pijarbelajar

Bahasa Inggris

Materi Song (Lagu Bahasa Inggris) SMA

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Materi Song (Lagu Bahasa Inggris) SMA image

Tak dipungkiri bahwa musik sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Pasti Sobat Pijar juga senang mendengarkan musik, kan? Tapi, apakah kamu hanya mendengarkan liriknya saja tanpa tahu artinya? Nah, di jenjang SMA, materi song menjadi materi wajib dan kamu akan diminta untuk membedah bagian lagu.


Selain itu, materi ini juga akan mempelajari kaidah kebahasaan yang digunakan oleh komposer pada lagu ciptaannya. Dengan memahaminya, kamu juga bisa mengerti makna apa yang ingin sang komposer dan penyanyi sampaikan melalui lagunya.


Gimana? Penasaran ‘kan dengan materi ini? Yuk, baca uraian materi song kelas 10 selengkapnya mulai dari pengertian, struktur, kaidah kebahasaan dan juga contoh lagunya dalam bentuk review di bawah ini, Sobat Pijar.


Baca juga: Job Application Letter: Struktur, Contoh dan Pengertian


Apa itu Song?

Song adalah lagu yang menggambarkan berbagai macam ekspresi dan emosi di dalamnya. Pengarang lagu bisa menyampaikan berbagai macam perasaan melalui lirik dan tempo. Materi song di SMA akan membahas tentang struktur dan kaidah kebahasaannya.


Sebuah lagu atau song tidak hanya tentang lirik yang dinyanyikan menggunakan nada saja. Kamu juga akan mengetahui bahwa sebuah lagu tercipta dalam bentuk yang kompleks, sehingga maknanya sampai ke hati para pendengarnya.


Apa Generic Structure dari Song?

Struktur dari sebuah lagu tidak sederhana menyusun lirik biasa saja. Di dalam materi song, kamu akan mengenal enam bagian penting dalam sebuah lagu dan biasanya akan menentukan panjangnya sebuah lagu. Berikut adalah struktur lagu dalam Bahasa Inggris.


Intro

Intro merupakan bagian yang sangat penting di dalam sebuah lagu. Layaknya sebuah novel dan karya lainnya, intro lagu dalam Bahasa Inggris juga akan menentukan apakah pendengar akan tertarik untuk lanjut mendengarkan atau tidak.


Itu sebabnya, bagian intro sangat penting untuk dibuat menarik, sehingga pendengar tidak akan merasa bosan. Di sisi lain, intro juga menjadi bagian awal yang penting untuk membangun tempo, ritme, dan perasaan yang ingin disampaikan di dalam sebuah lagu.


Verse

Verse adalah salah satu bagian-bagian lagu dalam Bahasa Inggris yang fungsinya untuk mulai menceritakan cerita melalui lirik. Cerita akan mulai berkembang sesuai dengan mood yang ingin diselipkan oleh komposer dan penyanyinya.


Verse bisa terdiri lebih dari satu versi di dalam sebuah lagu. Emosi yang utama juga terdapat di dalam bagian ini.


Pre-chorus

Tidak semua lagu memiliki pre-chorus karena bagian ini memang hanya pilihan saja dan tidak wajib disertakan di dalam sebuah lagu. Bagian ini biasanya akan berbeda dari verse karena fungsinya akan mengantarkan bagian dari verse menuju chorus.


Bagian ini juga biasanya memiliki harmoni yang berbeda karena dijadikan bagian yang eksperimental oleh komposer itu sendiri. Pre-chorus juga tidak akan terlalu panjang, bahkan bisa hanya dalam satu kalimat saja dengan pola yang berbeda dan berwarna.


Chorus

Chorus di dalam sebuah lagu menjadi hal yang wajib karena semua ide dalam lagu terletak di bagian ini. Bahkan, banyak komposer penyanyi akan menentukan judul lagunya berdasarkan kata kunci yang ada di dalam chorus. Dengan kata lain, chorus adalah rangkuman lagu.


Panjang chorus juga tidak seperti verse. Dalam promosi lagu, biasanya bagian chorus lah yang ditampilkan karena lebih menarik. Materi song juga akan banyak membedah chorus untuk mendapatkan ide dan emosional dalam sebuah lagu.


Bridge

Bridge ada di bagian tengah dari dua chorus dan jumlah liriknya tidak terlalu panjang. Posisi bridge juga berada di akhir sebuah lagu. Bentuk dari lirik dan melodinya juga memiliki ritme dan tempo yang berbeda.


Outro

Outro adalah bagian akhir dari sebuah lagu. Biasanya, bagian lirik dan ritme lagu tersebut mengalami bagian lebih lambat, kemudian menghilang. Pendengar lagu juga menyadari bahwa lagu tersebut akan berakhir di bagian outro.


Apa Saja Kaidah Kebahasaan Song?

Kaidah kebahasaan dari sebuah lagu adalah bagian yang perlu kamu cari tahu. Dalam materi song, ada banyak jenis kaidah yang bisa kamu telusuri sehingga kamu bisa memahami makna lagu tersebut dan mengambil pesan yang ingin disampaikan.


Rhythm

Ritme adalah bagian lagu yang digunakan oleh komposer untuk menciptakan sebuah mood. Kamu akan cenderung merasa sedih dengan ritme yang lambat, dan merasa lebih terpacu senang saat mendengarkan ritme lagu yang cepat.


Imagery

Imagery adalah sebuah penggambaran di dalam lagu yang mengandalkan panca indera. Pendengar akan bisa membayangkan apa yang terjadi di dalam lirik, namun penyampaiannya menggunakan deskripsi dengan perasaan emosional tertentu.


Rhyming words

Rima di dalam sebuah lagu adalah opsional, namun rima bisa terjadi untuk membuat lagu terdengar lebih unik. Bagian ini hampir sama dengan puisi, namun tidak ada keterikatan yang ketat untuk menciptakan rima di dalam sebuah lagu.


Slang

Lagu yang bertemakan masa kini cenderung menggunakan slang sehingga bisa diterima oleh pendengar di kalangan remaja atau anak muda. Hanya saja, bagian ini juga tidak wajib ada di dalam setiap lirik lagu.


Figure of speech

Bagian ini disebut juga sebagai majas. Majas yang biasanya ada di dalam lagu adalah hiperbola, personifikasi, aliterasi, dan metafora. Dengan adanya majas, lagu menjadi lebih menarik.


Apa Contoh Lagu dalam Bahasa Inggris?

Di dalam materi song jenjang SMA, kamu akan belajar untuk memaknai sebuah lagu. Contoh review lagu dalam Bahasa Inggris di bawah ini bisa membantumu untuk memahami bagian apa saja yang perlu kamu ulas. Berikut ini adalah lagu A Million Dreams dan maknanya dalam Bahasa Inggris.


I close my eyes and I can see

The world that's waiting up for me

That I call my own

Through the dark, through the door

Through where no one's been before

But it feels like home

They can say, they can say it all sounds crazy

They can say, they can say I've lost my mind

I don't care, I don't care, so call me crazy

We can live in a world that we design

'Cause every night I lie in bed

The brightest colours fill my head

A million dreams are keeping me awake

I think of what the world could be

A vision of the one I see

A million dreams is all it's gonna take

Oh a million dreams for the world we're gonna make



Song title: A Million Dreams

Singer: Hugh Jackman and Michelle Williams

Composer: Benj Pasek and Justin Paul

Genre: Pop, country, child song

Intro: The intro of the song represents that someone is starting to sleep and dream.

Verse: The person sees comfort in his/her dream even though it’s dark and full of uncertainty.

Chorus 1: In the chorus, the person loves to see the dreams every night because there is hope. People say things are impossible, but the person believes that he/she can do anything in her/his dream.

Chorus 2: The person always sees colorful sides of life in the dream. Everything is possible to build in this world as long as we have courage to do so.

Bridge: This part is describing no matter how big or small the dream is, it is a hope for everyone that this world is all beautiful.


_____________________________________

Baca juga: Review Text: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh


Materi song lyrics memang menjadi materi yang wajib dipelajari saat ini di sekolah. Kamu perlu mengenal lebih banyak lagu-lagu dalam Bahasa Inggris yang akan membantumu menguasai kosakata. Semoga materi lagu di atas membuatmu paham dari makna dari setiap lagu yang kamu dengarkan ya, Sobat Pijar!


Nah, agar Sobat Pijar bisa memahami materi ini dengan lebih baik, yuk belajar pakai Pijar Belajar! Di aplikasi ini, kamu bisa belajar menggunakan berbagai sumber lho, seperti rangkuman, video materi, hingga latihan soal. Lengkap banget, ‘kan?


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved