pijarbelajar

Bahasa Inggris

Pengertian, Rumus, dan Contoh Future Perfect Tense

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pengertian, Rumus, dan Contoh Future Perfect Tense image

Penggunaan jenis tenses yang benar dalam Bahasa Inggris sangat penting. Pasalnya, tenses memang digunakan untuk menandakan jenis waktu yang berbeda. Salah satunya adalah contoh future perfect tense yang merupakan bagian dari tenses future tense.


Tenses ini merupakan bagian dari tenses future dan perfect. Gabungan keduanya membentuk sebuah makna baru yang lazim digunakan di dalam berbagai percakapan dan penulisan teks. Berikut ini adalah rangkuman lengkap untuk mengetahui future perfect tense lebih jauh. Simak, ya!


Baca juga: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense


Pengertian Future Perfect Tense

Apa itu future perfect tense? Tenses ini adalah jenis pola kalimat yang menggambarkan sebuah kejadian yang belum terjadi karena masih sama dengan konteks future. Akan tetapi, aksi tersebut diprediksikan akan selesai pada saat waktu tertentu.


Future perfect tense adalah tenses sederhana yang menggabungkan antara future dan perfect. Itu sebabnya, di dalam rumus terdapat will dan have, disertai dengan penggunaan verb-3. Meskipun diprediksikan selesai di masa depan, aksi yang disebutkan belum terjadi di masa kini.


Sementara itu, fungsi future perfect berguna untuk menyampaikan sebuah janji atau prediksi di masa depan. Meskipun ada bagian kalimat yang merupakan bagian perfect, namun kalimat ini biasanya menyampaikan adverb of time yang jelas.


Kamu juga akan mengenal beberapa time signal yang terdapat di dalam contoh future perfect tense. Tidak hanya menekankan waktu yang spesifik, Sobat Pijar Belajar juga bisa menggunakan keterangan waktu seperti before, after, dan lainnya yang menunjukkan future atau masa depan.


Baca juga: Materi Bahasa Inggris: Opinion and Thoughts


Rumus Future Perfect Tense

Nah, untuk menyusun kalimat future perfect tense, kamu harus tahu rumus future perfect yang tepat. Secara umum, rumus future perfect tense merupakan kalimat verbal dengan menggunakan bentuk verb 3. Akan tetapi, penggunaan rumus ini ada beberapa variasi, nih, tergantung jenis kalimat yang kamu gunakan. Simak rumus future perfect tense di bawah ini.


Kalimat positif

Kalimat positif future perfect tense menggunakan pola subject + will have + verb-3 + complement. Kamu harus menguasai verb-3 terlebih dahulu supaya bisa menyusun kalimatnya dengan tepat. Apapun subject kalimatnya, pasti diikuti dengan pola will have.


Contoh: Tria will have arrived at this house by 5 PM.


Kalimat negatif

Sebagai bentuk berlawanan dengan kalimat positif, kalimat negatif future perfect tense menambahkan kata not dalam di antara will have. Oleh karena itu, rumusnya adalah subject + will not have + verb-3 + complement. Nah, dalam kalimat ini tidak ada perubahan bentuk verb, ya.


Contoh: Tria will not have arrived at this house by 5 PM.


Kalimat interogatif

Sementara itu, kalimat interogatif merupakan kalimat yang bentuk jawabannya adalah yes atau no question. Pola kalimat interogatif future perfect tense adalah will + subject + have + verb-3 + complement. Dalam kalimat ini juga tidak ada perubahan bentuk verb. 


Contoh: Will Tria have arrived at this house by 5 PM?


Kamu bisa melihat dengan lebih jelas perbedaan tiap pola kalimat positif, negatif, dan interogatif dari future perfect tense dalam gambar di bawah ini, ya!



Contoh Future Perfect Tense

Contoh kalimat future perfect tense bisa dipelajari dengan melihat bentuk positif, negatif, dan interogatif. Kamu juga bisa mempelajari sekaligus dengan terjemahannya agar bisa berlatih sendiri. Simak examples di bawah ini sesuai dengan kategorinya.


Contoh 1:

(+) Dyandra will have collected all comic series next week. (Dyandra akan telah mengoleksi semua seri komik minggu depan).


(-) Dyandra will not have collected all comic series next week. (Dyandra tidak akan telah mengoleksi semua seri komik minggu depan).


(?) Will Dyandra have collected all comic series next week? (Akankah Dyandra akan telah mengoleksi semua seri komik minggu depan?).

Yes, he will. (Ya, dia akan telah mengoleksinya).

No, he won’t. (Tidak, dia belum akan mengoleksinya).


Contoh 2:

(+) Sinta will have graduated from high school next year. (Sinta akan telah lulus dari sekolah menengah tahun depan).


(-) Sinta will not have graduated from high school next year. (Sinta belum akan lulus dari sekolah menengah tahun depan).


(?) Will Sinta have graduated from high school next year? (Apakah Sinta akan lulus dari sekolah menengah tahun depan?)

Yes, she will. (Ya, dia akan sudah lulus).

No, she won’t. (Tidak, dia belum lulus).


Contoh 3:

(+) My parents will have worked for ten years in that office next month. (Orang tuaku akan sudah bekerja di kantor itu selama sepuluh tahun bulan depan).


(-) My parents will not have worked for ten years in that office next month. (Orang tuaku belum akan bekerja di kantor itu selama sepuluh tahun bulan depan).


(?) Will my parents have worked for ten years in that office next month? (Apakah orang tuaku belum akan bekerja di kantor itu selama sepuluh tahun bulan depan?).

Yes, they will. (Ya, mereka akan sudah bekerja selama sepuluh tahun).

No, they won’t. (Tidak, mereka belum akan bekerja selama sepuluh tahun).


_________________________________________


Baca juga: Materi Past Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat


Menggunakan contoh future perfect tense dalam percakapan maupun teks sangat penting untuk membuat konteks lebih jelas. Sobat Pijar Belajar bisa melihat berbagai contoh di atas dan ikuti rumusnya ketika membuat kalimat.


Selain future perfect tense, kamu juga perlu memahami berbagai tenses Bahasa Inggris lainnya, lho. Nah, kalau soal belajar, tentunya kamu udah nggak perlu khawatir lagi karena Aplikasi Pijar Belajar punya berbagai materi belajar terlengkap yang bisa kamu gunakan kapana saja dan dimana aja. Mulai dari latihan soal, rangkuman, video materi, hingga mini quiz dan try out ada semua, deh. Jadi, kamu bisa belajar dengan mudah.


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved