pijarbelajar

Universitas

Yuk, Intip Biaya Kuliah di Universitas Indonesia!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Yuk, Intip Biaya Kuliah di Universitas Indonesia! image

Berkuliah di Universitas Indonesia rasanya menjadi impian banyak orang, ya. Hal ini nggak mengherankan mengingat prestasi Universitas indonesia yang kerap menghasilkan lulusan terbaik. Tapi, ada satu hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum masuk ke Universitas Indonesia (UI), nih. Hal tersebut adalah biaya kuliah di Universitas Indonesia. 


Mengulik dan mempersiapkan biaya kuliah ini penting, lho, Sobat Pijar. Dengan begitu, kedepannya kamu bisa menghindari beberapa kejadian yang tidak diinginkan, contohnya seperti putus kuliah dan sebagainya. 


Lantas, berapa, ya, biaya kuliah di Universitas Indonesia itu? Simak penjelasannya berikut ini, ya. 


Baca juga: Yuk, Ketahui Daya Tampung Universitas Indonesia Sesuai Jurusan Impianmu!


Biaya Kuliah Universitas Indonesia S1 Reguler

Biaya kuliah di Universitas Indonesia sendiri cukup bervariatif, lho, Sobat Pijar. Besaran biaya tersebut tergantung pada jenjang dan skema pembayaran yang kamu pilih. Secara garis besar, Universitas Indonesia memiliki dua kelompok jenjang sarjana, yaitu S1 reguler dan S1 paralel. 


S1 reguler merupakan jenjang sarjana yang mahasiswanya memilih jalur masuk nasional, seperti SNBP dan SNBT. Berbeda dengan itu, S1 paralel merupakan jenjang sarjana yang mahasiswanya memilih jalur seleksi mandiri Universitas Indonesia, seperti PPKB dan SIMAK UI.  


Nah, sebelum Sobat Pijar memutuskan untuk berkuliah di universitas ternama ini, perlunya mengetahui biaya kuliah di Universitas Indonesia. Biaya kuliah di Universitas Indonesia sendiri terbagi ke dalam dua skema, yaitu Biaya UKT BOP-Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya UKT BOP-Pilihan (BOPP). 


Kenalan sama dua skema biaya pendidikan ini, yuk! 


Biaya UKT BOP-Berkeadilan (BOP-B)

Nah, skema biaya kuliah di UI yang pertama adalah Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B). Dalam skema BOP-B ini, mahasiswa akan dikenakan besaran UKT sesuai dengan kemampuan dan kondisi finansial keluarga. 


Jadi, jika Sobat Pijar memiliki kondisi finansial yang kurang memadai, kamu nggak perlu khawatir ya untuk kuliah di UI. Besaran UKT BOP-B ini cukup bervariasi, lho, mulai dari Rp0 sampai Rp7.500.000. 


Kalau kamu ingin mengambil skema pembayaran biaya kuliah ini, kamu bisa mempersiapkan berkas-berkas dan persyaratan lainnya untuk diajukan ke administrasi kampus, ya. Adapun, besaran UKT atau biaya kuliah BOP-B sebagai berikut: 



Penentuan kelas besaran UKT dalam skema BOP-B ini ditentukan oleh pihak universitas, ya, melalui pertimbangan berdasarkan berkas-berkas yang kamu berikan. 


Biaya UKT BOP-Pilihan (BOPP)

BOP-Pilihan merupakan pengajuan biaya UKT bagi mahasiswa yang ditentukan oleh penanggung biaya pendidikan berdasarkan keinginan berpartisipasi untuk membantu biaya operasional pendidikan di UI. 


Nah, sesuai dengan namanya, BOP-P ini sifatnya pilihan, ya. Jadi, kamu atau penanggung jawab biaya pendidikan bisa memilih sendiri kelas dengan besaran UKT yang ditentukan. Selain itu, karena bersifat pilihan, kamu juga tidak perlu menyerahkan berkas-berkas persyaratan, ya. 


Berikut besaran UKT BOP-P yang bisa kamu pilih. 



Biaya UKT Sarjana Non Reguler (S1 Paralel)

Selain biaya UKT untuk S1 reguler, kamu juga perlu tahu besaran biaya UKT untuk S1 paralel. Perbedaan signifikan antara besaran UKT S1 reguler dan paralel adalah adanya uang pangkal. Untuk mahasiswa S1 reguler, uang pangkal tidak dikenakan dalam UKT. Namun, untuk mahasiswa S1 paralel, terdapat uang pangkal yang perlu kamu bayarkan, ya. 


Berikut besaran biaya kuliah Universitas Indonesia untuk S1 paralel: 



____________________________________________________________________________


Baca juga: Ini Dia Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia


Itulah, Biaya Universitas Indonesia yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi dari artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kamu. 


Nah, bagi kamu yang mau kuliah di UI, persiapan yang matang sangatlah penting. Yuk, mulai persiapkan amunisi untuk menghadapi ujian masuk UI dan PTN lainnya sejak dini. Kalau soal persiapan masuk PTN, Aplikasi Pijar Belajar pastinya selalu siap sedia untukmu!


Pijar Belajar adalah aplikasi bimbel online yang dirancang khusus untuk membantumu mempersiapkan ujian masuk PTN dan menguasai materi pelajaran di sekolah. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang luar biasa, lho, seperti Tes Minat Bakat, latihan soal, hingga rangkuman dan video materi.


Lengkap banget, kan?


Yuk, download Pijar Belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved