pijarbelajar

Universitas

Yuk, Ketahui Daya Tampung Universitas Indonesia Sesuai Jurusan Impianmu!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Yuk, Ketahui Daya Tampung Universitas Indonesia Sesuai Jurusan Impianmu!  image

Siapa, nih, Sobat Pijar yang pengen banget masuk Universitas Indonesia? Bagi kamu yang ingin masuk Universitas Indonesia, salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah daya tampungnya. Singkatnya, daya tampung adalah kuota penerimaan yang tersedia di suatu universitas. Hm… kalau daya tampung Universitas Indonesia kira-kira berapa, ya? 


Biar kamu nggak bertanya-tanya terus, simak daftar daya tampung Universitas Indonesia berikut ini, yuk! 


Baca juga: Ini Dia Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia


Berapa Daya Tampung Universitas Indonesia?

Dalam satu universitas, umumnya daya tampung yang dimiliki tiap jurusan berbeda-beda. Nah, biasanya besaran daya tampung ini ditentukan oleh banyak faktor, ya, misalnya seperti ketersediaan ruang kelas, jumlah pengajar, dan sebagainya. 


Nantinya, daya tampung ini bisa menjadi acuan untuk kamu memperkirakan peluangmu diterima di jurusan pilihan. Misalnya, kamu berminat masuk Sastra Indonesia Universitas Indonesia (UI). Lalu, daya tampung yang tersedia di jurusan tersebut sebesar 30, namun peminat jurusan tersebut mencapai 100.000 orang. 


Nah, dari data tersebut, kamu bisa memperkirakan bahwa peluangmu masuk Jurusan Sastra Indonesia Universitas Indonesia adalah 0,03%. Kira-kira seperti itu, ya, Sobat Pijar cara memperkirakan peluang masuk melalui daya tampung. 


Lantas, berapa, sih, daya tampung tiap jurusan di Universitas Indonesia itu?  


Dikutip dari website resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), untuk jenjang sarjana jalur SNBT, Universitas Indonesia memiliki total daya tampung sebanyak 1.623 yang terbagi dalam 64 jurusan. 


Berikut adalah data daya tampung Universitas Indonesia berdasarkan jurusannya. 


Di setiap kampus pasti memiliki jurusan favorit, di mana banyak yang berminat pada jurusan tersebut setiap tahunnya, tidak terkecuali kampus UI yang memang terkenal. Kamu dapat melihat dari daftar daya tampung 2023 di Universitas Indonesia ini.