10 Rekomendasi Novel yang Menarik untuk Dibaca - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

10 Rekomendasi Novel yang Menarik untuk Dibaca

| 0 minute read
10 Rekomendasi Novel yang Menarik untuk Dibaca image

Sobat Pijar, biasanya kamu kalau lagi luang senangnya melakukan kegiatan apa? Daripada kamu bingung mau menghabiskan waktu dengan apa dan ujung-ujungnya malah bengong, coba baca novel, yuk! Pijar Belajar punya banyak rekomendasi novel best seller untuk kamu, nih


Tentunya kamu sudah tidak asing dengan novel, ya. Novel merupakan karangan prosa yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang. Biasanya, kamu bakal menemukan banyak novel dari berbagai genre di toko buku, mulai dari novel romantis sampai horor ada semua, deh


Nah, dalam artikel kali ini, Pijar Belajar sudah merangkum 10 rekomendasi novel yang menarik untuk dibaca. Simak terus, ya! 


Baca Juga: 5 Tips to Improve Your Reading Habits


10 Rekomendasi Novel Best Seller

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali penulis yang karyanya langganan masuk best seller. Beberapa di antaranya seperti Tere Liye, Ika Natassa, Andrea Hirata, dan lain-lain. Berikut 10 rekomendasi novel berdasarkan list best seller Gramedia yang bisa jadi referensimu dalam memilih bacaan. 


1. Laut Bercerita - Leila S. Chudori

Rekomendasi novel pertama yang masuk dalam jajaran best seller Gramedia pada Oktober 2022 ini adalah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Kalau Sobat Pijar senang dengan novel bergenre drama dan berlatar masa reformasi, novel ini bakal cocok banget untuk kamu. 


Laut Bercerita bercerita mengenai seorang kakak adik, yaitu Biru Laut dan Asmara Jati. Biru Laut merupakan seorang mahasiswa sastra di Universitas Gadjah Mada yang bergabung dalam organisasi bedah buku dan menjadi aktivis dalam menolak doktrin pemerintah. Hal ini pun membuat Laut ditangkap dan dianiaya karena organisasinya dianggap berbahaya. 


Beberapa waktu kemudian, Asmara pun membuka lembaga khusus yang menangani orang yang dihilangkan secara paksa. Ia pun mendapat kabar bahwa ditemukan tulang belulang di wilayah kepulauan seribu. Apakah tulang tersebut milik Laut? Yuk, cari tahu kelanjutannya dengan membaca novel tersebut! 


2. Home Sweet Loan - Almira Bastari

Hidup di Jakarta yang katanya serba mudah itu memangnya benar, ya? Nah, kalau Sobat Pijar ingin mengetahui cerita kehidupan kaum kelas menengah di Ibu Kota, kamu bisa coba baca novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari. 


Novel bergenre metropop ini bercerita mengenai empat orang yang saling bersahabat tapi memiliki mimpi dan masalahnya masing-masing. Tokoh pertama bernama Kaluna yang hidup dengan gaji pas-pasan tetapi harus menanggung kebutuhan keluarganya beserta kekasihnya yang menginginkan pernikahan mewah. 


Lalu, ada tokoh Tanisha yang menanggung hidup mertua beserta keluarga kecilnya. Ada juga tokoh Kamamiya yang termakan gengsi ingin tampil mewah seperti selebgram. Terakhir, ada tokoh Danan yang tidak memiliki beban dan ingin memperbanyak aset lewat saham. Bagaimana, ya, cerita keempatnya di tengah realita Ibu Kota? Yuk, cari tahu lewat karya Almira Bastari ini. 


3. Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino

Berinteraksi dengan orang di masa lalu rasanya tak mungkin terjadi, ya. Namun, nyatanya hal ini terjadi, lho, dalam novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino. Keigo Higashino merupakan seorang penulis Jepang yang karyanya langganan masuk best seller


Keajaiban Toko Kelontong Namiya menceritakan tokoh Kohei, Shota, dan Atsuya yang tanpa disadari saling berbalasan surat dengan seorang gadis bernama samaran Kelinci Bulan yang hidup pada tahun 1979. Surat-surat tersebut berasal dari toko kelontong usang yang dulunya bernama Toko Kelontong Namiya. 


Kenapa hal itu bisa terjadi, ya? Ungkap kisah seru Kohei, Shota, dan Atsuya ini, yuk! 


4. Pasta Kacang Merah - Durian Sukegawa

Rekomendasi novel best seller selanjutnya adalah Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa. Durian Sukegawa merupakan penulis berkebangsaan Jepang. Ia tinggal di Tokyo dan banyak menulis cerita berlatarkan kota itu, salah satunya adalah novel Pasta Kacang Merah. 


Novel Pasta Kacang Merah atau Sweet Bean Paste bercerita mengenai Sentaro yang merasa hidupnya kembali bermakna setelah bertemu Sokue, wanita berjari aneh. Kalau kamu senang dengan novel bergenre persahabatan, Pasta Kacang Merah akan sangat menarik untuk kamu baca. 


5. Brianna dan Bottomwise - Andrea Hirata

Siapa yang tak kenal dengan sosok Andrea Hirata? Setelah sukses dengan novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata terus berkarya dan kini Ia menghadirkan novel terbarunya, yaitu Brianna dan Bottomwise. 


Berbeda dengan Laskar Pelangi yang bercerita mengenai kehidupan di desa terpencil, Brianna dan Bottomwise mengangkat kisah detektif, lho. Novel ini bercerita mengenai sosok Brianna dan Bottomwise, seorang detektif cerdik, yang berpetualang mencari gitar milik seorang musisi terkenal, yaitu John Musiciante.


Kamu bisa mengikuti keseruan petualan mereka dan juga ikut mengungkap fakta misteri gitar John Musiciante dalam novel ini. Yuk, baca! 


6. The Midnight Library - Matt Haig

Kalau kamu senang membaca novel berbahasa asing, The Midnight Library karya Matt Haig bisa menjadi pilihan yang tepat. Novel ini bercerita mengenai sebuah perpustakaan tengah malam. 


Akan tetapi, perpustakaan itu bukanlah perpustakaan biasa. Perpustakaan tengah malam itu memiliki berbagai buku yang jika kamu baca akan memperlihatkan jalan kehidupanmu. Ada buku yang menggambarkan kehidupanmu apa adanya dan ada juga buku lain yang menggambarkan hal berbeda. 


Nora Seed merupakan salah satu orang yang berkesempatan mendatangi perpustakaan tersebut dan melihat langsung gambaran kehidupannya. Tapi, ternyata hal tersebut membuatnya dihadapkan pada banyak keputusan sulit. Menarik, bukan? Kamu bisa membaca novel sci-fiction ini dalam versi Bahasa Indonesia, lho


7. Heartbreak Motel - Ika Natassa

Ternyata, kehidupan seorang artis tidak semenyenangkan dan semudah yang kita bayangkan, lho. Novel Heartbreak Motel karya Ika Natassa menceritakan mengenai sosok Ava yang merupakan artis papan atas dan banyak membintangi film. 


Akan tetapi, semakin banyak peran yang dijalani Ava, semakin hilang juga jati dirinya. Oleh karena itu, ia memiliki satu kamar motel yang ia namai Heartbreak Motel. Di dalam kamar motel tersebut, Ava selalu menyendiri dan berusaha mengembalikan jati dirinya setelah ia membintangi film. 


Yuk, ikuti keseruan kisah hidup Ava dalam novel Heartbreak Motel karya Ika Natassa! 


8. Sagaras - Tere Liye

Bagi Sobat Pijar penggemar karya Tere Liye pasti sudah tidak asing lagi, deh, dengan novel Sagaras. Sagaras merupakan novel ke-13 dalam serial BUMI karya Tere Liye. Novel bergenre sci-fiction ini bercerita mengenai petualangan Ali, Raib, dan Seli dalam menghadapi si Tanpa Mahkota. 


Dalam novel Sagaras ini, cerita akan berfokus pada tokoh Ali yang berusaha mencari asal usul dirinya, seperti asal usul orangtua dan juga klannya. Bersama dengan Raib dan Seli, Ali pun mengungkapkan asal usul dan keberadaan klan Sagaras. Wah, jadi nggak sabar, ya, mau baca buku ini. 


9. Funiculi Funicula - Toshikazu Kawaguchi

Rekomendasi novel selanjutnya kembali dari novel bergenre sci-fiction, yaitu Funiculi Funicula karya Toshikazu Kawaguchi. Novel ini bercerita mengenai sebuah kedai kopi unik yang bisa membawa pengunjungnya kembali ke masa lalu. 


Namun, tentunya hal tersebut tidak bisa asal dilakukan. Terdapat beberapa aturan yang perlu ditaati, yaitu pengunjung tidak boleh berpindah tempat duduk, tidak bisa mengubah masa kini, dan juga mereka harus menghabiskan kopi yang disuguhkan selagi panas. 


Seperti apa kisah-kisah pengunjung kedai kopi tersebut? Yuk, cari tahu lewat novel best seller satu ini. 


10. Black Showman Dan Pembunuhan Di Kota Tak Bernama - Keigo Higashino

Keigo Higashino memang selalu menghadirkan novel-novel yang menarik bagi masyarakat. Novel Higashino lainnya, yaitu Black Showman Dan Pembunuhan Di Kota Tak Bernama, menjadi rekomendasi novel yang wajib kamu baca. 


Novel tersebut bergenre misteri. Berceritakan mengenai pembunuhan Kamiio Eiichi, seorang guru SMP, Keigo Higashino akan mengajak kamu untuk ikut mengungkapkan misteri pembunuhan tersebut. Terlebih, latar ceritanya yang mengangat situasi pandemi Covid-19 akan membuat suasanya menjadi lebih relevan dengan keadaan saat ini. 


Menarik sekali, ya. 


Baca juga: 6 Cara Mengatasi Overthinking dalam Belajar


________________________________________________


Wah, terlihat menarik sekali ya 10 rekomendasi novel di atas. Kira-kira Sobat Pijar mau coba baca yang mana dulu, nih? Semoga rekomendasi novel ini bisa membantumu mengisi waktu luang, ya! 


Selain bisa kasih kamu rekomendasi novel best seller, Pijar Belajar juga bisa jadi rekomendasi teman belajarmu, lho. Pijar Belajar memiliki banyak sekali latihan soal dan video pembahasannya yang bisa kamu simak kapan saja dan dimana saja.


Yuk, coba gunakan Pijar Belajar sekarang juga! 



Referensi: 

Novel Best Seller Indonesia, Gramedia Blog, https://www.gramedia.com/best-seller/novel-fiksi/. 

Review Buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino, Tasya Talitha - Gramedia Blog, https://www.gramedia.com/best-seller/review-buku-keajaiban-toko-kelontong-namiya-karya-keigo-higashino/, 2021. 

The Midnight Library, Good Reads, https://www.goodreads.com/book/show/52578297-the-midnight-library. 

Brianna dan Bottomwise, Good Reads, https://www.goodreads.com/book/show/61652689-brianna-dan-bottomwise. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image