pijarbelajar

Universitas

Biaya Kuliah di Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Biaya Kuliah di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) image

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang terkenal dengan program studi teknik yang berkualitas tinggi. Banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di ITERA, namun sering kali mereka memiliki pertanyaan mengenai berapa biaya kuliah di Institut Teknologi Sumatera itu? 


Memilih perguruan tinggi emang nggak gampang. Selain soal reputasi, biaya masuk perguruan tinggi juga jadi pertimbangan utama. Nah, buat Sobat Pijar yang lagi nyari informasi biaya kuliah Institut Teknologi Sumatera, pas banget, nih, karena Pijar Belajar bakal kasih tau informasi lengkap seputar biaya kuliah di ITERA. 


Simak terus penjelasan berikut ini, ya. 


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Brawijaya Tahun 2022/2023


Jenis-Jenis Biaya Pendidikan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Nah, sebelum kita bahas lebih jauh tentang besaran biaya kuliah di ITERA, ada baiknya kamu tahu dulu, nih, jenis-jenis biaya pendidikan yang biasa ada di perguruan tinggi. 


Kalau berbicara tentang biaya kuliah, mungkin hal yang terlintas di pikiranmu hanya UKT atau Uang Kuliah Tunggal saja, ya. Padahal, biaya kuliah itu nggak cuma terdiri dari UKT saja, lho. Secara umum terdapat tiga jenis biaya pendidikan di perguruan tinggi, yaitu sebagai berikut: 


a. Uang Pendaftaran

Uang pendaftaran merupakan besaran biaya kuliah yang dikenakan saat calon mahasiswa baru hendak mengikuti seleksi masuk atau mendaftarkan diri di suatu perguruan tinggi. Nah, uang pendaftaran ini hanya akan dikenakan sekali ya untuk tiap perguruan tinggi yang kamu minati. Besarannya pun bervariasi, tergantung pada kebijakan tiap perguruan tinggi. 


b. Uang Pangkal

Lalu, ada juga uang pangkal, nih, Sobat Pijar. Uang pangkal merupakan biaya pendidikan yang ditujukan untuk pembangunan fasilitas sarana dan prasarana perguruan tinggi. Sama seperti uang pendaftaran, uang pangkal ini hanya akan dibayarkan sekali dan besarannya bervariasi tergantung pada kebijakan perguruan tinggi. 


c. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Terakhir, ada Uang Kuliah Tunggal atau UKT. UKT merupakan besaran biaya kuliah yang dibayarkan tiap semester. Besaran UKT ini juga cukup bervariasi, ada beberapa perguruan tinggi yang menerapkan besaran UKT berdasarkan besaran SKS (Satuan Kredit Semester) yang diambil tetapi ada juga yang menerapkan besaran untuk satu semester. 


Selain itu, UKT ini juga bisa berbeda-beda di tiap jurusan. Nah, dalam artikel kali ini, Pijar Belajar bakalan lebih berfokus untuk membahas tentang besaran UKT di Institut Teknologi Sumatera, ya. 


Biaya Kuliah di Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Ini dia penjelasan yang paling ditunggu-tunggu Sobat Pijar. Berapa, sih, biaya kuliah di Institut Teknologi Sumatera itu? 


Dikutip dari website resminya, besaran UKT Institut Teknologi Sumatera terbagi ke dalam 8 golongan. Tiap golongan UKT ini akan ditentukan oleh perguruan tinggi berdasarkan kondisi finansial keluargamu, ya. 


Nah, buat Sobat Pijar yang masuk ke ITERA melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, selama kuliah kamu hanya perlu membayar uang UKT saja. Akan tetapi, buat Sobat Pijar yang masuk ITERA melalui jalur mandiri, kamu akan dikenakan besaran UKT golongan 8 dan juga uang pangkal, ya. 


Tiap golongan UKT di ITERA juga bisa berbeda-beda, nih, tergantung jurusan yang kamu pilih. Namun, rata-rata besaran UKT dimulai dari Rp500.000 hingga Rp9.000.000. Berikut adalah beberapa biaya kuliah di Institut Teknologi Sumatera yang bisa kamu jadikan perbandingan. 


Biaya Kuliah di ITERA Jurusan Arsitektur

Kalau kamu ingin masuk ke jurusan Arsitektur, biaya UKT yang harus kamu bayarkan adalah seperti berikut:


 

Biaya Kuliah di ITERA Jurusan Teknik Informatika

UKT yang harus dibayarkan mahasiswa Teknik Informatika tidak jauh berbeda, yakni:


 

Biaya Kuliah di ITERA Jurusan Teknik Pertambangan

Selanjutnya ada jurusan Teknik Pertambangan yang rincian biaya UKT-nya adalah seperti berikut:


 

Biaya Kuliah di ITERA Jurusan Teknik Telekomunikasi

Kamu ingin masuk ke jurusan Teknik Telekomunikasi? Jika iya, biaya UKT yang harus kamu bayar berdasarkan tingkat kemampuan orang tua adalah seperti berikut:


 

Sementara untuk kamu yang masuk lewat jalur mandiri dan mengambil jurusan Teknik Telekomunikasi, wajib membayar Sumbangan Pengembangan Institusi. Besarnya biaya yang wajib kamu bayar adalah Rp 25.000.000.


________________________________________________________________


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Padjadjaran Jalur Reguler dan Mandiri, Mahal Kah?


Nah, itu dia biaya kuliah Institut Teknologi Sumatera yang perlu kamu tahu. Sobat Pijar berminat untuk masuk ITERA? Kalau iya, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri sejak dini, nih. Tapi tenang aja karena kamu nggak akan sendiri, kok. Pijar Belajar selalu siap nemenin kamu belajar kapan pun dimana pun.


Coba klik banner di bawah ini, yuk untuk mulai mengakses ribuan latihan soal lengkap dengan pembahasan dan rangkumannya untuk kamu jadikan bahan belajar!



Pastikan kamu juga download Aplikasi Pijar Belajar, ya, supaya aktivitas belajarmu jadi lebih mudah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved