pijarbelajar

Bahasa Inggris

Contoh Informal Invitation Lengkap dengan Pengertian dan Stukturnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Informal Invitation Lengkap dengan Pengertian dan Stukturnya image

Sobat Pijar Belajar, pernahkah kamu mendapatkan sebuah undangan berbentuk surat biasa atau chat? Tahukah kamu, bentuk undangan yang kamu terima mungkin termasuk ke dalam kategori informal invitation, lho. Nah, informal invitation ini bisa banget kamu pelajari dalam materi Bahasa Inggris. 


Sesuai dengan namanya, informal invitation berbentuk tidak formal atau kasual. Walaupun begitu, bahasa yang digunakan bukan berarti menjadi sembarangan dan tidak sopan, ya. Informal yang dimaksud adalah penggunaan undangannya yang dalam ranah informal dan bukan untuk acara resmi, seperti ulang tahun teman sebaya dan gathering


Supaya kamu semakin paham, berikut merupakan materi lengkap informal invitation yang bisa kamu simak.


Baca juga: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh Formal Invitation dalam Bahasa Inggris


Apa Itu Informal Invitation?

Kalau Sobat Pijar bertemu dengan pertanyaan ini, “What is an informal invitation?” kira-kira jawabannya apa, ya? Informasi invitation merupakan sebuah bentuk undangan yang berisi ajakan kepada seseorang atau grup dengan menggunakan bahasa yang santai. Selain itu, acara yang diadakan juga biasanya bersifat senang-senang makanya undangan berisikan ajakan santai. 


Nah, bahasa santai yang digunakan ini bertujuan untuk menimbulkan kesan bahwa acara yang diadakan tidak bersifat resmi. Biasanya, informal invitation digunakan untuk mengundang seseorang ke sebuah pesta ulang tahun, mengajak piknik atau reuni keluarga, mengajak gathering di komunitas, dan lainnya. 


Invitation atau undangan pun ada banyak jenisnya, lho. Dalam Bahasa Inggris, types of invitation adalah formal and informal. Kedua jenis invitation ini dibedakan berdasarkan penggunaannya. Formal invitation digunakan dalam acara resmi, seperti meeting, rapat, dan seminar. Berbeda dengan itu, informal invitation digunakan dalam acara non resmi, seperti pesta dan gathering, dan menggunakan bahasa yang cenderung lebih santai.


Baca juga: Materi Pronoun dalam Bahasa Inggris


Struktur Informal Invitation

Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, informasi invitation merupakan undangan untuk acara-acara yang bersifat informal. Walaupun disampaikan secara informal, kamu tetap harus memperhatikan struktur penulisannya. Seperti apa struktur informal invitation itu? Lihat di bawah ini, yuk! 


1. Greeting ke penerima undangan

Bagian awal dari sebuah informal invitation biasanya berupa sapaan untuk penerima undangan. Biasanya bentuk bagian ini adalah “To: Rara” atau “Dear Rara” yang menjadi panggilan khusus kepada penerima undangan itu sendiri.


2. Pendahuluan

Struktur informal invitation selanjutnya adalah pendahuluan yang berisi penjelasan maksud dan tujuan undangan. Bagian pendahuluan juga sebaiknya tidak dibuat bertele-tele supaya informasi tersampaikan dengan jelas. Kamu bisa menuliskan maksud diadakannya acara pada bagian ini. 


3. Informasi

Bagian informasi dalam invitation akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan acara seperti dresscode, alamat acara, waktu mulai dan selesai, dan lainnya. Isinya bisa berupa poin-poin maupun paragraf, yang penting lengkap dan jelas.


4. RSVP

Sobat PIjar Belajar juga tidak perlu bingung dengan adanya RSVP. Penerima undangan perlu melakukan RSVP, baik jika hadir maupun tidak hadir ke acara.


5. Closing

Bagian closing biasanya berisi harapan agar tamu bisa datang ke acara. Kamu bisa menggunakan bahasa nonformal, tetapi pastikan tetap sopan, ya, apalagi jika undangan disampaikan ke keluarga atau kerabat.


6. Signature

Signature masih menjadi bagian yang penting di dalam sebuah invitation karena akan terlihat jelas siapa yang mengundang ke acara tersebut. Bagian ini berada di bagian paling bawah dari undangan informal sebagai pelengkap closing.


Contoh Informal Invitation

Untuk memahami lebih jauh tentang undangan yang bersifat informal, sebaiknya kamu melihat beberapa contoh informal invitation di bawah ini.


1. Undangan ulang tahun


Dear Rara, my best friend.


It is already November and my birthday is coming soon. I would like to invite you to my special event that will be held:


Place : The grand ballroom of JW Marriott Hotel

Date : 11th of November 2023

Time : 19.00-21.00


It would be nicer if you wear colorful dresses once you decide to attend my birthday party. Please send me a text if you are willing to come to my birthday as an RSVP. My party will be nice with your attendance, my dear. See you!


Your friend,

 

Tiara


Baca juga: Materi Conjunction dalam Bahasa Inggris


2. Undangan reuni


To: Social Classes Student 2001


It’s been a long time since the last time we gathered and reminded each other about our high school life. It is nice if we have a day where we can meet once again in a reunion event that will be held on Sunday, 30th of October 2024 at the auditorium of SMAN 8 Bandung.


You can bring your family to the event. The organizer prepares doorprize and mini showcases to make the event more exciting. RSVP to Nita at nita188@gmail.com. See you soon, guys.


Best regards,

 

Nita

Coordinator of Reunion


3. Undangan gathering


Dear Stay Forever members Indonesia,


Since the anniversary of the group is coming soon, the fanbase of Stay Forever Indonesia will hold an anniversary event! The gathering event will be held:


Date and Time : Sunday, 25th of March 2025 16.00-20.00

Place : Jewel Cafe Jakarta


We have free drinks and snacks if you can prove that you have followed our fanbase on social media and show it to the cafe staff. There will be an admin waiting there to welcome you. Let’s join!


Sincerely,

 

Stay Forever Indonesia admin


____________________________________


Baca juga: Materi Song (Lagu Bahasa Inggris) SMA


Bentuk informal invitation cenderung lebih santai sehingga banyak digunakan untuk acara yang sifatnya kekeluargaan saja. Kamu bisa membuat undangan ini dalam bentuk digital, surat yang lucu, atau juga format chat tanpa mengabaikan struktur yang sudah dijelaskan di atas.


Yuk, pelajari lebih banyak tentang Informal Invitation bareng Pijar Belajar! Aplikasi Pijar Belajar menyediakan berbagai konten pembelajaran yang tentunya lengkap banget untuk kamu. Mulai dari mata pelajaran SD, SMP, hingga SMA, semua tersedia lengkap buat kamu.


Lengkap banget, ya. Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved