7 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

7 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah

| 0 minute read
7 Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah image

Selama pandemi Covid-19 kemarin, aktivitas sekolah dialihkan ke ranah digital. Alhasil, banyak siswa yang merasa kurang dekat dengan teman sekelasnya dikarenakan sedikitnya interaksi yang terbangun. Makanya, nggak sedikit juga yang akhirnya kebingungan untuk mendapatkan teman baru saat pelaksanaan sekolah sudah kembali tatap muka. 


Bagi sebagian orang, mencari teman di tempat baru rasanya agak dag dig dug, ya. Terlebih jika lingkungannya pun masih baru dan kamu belum familiar. Tapi, Sobat Pijar nggak perlu khawatir lagi, nih, karena Pijar Belajar bakalan ngasih tahu kamu cara mendapatkan teman baru, khususnya buat kamu yang baru masuk sekolah baru. Yuk, simak! 


Baca juga: 10 Rekomendasi Novel yang Menarik untuk Dibaca


Cara Mendapatkan Teman Baru di Sekolah

Memiliki seorang teman memang sangat penting, lho. Dikutip dari artikel Mayo Clinic, memiliki teman atau sahabat berpengaruh baik pada kesehatan mentalmu. Beberapa diantaranya seperti membuatmu merasa lebih bahagia, menjadi support system, mengurangi rasa kesepian, dan membuatmu tidak merasa sendiri. 


Tapi, bagaimana cara mendapatkan teman, ya? Saat diharuskan berkenalan dengan orang baru, tak jarang kita merasa kikuk dan bingung harus ngomong apa. Oleh karena itu, berikut Pijar Belajar rangkum 7 cara mendapatkan teman baru di sekolah. 


1. Bergabung dalam Grup

Cara mendapatkan teman baru yang pertama adalah dengan bergabung dalam grup atau aktif di dalam kelas. Kalau kamu ingin berteman dengan seseorang, tentunya kamu juga harus menunjukkan kehadiranmu, dong? Nah, ikut kegiatan ekskul atau club bisa membantumu. 


Terlebih, di kegiatan ekskul atau club kamu akan bertemu dengan orang-orang yang ketertarikannya sama denganmu. Hal inilah yang menjadi peluang bagus untuk mulai mencari teman. 


Tapi, kalau Sobat Pijar nggak tertarik untuk ikut ekskul, kamu juga bisa mencoba aktif di kelas, kok. Misalnya, dengan aktif mencairkan suasana dalam kelompok di kelas dan sebagainya. 


2. Ambil Langkah Pertama

Terkadang, kita suka merasa malu untuk mengajak seseorang berkenalan duluan. Akhirnya, kita cuma menunggu diajak berkenalan saja, deh, daripada harus malu. Wah, kalau Sobat Pijar sering kaya gini, coba dihindari, yuk! 


Nggak ada salahnya, lho, kalau Sobat Pijar coba mengambil langkah pertama dalam berkenalan. Justru, kalau kamu lebih sering mengajak orang berkenalan, peluang untuk mendapatkan teman baru bisa meningkat. 


Oleh karena itu, cobalah untuk mengajak teman barumu berkenalan lebih dulu, ya. 


3. Cobalah untuk Menawarkan Bantuan

Kalau kamu bingung bagaimana cara memulai obrolan dengan teman baru, mungkin kamu bisa coba untuk menawarkan bantuan kepada mereka. Cara mendapatkan teman baru ini akan membuatmu lebih mudah untuk bertemu dengan orang lain dan memulai pertemanan. 


Misalnya, di kelasmu ada teman yang kesulitan untuk memahami penjelasan guru. Nah, kamu mungkin bisa menawarkan dia belajar bersama. Dengan begitu, kamu pun jadi dapat kesempatan untuk berkenalan dan memulai percakapan, deh


Mencoba menawarkan bantuan kepada teman juga bisa menjadi salah satu cara memperluas pertemanan, lho


4. Berikan Bahasa Tubuh yang Ramah

Coba Sobat Pijar bayangkan, bagaimana jika ada seseorang yang mengajak bermain tapi mukanya sambil cemberut atau tangannya sambil memukul? Wah, kamu pasti auto menjauh dan bahkan mungkin nggak mau temenan sama dia. 


Nah, supaya hal ini nggak terjadi ke kamu, saat mau mengajak berteman kamu perlu menunjukkan gestur tubuh yang ramah, ya. Contohnya seperti tersenyum, tubuh tidak tegang, atau menatap teman dengan sopan. 


Cara mendapatkan teman ini akan menimbulkan kesan yang baik terhadapmu. Oleh karena itu, perhatikan gestur tubuhmu, ya! 


5. Berikan Kepercayaan kepada Temanmu

Cara mendapatkan teman baru di sekolah selanjutnya adalah dengan memberikan kepercayaan kepada temanmu. Kamu bisa membangun kepercayaan kepada teman dengan saling sharing cerita keseharianmu. 


Nah, dengan kamu berusaha membuka diri dan memberikan kepercayaan kepada teman, maka mereka pun akan melakukan hal yang sama. Ikatan pertemanan kalian pun akan semakin terjalin. Tapi, perlu diingat, ya, kamu pun juga harus menjaga kepercayaan temanmu, lho


6. Luangkan Waktu untuk Bersama dengan Teman

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, memiliki seorang teman akan membantumu merasa tidak kesepian. Oleh karena itu, kalau kamu ingin persahabatanmu terjalin erat, luangkanlah waktu bersama teman-teman. 


Kadang kita suka terlalu sibuk dengan urusan masing-masing, mulai dari belajar, mengerjakan PR, membantu orang tua, dan sebagainya, yang menimbulkan jarak dengan teman. Coba, deh, kamu luangkan waktu untuk hangout dengan teman-temanmu. 


Misalnya, seperti nonton bioskop, mencoba makanan di restoran baru, atau sekadar main saja ke rumah mereka. Dengan cara itu, kamu dan temanmu akan semakin bounding dan merasa dekat satu sama lain. 


7. Tunjukkan Ketulusan dalam Berteman 

Last but not least, cara mendapatkan teman baru yang terakhir adalah tunjukkan jika kamu memang tulus ingin berteman dengan mereka, bukan karena latar belakang mereka maupun hal lainnya. 


Misalnya dengan berusaha selalu ada membantu mereka, tidak memanfaat teman, ataupun membicarakan keburukan mereka kepada orang lain. Sikap tulus dalam berteman ini akan membuat pertemananmu semakin dekat dan langgeng. 


Baca juga: Ini Dia Biografi Pangeran Diponegoro Terlengkap!


_____________________________________________________


Itu dia Sobat Pijar 7 cara mendapatkan teman baru yang bisa kamu coba. Kuncinya adalah kamu tak perlu minder atau malu untuk mulai berkenalan dengan orang baru. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin mudah juga untuk membangun pertemanan. Semoga cara di atas bisa membantu kamu, ya! 


Eits, selain cara di atas, kamu juga bisa membangun ikatan pertemanan dengan mengajak belajar bersama, lho. Tentunya belajar bersamanya juga bersama Pijar Belajar! Nggak cuma menyediakan banyak latihan soal, Pijar Belajar juga menyediakan video pembahasannya untuk kamu. 


Wah, tunggu apa lagi? Yuk, coba gunakan Pijar Belajar sekarang! 




Referensi: 

How to make new friends, Kidscape, https://www.kidscape.org.uk/advice/advice-for-young-people/friendships-and-frenemies/how-to-make-new-friends/. 

Why You Are Lonely and How to Make Friends, Youtube - Kurzgesagt – In a Nutshell, https://www.youtube.com/watch?v=I9hJ_Rux9y0, 2022. 

You Probably Need More Friends—Here’s How To Make Them, Forbes – Tracy Brower, https://www.forbes.com/sites/tracybrower/2021/09/26/you-probably-need-more-friends-heres-how-to-make-them/?sh=407edcaf458f, 2021. 

Kids Who Need a Little Help to Make Friends, Child Mind Institute – Jamie Howardhttps://childmind.org/article/kids-who-need-a-little-help-to-make-friends/. 

Friendships: Enrich your life and improve your health, Mayo Clinic, https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/friendships/art-20044860#:~:text=What%20are%20the%20benefits%20of,to%20offer%20needed%20companionship%2C%20too.  

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image