Contoh Scrapbook Unik dan Cara Membuatnya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Contoh Scrapbook Unik dan Cara Membuatnya

| 0 minute read
Contoh Scrapbook Unik dan Cara Membuatnya image

Sobat Pijar sedang bingung ingin memberikan kado ulang tahun yang unik untuk teman atau keluarga? Kalau iya, coba bikin scrapbook, yuk! Scrapbook merupakan sebuah buku yang diisi dengan banyak stiker, gambar, foto, dan benda-benda kenangan. Nah, kali ini Pijar Belajar mau kasih tahu kamu contoh scrapbook aesthetic dan unik. 


Tenang saja, cara membuat scrapbook pun cukup mudah, lho. Yuk, simak penjelasan mengenai cara membuat scrapbook beserta contoh-contohnya berikut ini! 


Baca juga: 203 Slang Words Bahasa Bahasa Inggris


Cara Membuat Scrapbook

Bagi sebagian orang, membuat scrapbook memang terasa sulit, apalagi harus menyusun seluruh komponen foto dan hiasan serapi dan estetik mungkin. Tapi, Sobat Pijar tak perlu khawatir karena sebenarnya membuat scrapbook itu tidak sulit, kok


Berikut adalah tahapan atau cara membuat scrapbook yang perlu kamu tahu. 


1. Pilih Tema Scrapbook yang Kamu Inginkan

Cara membuat scrapbook yang pertama adalah kamu perlu menentukan tema terlebih dahulu. Tema ini penting banget, lho, karena menentukan bentukan scrapbook keseluruhanmu. 


Beberapa tema yang bisa kamu pilih misalnya seperti tema warna, tema hiasan, dan sebagainya. Misalnya, kamu ingin membuat scrapbook untuk ulang tahun temanmu yang senang dengan karakter Marvel. Nah, kamu bisa mengangkat tema Marvel tersebut dalam bentuk scrapbook nanti. 


2. Susunlah “Cerita Besar” Scrapbook

Sesuai dengan namanya, scrapbook berbentuk buku dengan berbagai halaman yang akan kamu isi foto-foto. Tak jarang biasanya kita akan kebingungan untuk mengisi tiap halaman tersebut dengan foto apa. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyusun cerita besarnya dulu, nih


Misalnya, kamu akan membuat scrapbook untuk kelulusan wisuda sahabatmu. Nah, kamu bisa mulai menyusun cerita mulai dari pertama kali masuk ke sekolah hingga akhirnya lulus. Jadi, pada halaman awal kamu bisa meletakkan foto-fotomu dan sahabat di tahun pertama sekolah hingga di halaman terakhir yang berisikan foto wisuda. 


Cerita besar ini bisa kamu susun menggunakan keyword atau kata kunci setiap momen yang dilalui bersama. Dengan begitu, foto-foto dalam scrapbook menjadi tersusun rapi. 


3. Pilah-Pilih Foto yang Ingin Kamu Masukkan

Setelah tema dan cerita besar scrapbook sudah tersusun, sekarang saatnya kamu memilah foto apa saja yang ingin kamu masukkan di dalamnya. Kamu bisa memilih foto-foto dengan cahaya dan fokus yang bagus. 


Selain itu, pilihlah foto yang memorable juga ya supaya scrapbook-mu semakin berkesan. Kamu juga bisa menambahkan foto-foto pemandangan seperti bangunan sekolah atau meja duduk kalian sebagai penuansaan di scrapbook-mu. 


4. Mulailah Mengumpulkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Kalau semua foto-foto sudah kamu persiapkan, selanjutnya kamu bisa mulai mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Contohnya seperti stiker, origami, spidol, ataupun hiasan lainnya. Ohiya ingat juga untuk menyiapkan gunting dan lem, ya. 


5. Yuk, Buat Scarpbookmu! 

Wah, sekarang semua bahan yang dibutuhkan sudah siap. Yuk, mulai buat scrapbook-mu! 


Mulailah dengan menempelkan foto dan hiasan sesuai dengan kerangka scrapbook yang kamu mau. Tuangkan kreativitasmu ke tiap halaman, ya. Sesuaikan juga seluruh hiasan dan foto dengan tema yang kamu pilih. Kamu juga bisa menambahkan tulisan-tulisan singkat untuk memperkuat cerita scrapbook


Tada! Scrapbook buatanmu telah siap, deh


7 Contoh Scrapbook Aesthetic

Sebagai bahan referensi, berikut 7 contoh scrapbook yang bisa kamu pilih. Kira-kira model scrapbook seperti apa, nih, yang sesuai dengan kesukaanmu? 


1. Scrapbook Earth Tone


Buat kamu yang senang dengan warna-warna dan nuansa earth tone bisa banget menjadikan scrapbook ini sebagai referensi, lho. Motif-motif bunga dan pemilihan warna coklat yang senada dalam template di atas membuat scrapbook semakin bagus. 


2. Scrapbook Vintage


Ingin mengabadikan momen berkesanmu dengan suasana vintage? Template scrapbook di atas bisa jadi referensi yang cocok. Stiker atau tambahan gambar peralatan jadul membuat nuansa vintage dalam scrapbook semakin terasa. Kamu juga bisa, lho, mengubah filter warna di foto-fotomu menjadi agak kecoklatan supaya kesan kunonya semakin bertambah. 


3. Colourful Scrapbook


Jika nuansa vintage dan earth tone membuat scrapbook terasa lebih sendu dan kurang ceria, kamu bisa memilih scrapbook dengan tema warna cerah seperti di atas. 


Pemilihan warna-warna terang dalam komponen scrapbook membuat foto-foto menjadi terkesan bahagia dan ceria. Template ini cocok banget untuk mengenang momen-momen bahagia seperti Hari Ayah, Hari Ibu, momen ulang tahun, dan sebagainya. 


4. Surealis Scrapbook


Surealisme merupakan sebuah aliran dalam seni yang biasanya mengangkat aspek bawah sadar sebagai objeknya, makanya biasanya objek yang ditampilkan tidak realistis. Contohnya seperti objek jerapah dengan tubuh manusia seperti di atas. 


Nah, tema surealisme dalam scrapbook ini memiliki kesan artsy degan nilai estetika tinggi, sehingga cocok untuk kamu yang ingin memiliki scrapbook unik.


5. Pop Culture Scrapbook


Kalau kamu senang dengan budaya pop atau populer, referensi scrapbook di atas bisa menjadi pilihan yang tepat. Pemilihan warna-warna yang bold seperti fuschia dan hitam membuat kesan modern yang kuat dalam scrapbook-mu.


6. Scrapbook dengan Hiasan Tanganmu


Ingin scrapbook menjadi lebih berkesan? Coba buatlah hiasan dengan menggunakan tulisan tangan atau pensil warna, yuk! Scrapbook dengan gambar dan tulisan tanganmu sendiri bisa memiliki kesan yang lebih dalam, lho. Terlebih jika scrapbook itu akan diberikan untuk orang terdekatmu. 


7. Minimalist Scrapbook


scrapbook tidak harus selalu penuh dengan hiasan, lho. Kamu juga bisa membuat scrapbook dengan tema minimalis dan simple seperti contoh di atas. Letakkan foto dengan ukuran cukup besar yang menjadi center scrapbook-mu dan tambahkan hiasan satu atau dua saja. Tada! scrapbook-mu pun jadi cantik, deh


Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah


____________________________________________________


Wah, ternyata cukup mudah, bukan, membuat scrapbook. Kamu pun bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai dekorasi, lho. Tentunya hal ini membuatmu lebih hemat budget dan juga nggak repot membeli ini dan itu. Yuk, coba buat scrapbook-mu sendiri! 


Jika scrapbook menjadi rekomendasi kado yang cocok untukmu, Pijar Belajar tentunya menjadi rekomendasi teman belajar yang cocok untukmu, nih. Bersama Pijar Belajar, kamu bisa mengakses latihan soal dan video pembahasan untuk SD, SMP, dan SMA kapan saja dan dimana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang! 



Referensi: 

scrapbooking Ideas for Beginners: 5 Tips for Getting Started, Kerry Buckley, https://www.craftsy.com/post/scrapbooking-ideas-for-beginners/. 

How To Make A scrapbook, Lrnkey, https://lrnkey.com/blog/how-make-scrapbook, 2022. 

How to Make a scrapbook Page, Rebecca Ludens, https://www.thesprucecrafts.com/making-a-basic-scrapbook-page-4121913, 2022. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image