pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Contoh Teks Rekon: Struktur, Unsur dan jenis-jenisnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Contoh Teks Rekon: Struktur, Unsur dan jenis-jenisnya image

Pernahkah kamu melihat sebuah teks yang menceritakan suatu kejadian secara kronologis? Kalau iya, bisa jadi teks tersebut merupakan contoh teks rekon, lho. Kamu sudah tahu belum apa itu teks rekon? Kalau belum, pas banget, nih, dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau ajak kamu kenalan dengan pengertian, bentuk, ciri, fungsi, dan contoh teks rekon. 


Sudah siap belajar? Yuk, simak pembahasan di bawah ini! 


Baca juga: Contoh Teks Eksposisi Singkat Lengkap dengan Struktur dan Unsurnya, Yuk Simak!


Pengertian Teks Rekon

Teks rekon adalah salah satu jenis teks yang memuat suatu peristiwa, kegiatan, kejadian, atau pengalaman yang telah lalu dan telah diamati secara kronologis. Tujuan teks rekon ada dua, yaitu untuk memberikan informasi atau menghibur para pembaca.

 

Memangnya, apa fungsi teks rekon itu? Teks rekon berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca terkait suatu hal. Selain itu, teks rekon juga memiliki fungsi sosial sebagai pembelajaran kepada pembaca. Adapun, fungsi sosial teks rekon lainnya adalah sebagai berikut: 

  1. Menceritakan suatu hal secara runut.
  2. Menceritakan pengalaman atau peristiwa yang dialami. 
  3. Memberikan nilai moral kepada pembacanya. 


Ciri-ciri Teks Rekon

Bagi sebagian orang, teks rekon dirasa mirip dengan teks naratif karena sama-sama menjelaskan sesuatu secara runtut dan naratif. Namun, keduanya berbeda, ya. Nah, supaya kamu semakin mudah membedakan teks rekon dengan teks kebahasaan lainnya, kamu bisa memperhatikan ciri-ciri teks rekon. Berikut ciri-ciri teks rekon yang perlu kamu tahu. 

  1. Menggunakan kata yang menjelaskan waktu untuk menceritakan kejadian di masa lampau. Seperti “pada tanggal 17 Agustus 1945”, “pada masa itu”, “pada zaman dahulu kala”, dan lain sebagainya.
  2. Menggunakan kata yang menunjukkan siapa (seperti aku, dia, kami, mereka, dan lain-lain), apa, kapan, di mana, dan bagaimana. Contohnya “nama orang”, “ia”, “kita”, dan lain-lain. 
  3. Menunjukkan kata-kata yang menunjukkan kronologis atau urutan peristiwa dalam suatu cerita. Misalnya “selanjutnya”, “setelah itu”, “kemudian”, dan lain-lain. 
  4. Menggunakan kata yang menunjukkan tempat dan waktu. Misalnya “di kota Padang pada tanggal 22 Maret 1987”. 
  5. Menggunakan kata kerja aksi seperti “mengetik”, “mengeksploitasi”, dan lain sebagainya. 
  6. Menggunakan kata sifat seperti “besar”, “indah”, “kacau”, dan lain-lain. 


Struktur Teks Rekon

Selain ciri-ciri teks rekon, kamu juga perlu memperhatikan struktur teks rekon pada saat membuatnya. Struktur teks menggambarkan tentang bagaimana sebuah teks itu disusun. Nah, struktur teks rekon sendiri terbagi menjadi 4 bagian, yaitu judul, orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Keempat bagian ini memiliki fungsinya masing-masing, yaitu:

  1. Judul: kata atau frasa kunci yang mewakili keseluruhan teks.
  2. Orientasi: pembuka yang memperkenalkan teks tersebut, pada umumnya berupa gambaran umum dari isi teks yang akan dibawakan. 
  3. Urutan peristiwa: rekaman peristiwa yang terjadi dan biasanya disampaikan dengan cara kronologis. Urutan peristiwa di teks rekon merupakan inti teks. 
  4. Reorientasi: bagian yang membahas ulang peristiwa, biasanya terdapat komentar pribadi dari penulis. Reorientasi sifatnya opsional, jadi ada juga teks rekon yang tidak memiliki bagian ini. 


Jenis Teks Rekon

Pada penjelasan sebelumnya, dijelaskan bahwa teks rekon merupakan sebuah teks yang memuat suatu peristiwa atau informasi secara kronologis. Nah, informasi atau topik yang diangkat dalam teks rekon ini bisa bermacam-macam. Oleh karena itu, teks rekon terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan topik yang dibicarakan. 


Terdapat tiga jenis teks rekon, yaitu teks rekon pribadi, faktual, dan imajinatif. Berikut ini penjelasan ketiganya. 


Teks Rekon Pribadi

Jenis teks rekon yang pertama adalah teks rekon pribadi. Sesuai dengan namanya, teks rekon pribadi merupakan jenis teks rekon yang menjelaskan urutan peristiwa pribadi seseorang. Teks rekon pribadi ini biasanya disebut sebagai teks biografi. Jenis teks rekon ini pun melibatkan langsung penulisnya di dalam peristiwa yang dialami. 


Teks Rekon Faktual

Selanjutnya adalah teks rekon faktual. Teks rekon faktual merupakan cerita ulang berupa fakta atau keadaan yang sebenarnya terkait sebuah peristiwa yang sudah terjadi. Teks ini biasanya melibatkan laporan polisi, eksperimen ilmiah, dan sebagainya. Sumbernya biasanya didapat dari wawancara dengan pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Jenis teks rekon ini pun bersifat informatif. 


Teks Rekon Imajinatif

Terakhir, terdapat jenis teks rekon imajinatif. Teks rekon imajinatif merupakan teks berisi pernyataan yang sifatnya imajinatif atau tidak benar-benar terjadi. Imajinasi diceritakan ulang dan disampaikan secara detail. Teks rekon imajinatif tetap membutuhkan riset, misalnya dengan banyak membaca karya tulis lain atau menonton film, membaca berita, dan lain-lain. Dari berbagai fakta, cerita imajinatif bisa dibuat makin kuat. 


Contoh Teks Rekon

Supaya lebih mudah dipahami, ini dia 3 contoh singkat teks rekon:


Contoh Teks Rekon Pribadi

Contoh teks rekon pribadi berisi pengalaman pribadi yang dialami penulis. Berikut ini contoh singkatnya:

Jennie Kim adalah salah satu personil Blackpink yang lahir dan besar di Seoul, 16 Januari 1996. Saat duduk di bangku SD, Jennie sekolah di Cheongdam Elementary School di Seoul, sebelum akhirnya pindah ke New Zealand. Sebelumnya, di usianya yang ke-8, Jennie berlibur ke Australia dan ibunya bertanya apakah ia ingin sekolah di sana. Jennie menjawab “iya” dan di usia 9 tahun ia pun mulai sekolah di Waikowhai Intermediate School, Auckland. 


Jennie pertama kali mendengarkan K-pop saat di New Zealand dan terutama tertarik dengan musik para artis YANG Entertainment. Sebenarnya ibunya berencana menyekolahkan Jennie ke Florida, Amerika Serikat saat usianya 14 tahun, tapi karena Jennie tertarik menjadi idol, akhirnya ia pindah kembali ke Seoul dan menjalani masa training di YG Entertainment setelah lolos audisi.


Contoh Teks Rekon Faktual

Berikut ini contoh teks rekon faktual yang berdasarkan atas fakta, misalnya kejadian yang telah terjadi dan didasari dengan wawancara saksi: 


Pada pertengahan September 2023, seorang guru asal Pangandaran yang berinisial AR ditangkap polisi karena terjerat dalam kasus dugaan korupsi. Guru yang sudah berstatus PNS itu kedapatan menjual aset sekolah karena sudah terlanjur menjadi pecandu judi online dan membutuhkan modal. 


Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pangandaran, Raden Iyus Surya Drajat, kasus ini menjadi catatan hitam bagi dunia pendidikan di Pangandaran. Iyus juga mengungkap berbagai aset yang telah diambil AR. Di antaranya ada 26 komputer, 2 laptop, dan 2 infocus. Semuanya diambil AR dari laboratorium dan dilakukannya secara bertahap, sehingga tidak ketahuan di awal-awal aksi kriminalnya. 


Contoh Teks Rekon Imajinatif

Berikut ini contoh teks rekon imajinatif singkat:


Siena dianggap aneh di sekolahnya saat ia duduk di bangku SMP. Di usia 13 tahun, setiap hari Siena selalu membawa boneka Barbie kesayangannya ke sekolah. Kala itu, boneka ini selalu disembunyikannya setiap kali ada guru di kelas, tapi begitu tidak ada guru, boneka itu dikeluarkannya dan diletakkan di meja. 


Di bangku SD saja, biasanya anak-anak sudah tidak membawa mainan mereka ke sekolah, tapi Siena tak peduli dan tetap membawa bonekanya setiap hari. Teman-teman sekelasnya pun agak menjauhi Siena karena ia lebih suka berbicara dengan bonekanya daripada dengan teman-temannya. 


_____________________________________________


Baca juga: Struktur Teks Inspiratif dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas IX


Nah, setelah tahu semua unsur dan contoh teks rekon, Sobat Pijar pasti lebih paham kan tentang pembahasan yang satu ini? Kamu bisa juga menemukan materi Bahasa Indonesia yang lain di Pijar Belajar. Selain itu, ada materi bidang studi lainnya juga, lho!


Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi situs Pijar belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved