Ciri Zaman Mesozoikum dan Pembagian Periodenya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Ciri Zaman Mesozoikum dan Pembagian Periodenya

| 0 minute read
Ciri Zaman Mesozoikum dan Pembagian Periodenya image

Tahukah Sobat Pijar bahwa zaman mesozoikum identik dengan adanya hewan reptil raksasa seperti dinosaurus? Untuk semakin memahaminya, ada beberapa ciri zaman mesozoikum yang perlu kamu tahu, nih!


Jika dilihat dari sejarah terbentuknya bumi, menurut para ahli dibagi menjadi empat yaitu zaman arkaekum, zaman paleozoikum, zaman mesozoikum, dan zaman neozoikum. Pada pembahasan di artikel ini, Sobat Pijar bisa mengetahui zaman berkembangnya dinosaurus yaitu Mesozoikum. 


Ingin tahu apa saja ciri-ciri dari zaman mesozoikum? Ketahui lebih lengkap dari pembahasan berikut ini, yuk!


Baca juga: Pengertian Zaman Arkaekum, Ciri-Ciri, dan Peninggalannya


Pengertian Zaman Mesozoikum

Arti dari nama mesozoikum yang diambil dari bahasa Yunani yang artinya kehidupan tengah. Awalan dari nama zaman ini adalah meso yaitu antara dan zoon artinya yaitu hewan atau makhluk hidup. 


Melihat zaman ini adalah perkembangan reptil dinosaurus yang sedang mencapai puncaknya maka bisa dikatakan bahwa zaman ini adalah Zaman Reptil yang sudah berlangsung berjuta tahun yang lalu. Tepatnya adalah kisaran 150 juta tahun zaman Mesozoikum ini berlangsung pada masanya. 


Dominasi dari reptil yang sedang berkembang pesat dalam zaman ini adalah Megalosaurus, Plesiosaurus, Iguanodon, serta Pseudosuchia.


Selain perkembangan reptil, berbagai macam aktivitas sudah terjadi seperti aktivitas iklim, evolusi, serta tektonik pada permukaan bumi. Dengan adanya aktivitas tektonik maka bisa menimbulkan pergerakan pada benua-benua sehingga bisa menjadi seperti saat ini. 


Permukaan bumi yang awalnya terpisah-pisah perlahan mengalami sebuah pergeseran sehingga terjadi penyatuan. Itulah tanda terbentuknya benua-benua yang saat ini sudah Sobat Pijar ketahui. 


Selain keadaan tersebut, pada aktivitas di zaman Mesozoikum juga bisa membuat perkembangan evolusi bisa menjadi berubah lebih penting lagi. Menariknya, iklim yang terjadi sepanjang periode ini memiliki hawa yang hangat. Sangat cocok iklimnya untuk bisa membuat aktivitas evolusi berjalan lebih baik. 


Dan juga, diversifikasi pada spesies hewan baru bisa terbentuk. Saat sudah melewati zaman ini maka dapat dikatakan bahwa dasar-dasar terbentuknya kehidupan modern yang dirasakan saat ini. 


Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum 

Saat sudah mengetahui bagaimana pengertian dan gambaran dari Zaman Mesozoikum, maka pastinya ingin mendapatkan ciri-ciri zaman Mesozoikum secara singkat, bukan? Kamu bisa melihat zaman Mesozoikum melalui beberapa poin di bawah ini:

  • Berlangsung selama 150 juta tahun lamanya.
  • Zaman berkembangnya hewan reptil secara pesat, contohnya saja seperti dinosaurus. 
  • Iklim bumi terasa hangat dan bisa membuat terbentuknya spesies flora dan fauna baru.
  • Pertumbuhan berbagai flora berdaun lebar serta fauna seperti ikan, amfibi, mamalia pertama, dan binatang melata.
  • Karena zaman pertumbuhan kehidupan maka penyebaran flora dan faunanya masih sangat terbatas.
  • Reptil raksasa berkembang dan kemudian punah dalam zaman yang sama. 
  • Dasar dari terbentuknya kehidupan modern yang akan terjadi. 


Periode Zaman Mesozoikum

Periode mesozoikum berlangsung selama 150 juta tahun. Wah, sangat lama ya, Sobat Pijar? Untuk itu, zaman ini dibagi menjadi 3 periode.


Periode Trias

Pertama adalah periode trias yang terjadi pada 195 sampai dengan 225 juta tahun yang lalu dan merupakan awal zaman Mesozoikum. Pada periode ini seluruh daratan seperti gunung-gunung dan gurun yang ada di buki selimuti oleh semak yang membentang. 


Dan semak-semak ini adalah sebagian besar lahan yang ada di bumi. Dengan kata lain, Soat Pijar bisa merasakan bagaimana gambaran daratan yang memiliki lahan dengan semak-semak tinggi. Oleh sebab itu, periode ini dikenal sebagai keadaan bumi yang sunyi serta gersang. 


Namun, pada periode ini juga merupakan sejarah bumi yang mana akan memasuki periode selanjutnya yang lebih rimbun dan subur. Untuk periode trias sendiri terdapat tiga kala utama, yaitu:

  • Trias Awal: kala ini berlangsung pada 250 juta sampai 247 juta tahun lalu yang mana terdapat gurun yang disebabkan adanya Pangaea yang belum terpecah pada saat itu. Akan tetapi, di bumi juga mengalami kepunahan yang cukup besar yaitu 95% kehidupan. 
  • Trias Tengah: terjadi pada 247 juta sampai 237 juta tahun lalu yang merupakan awal pecahnya Pangaea sehingga muncul Laut Tethys, ekosistem mulai tumbuh kembali dan hewan-hewan lebih besar serta tumbuhan ikut berkembang dengan pesat. Namun, terjadi kepunahan kembali.
  • Trias Akhir: terjadi pada 237 tahun – 200 juta tahun lalu dengan ciri zaman Mesozoikum yaitu adanya gelombang panas dan curah hujan tinggi. Dengan adanya hal tersebut maka terjadi ledakan evolusi reptil yang ada di darat.


Setelah periode-periode tersebut terlewati maka bisa dikatakan pada zaman ini ada perubahan iklim dan terjadi kepunahan hewan yang besar. Nama peristiwa itu adalah Trias – Jura yang sebagian besar amfibi punah serta 34% kehidupan laut masuk ke dalam kepunahan massal ke empat. 


Periode Jura

Periode kedua berlangsung selama 135 – 195 juta tahun yang lalu pada ciri-ciri zaman Mesozoikum ini adalah periode Jura. Jika sebelumnya, lahan yang ada di bumi terbentuk dari semak-semak maka ada perubahan dalam periode Jura ini.


Pasalnya, yang akan dilihat adalah daratan wara maupun hutan. Serta, banyak sungai yang mulai berkelok-kelok sehingga terlihat lebih hidup. Bahkan dahulu sangat jarang ditemui sumber mata air seperti sungai ini. Ciri zaman Mesozoikum pada periode ini memiliki iklim jauh yang lebih lembab. 


Bisa dikatakan bahwa dunia pada periode ini memiliki iklim tropis. Di lautan terdapat ras hewan dominan seperti Ichthyosaurus, Plesiosaurus, serta Amon. Sedangkan, di daratan didominasi oleh reptil lainnya seperti Dilophosaurus yang merupakan ras tanah. 


  • Jura Awal

Pada periode Jura Awal terjadi perpecahan pada superkontinen Pangea sehingga menjadi superkontinen Laurasia dan Gondwana. Selain itu, terjadi keretakan sehingga Teluk Meksiko dan Amerika Utara terbuka dan yang dikenal pada saat ini dengan nama Semenanjung Yucatan. 


Iklim yang terjadi menjadi lebih hangat serta terdapat bukti gletser yang muncul. Dalam kejadian ini, Samudra Atlantik Utara masih sempit dan Samudra Atlantik Selatan masih tertutup. 


Pada catatan geologi, daerah yang terkenal pada saat ini adalah Inggris Selatan dan Iagestatten Jura. Untuk catatan ini masuk ke dalam kondisi dimana sekuens laut luas menunjukkan daratan masa depan akan terendam di bawah laut tropis yang cukup dangkal.


Berbeda dengan catatan di Amerika Serikat karena tidak banyak menunjukkan masa ini. Di benua ini, sedimen yang paling terbuka adalah bagian utara Amerika Serikat dan Kanada sampai dengan periode Jura Akhir. 


  • Jura Tengah

Pada Jura lanjutan ini banyak kelompok dinosaurus yang lebih ikonik dengan tubuh yang besar yaitu Ornithopoda dan Sauropoda. Pada era ini, buaya pertama kalinya berevolusi sehingga mendorong banyaknya amfibi besar menuju kepunahan. Karena reptil meningkat sehingga menguasai dunia. 


Waktu ini adalah pertama kalinya mamalia berkembang namun dengan ukuran yang cukup kecil. Di samping itu, ada Hutan Konifer yang merupakan bagian besar hutan di dunia. 


Periode Jura dikenal juga dikenal sebagai periode Jurassic karena ditemukan banyak spesies seperti dinosaurus dari berbagai macam jenis. Contohnya saja banyak yang berjenis herbivora, karnivora, maupun omnivora yang tersebar di dunia. 


  • Jura Akhir

Periode ini berlangsung sekitar 163 – 145 juta tahun lalu dimana terjadi kepunahan secara besar-besaran untuk jenis Sauropoda dan Ichthyosaurus karena adanya perpecahan Pangaea yang menjadi Gondwana serta Laurasia yang terkenal dengan kejadian kepunahan Periode Jura-Kapur. 


Kepunahan tersebut terjadi karena naiknya air laut sehingga padang rumput pakis hancur dan dangkalan tercipta. Meskipun begitu, ada beberapa spesies yang masih hidup dan bertahan dari kepunahan seperti Titanosaurus. 


Karena terjadi kenaikan air laut maka terbukalah jalan laut Atlantik yang akan membuka terus-menerus. Periode Jura memberikan kesempatan untuk planktonik sejumlah 12 klad organisme berkembang dan meninggalkan sebuah catatan fosil yang cukup besar untuk pertama kalinya.


Periode Kreta

Dan yang terakhir adalah periode Kreta yang mulai berlangsung sekitar 146 – 136 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, banyak sungai yang mengalir secara perlahan sehingga terbentuk delta-delta besar. 


Periode Kreta ini merupakan periode yang paling panjang pada saat zaman ini. Periode ini juga dikenal sebagai periode Kapur atau Cretaceous dengan waktu geologi yang merupakan awal dari Paleosen sampai dengan peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen. 


Bisa dikatakan bahwa waktu periode ini adalah setengah dari zaman Mesozoikum yang akan beralih ke zaman selanjutnya. Periode awalnya sendiri adalah perluasan jalur laut dan punahnya sauropodia. Pada awalnya memang ditutupnya Periode Jura dengan kepunahan kecil. 


Akan tetapi, semangat hidup para dinosaurus juga ditunjukkan dengan berpindahnya ke pulau-pulau lainnya. Kebangkitan tersebut akan mengisi kekosongan yang terjadi akibat kepunahan yang terjadi. Beberapa dinosaurus yang mempertahankan kehidupan adalah Spinosaurus dan Carcharodontosaurus.


  • Kreta Akhir

Pada kreta akhir ini berarti zaman Mesozoikum juga berakhir. Akhir dari zaman ini berlangsung pada 100 juta – 65 juta tahun yang lalu. Iklim geologi pada zaman ini mulai masuk ke tren pendinginan sehingga iklim tropis hanya pada garis khatulistiwa. 


Tyrannosaurus, Hadrosauria, Triceratops, dan Ankylosaurus adalah dinosaurus yang masih berkembang dan bahkan rantai makanan didominasi. Sedangkan di daerah perairan laut digantikan oleh Mosasaurus. Mosasaurus memang mulai berevolusi untuk mengganti para predator laut. 


Evolusi dari Mosasaurus bertujuan untuk menggantikan predator laut yang memuncak. Perpindahan dinosaurus dari satu pulau ke pulau lainnya pun terjadi. Contohnya saja Eustreptopondylus yang hidup di daerah dangkalan pesisir. Dan yang paling banyak menyebar adalah Iguanodon ke setiap benua. 


Untuk deccan serta letusan gunung sudah mulai meracuni atmosfer. Bahkan, ada perkiraan bahwa meteor yang besar akan menabrak bumi serta menciptakan sebuah Kawah Chicxulub. Kemudian, peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa kepunahan massal. 


Yang mana, 75% dari kehidupan yang ada di bumi akan punah. Bahkan banyak hewan dan spesies lainnya seperti non-unggas yang punah. Dan seluruhnya yang memiliki berat lebih dari 10 kilogram akan punah. Dengan begitu maka bisa dikatakan bahwa zaman dinosaurus berakhir.


Untuk ciri zaman Mesozoikum yang terjadi pada zaman dahulu memang lebih disebutkan bahwa zaman berakhirnya Dinosaurus sehingga akan menjadi dasar untuk masuknya ke dalam zaman yang modern.


Baca juga: Ciri-Ciri Zaman Paleozoikum beserta Periode dan Peninggalannya

__________________________


Wah, gak kebayang ya jika Dinosaurus masih ada sampai sekarang! Sebagai manusia modern, kita harus cukup puas dengan mempelajarinya di mata pelajaran Sejarah. 


Biar pengetahuan sejarahmu semakin meningkat, yuk belajar di Pijar Belajar sekarang juga! Ada banyak materi yang bisa kamu akses dalam bentuk video, latihan soal, hingga buku elektronik, lho!


Yuk, gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image