oleh siklus sirkadian. Siklus sirkadian inilah yang mempengaruhi cara kerja otak kita, termasuk dalam hal belajar. 


Oleh karena itu tidak ada waktu belajar yang benar-benar baik dan efektif. Semua itu kembali lagi kepada pola hidup kita. Makanya, terkadang ada orang yang merasa lebih produktif jika belajar di malam hari dan ada juga yang merasa lebih fokus jika belajar di pagi hari. 


Namun, beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kapan waktu yang efektif untuk belajar. Berikut beberapa kelebihan waktu belajar di pagi, sore, maupun malam hari.


Kelebihan Belajar di Pagi Hari


Jika kamu merasa waktu belajar yang baik adalah di pagi hari, hal ini sama sekali tidak salah, kok. Belajar di pagi hari memang dirasa lebih kondusif, terlebih jika tidur malammu berkualitas. Wah, rasanya pasti segar sekali dan jadi semangat belajar. 


Selain menghadirkan suasana belajar yang lebih fresh, belajar di pagi hari juga memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Salah satunya adalah pagi hari menjadi waktu saat otak kita dalam masa akuisisi. Masa akuisisi merupakan masa optimal otak dalam “melahap” informasi baru. 


Nah, hal tersebut sejalan dengan penelitian yang disebutkan dalam artikel “When is the best time to study: Morning, Noon or Night?” yang ditulis oleh PSB University. Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa waktu belajar yang baik adalah di antara pukul 10 pagi hingga 2 siang karena otak berada dalam mode akuisisi. 


Tak hanya itu, sinar matahari di pagi hari juga sangat bagus untuk mata, lho. Sinar matahari di pagi hari memiliki spektrum cahaya yang tepat untuk mengoptimalkan penglihatanmu. Dengan begitu, membaca pun menjadi lebih nyaman.  


Manfaat belajar di pagi hari lainnya adalah mengurangi kemungkinan terganggunya waktu tidur. Jika kamu belajar di pagi hari, otomatis di malam hari kamu sudah tak perlu meluangkan waktu untuk belajar hingga begadang. Kamu pun jadi bisa tidur lebih cepat agar tidur semakin berkualitas. 


Kelebihan Belajar di Malam Hari


Belajar di malam hari terkadang dipilih oleh kamu yang merasa sulit bangun pagi ataupun terlalu banyak aktivitas di pagi hari. Nah, sama seperti belajar di pagi hari, belajar di malam hari pun juga memiliki banyak kelebihan. 


Penelitian Catholic University of the Sacred Heart Miami mengatakan bahwa belajar di malam hari lebih meningkatkan kreativitas dibandingkan di pagi hari. Hal ini dikarenakan belajar di malam hari dapat mendorong kemampuan menemukan solusi atau alternatif dari suatu permasalahan. Makanya, terkadang ide-ide tertentu baru terpikirkan saat malam hari. 


Kemudian, belajar di malam hari juga menghadirkan suasana yang tenang. Terkadang, pagi hari menjadi waktu semua orang beraktivitas, mulai dari ibu yang sibuk memasak di dapur, ayah yang asik nonton TV, hingga adik yang sibuk lari-larian bermain dengan temannya. 


Seluruh aktivitas tersebut pun membuat suasana kurang kondusif untuk belajar. Oleh karena itu, belajar di malam hari menjadi solusi yang tepat karena seluruh aktivitas tersebut sudah berhenti. Suasana pun menjadi tenang dan kamu bisa fokus belajar. 


Tak hanya di pagi hari saja, mode akuisisi otak kita juga terjadi di malam hari, lho, yaitu pada pukul 4 sore hingga 10 malam. Nah, kamu bisa memilih rentang waktu tersebut untuk belajar di malam hari supaya lebih optimal. 


Baca juga: Macam-Macam Strategi Pembelajaran, Mana yang Cocok Denganmu?


_______________________________________________________


Nah, itu dia Sobat Pijar penjelasan mengenai waktu belajar yang perlu kamu tahu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semua waktu adalah waktu belajar yang baik. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan pola hidupmu. Tak hanya itu, pastikan juga bahwa waktu belajar tidak mengganggu waktu tidur dan istirahatmu, ya. 


Biar proses belajarmu makin optimal, Pijar Belajar memiliki banyak latihan soal yang bisa kamu kerjakan, lho. Latihan soal tersebut akan membantumu mengasah pengetahuan terkait materi yang sudah kamu pelajari. 


Yuk, coba kerjakan latihan soal dan download Pijar Belajar sekarang! 



Referensi: 

Good News From Science: Night Owls Are Smarter and More Creative, Melissa Chu, https://www.entrepreneur.com/living/good-news-from-science-night-owls-are-smarter-and-more/292961, 2017. 

Does the Time of Day Affect How Students Focus on Their Reading?, Andrew Aarons, https://education.seattlepi.com/time-day-affect-students-focus-reading-2209.html. 

Understanding Your Brain to Help You Learn Better, Jérémie Blanchette Sarrasin, Lorie-Marlène Brault Foisy, Geneviève Allaire-Duquette, & Steve Masson, https://kids.frontiersin.org/articles/10.3389/frym.2020.00054. 

Brains Learn Better At Night, University of Adelaide, https://www.sciencedaily.com/releases/2007/08/070817213343.htm. 

Day vs night: when is the best time to study and why?, Dante St James, https://www.opencolleges.edu.au/blog/2020/08/11/when-is-the-best-time-to-study-and-why/. 

Best Time to Study- Day or Night?, Ecole Globale, https://www.ecoleglobale.com/blog/best-time-to-study-day-or-night/, 2021. 

Day Or Night: When Is The Best Time To Study?, Oxford Learning, https://www.oxfordlearning.com/best-time-day-to-study/, 2017. 

When is the best time to study: Morning, Noon or Night?, PSB Academy, https://www.psb-academy.edu.sg/blog/best-time-to-study, 2020. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image