pijarbelajar

Universitas

Yuk, Ketahui Daya Tampung Universitas Indonesia Sesuai Jurusan Impianmu!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Yuk, Ketahui Daya Tampung Universitas Indonesia Sesuai Jurusan Impianmu!  image

Siapa, nih, Sobat Pijar yang pengen banget masuk Universitas Indonesia? Bagi kamu yang ingin masuk Universitas Indonesia, salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah daya tampungnya. Singkatnya, daya tampung adalah kuota penerimaan yang tersedia di suatu universitas. Hm… kalau daya tampung Universitas Indonesia kira-kira berapa, ya? 


Biar kamu nggak bertanya-tanya terus, simak daftar daya tampung Universitas Indonesia berikut ini, yuk! 


Baca juga: Ini Dia Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia


Berapa Daya Tampung Universitas Indonesia?

Dalam satu universitas, umumnya daya tampung yang dimiliki tiap jurusan berbeda-beda. Nah, biasanya besaran daya tampung ini ditentukan oleh banyak faktor, ya, misalnya seperti ketersediaan ruang kelas, jumlah pengajar, dan sebagainya. 


Nantinya, daya tampung ini bisa menjadi acuan untuk kamu memperkirakan peluangmu diterima di jurusan pilihan. Misalnya, kamu berminat masuk Sastra Indonesia Universitas Indonesia (UI). Lalu, daya tampung yang tersedia di jurusan tersebut sebesar 30, namun peminat jurusan tersebut mencapai 100.000 orang. 


Nah, dari data tersebut, kamu bisa memperkirakan bahwa peluangmu masuk Jurusan Sastra Indonesia Universitas Indonesia adalah 0,03%. Kira-kira seperti itu, ya, Sobat Pijar cara memperkirakan peluang masuk melalui daya tampung. 


Lantas, berapa, sih, daya tampung tiap jurusan di Universitas Indonesia itu?  


Dikutip dari website resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), untuk jenjang sarjana jalur SNBT, Universitas Indonesia memiliki total daya tampung sebanyak 1.623 yang terbagi dalam 64 jurusan. 


Berikut adalah data daya tampung Universitas Indonesia berdasarkan jurusannya. 


Di setiap kampus pasti memiliki jurusan favorit, di mana banyak yang berminat pada jurusan tersebut setiap tahunnya, tidak terkecuali kampus UI yang memang terkenal. Kamu dapat melihat dari daftar daya tampung 2023 di Universitas Indonesia ini. 




Semua data daya tampung dan peminat tiap jurusan di Universitas Indonesia bisa kamu cek di website resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), ya, Sobat Pijar!


Baca juga: Universitas Indonesia: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah


______________________________________________________________________________


Dilihat dari total daya tampung Universitas Indonesia (UI) hingga saat ini, pastinya persaingan masuk kampus unggulan sangat ketat, maka Sobat Pijar perlu melakukan persiapan dari sekarang dan rutin cek ke website resmi kampus UI, ya.


Yuk, persiapkan masuk UI sedari dini bareng Pijar Belajar! per tanggal 21 Juli 2023 nanti, Pijar Belajar bakal ngadain Live Class yang secara intensif akan membahas soal-soal SIMAK UI, lho! Pastikan kamu daftar Live Class-nya, ya, supaya persiapanmu semakin matang untuk menghadapi SIMAK UI 2023 nanti.


Download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved