pijarbelajar

Universitas

3 Jalur Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

3 Jalur Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta! image

UPN Veteran Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Sebagai kampus negeri yang memiliki banyak peminat, tentu saja terdapat beberapa jalur pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta  yang berbeda – beda. 


Penasaran apa saja jalur pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta itu? Yuk temukan jawabannya di bawah ini. 


Baca juga: Yuk Ketahui, Apa Saja Jalur Pendaftaran UPN Veteran Jakarta tahun 2023/2024


Jalur Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta

Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ialah seleksi penerimaan mahasiswa pada jenjang sarjana yang umum lebih dikenal dengan sebutan jalur undangan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Seleksi ini diperuntukkan bagi siswa – siswa berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik, dari setiap sekolah di seluruh Indonesia. 


Jalur masuk universitas melalui SNBP dilakukan tanpa tes tertulis atau tes lainnya yang sejenis. Adapun penilaian dipertimbangkan dari hasil penelusuran prestasi akademik selama menjadi siswa yang dapat dinilai dari rapor dan portofolio akademik. Kelulusan SNBP sepenuhnya ditentukan oleh panitia SNBP. 


Jalur SNBT

Jalur pendaftaran selanjutnya yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). SNBT sendiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi mereka lulusan SMA/ MA/ SMK atau yang sederajat. 


Jalur SNBT dibuka guna memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak lolos atau tidak ikut pendaftaran pada jalur SNBP. SNBT sendiri merupakan jalur seleksi masuk universitas yang didasarkan pada hasil tes atau kriteria lain yang dipersyaratkan masing–masing Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. 


Nah, seleksi SNBT ini dilakukan dengan menguji beberapa materi dalam bentuk soal kepada calon mahasiswa. Seleksi SNBT ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. 


Adapun, beberapa materi yang diujikan dalam UTBK SNBT meliputi Tes Potensi Skolastik, Penalaran Matematika, Literasi Bahasa Indonesia, dan Literasi Bahasa Inggris. Informasi lengkap seputar materi UTBK SNBT bisa kamu simak di artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya. 


Jalur Mandiri

Cara masuk Universitas selanjutnya yaitu melalui jalur mandiri yang secara khusus diselenggarakan langsung oleh UPN Veteran Yogyakarta. Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri untuk jenjang Diploma dilakukan melalui jalur SM Diploma. Begitupun dengan jalur mandiri Sarjana dilakukan melalui jalur SM S1, 


Jalur ini diperuntukkan bagi sobat pijar yang belum lolos atau belum tidak mengikuti jalur seleksi SNBP dan jalur SNBT. Terdapat tiga jalur mandiri yang dibuka oleh UPN Veteran Yogyakarta, yaitu Seleksi Mandiri berdasarkan nilai UTBK SNBT, Seleksi Mandiri berdasarkan Prestasi, dan Seleksi Mandiri berdasarkan Bela Negera. 


Untuk informasi lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, kamu dapat melihat langsung melalui website resminya di http://upnyk.ac.id/pmb.php. 


________________________________________________________


Baca juga: Pendaftaran Universitas Andalas - SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri


Demikianlah beberapa pilihan jalur pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta. Pastikan Sobat Pijar selalu update mengenai PMB UPN Veteran Yogyakarta agar tidak ketinggalan informasi. Sambil menunggu, kamu bisa mempersiapkan berkas, materi belajar dan kesiapan mental ya! 


Pastinya kamu bisa banget mengandalkan Pijar Belajar untuk membantu kesiapan belajarmu, ya! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses berbagai rangkuman materi hingga latihan soal UTBK SNBT, lho. Jadi, kamu bisa berlatih soal-soal SNBT kapan aja dan dimana aja, deh


Wah, jadi nggak sabar ya mau belajar bareng Pijar Belajar. Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang! 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved