Belajar Cara Mengasuh Anak di Era Digital bersama Pijar Belajar dan Queenrides - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Belajar Cara Mengasuh Anak di Era Digital bersama Pijar Belajar dan Queenrides

| 0 minute read
Belajar Cara Mengasuh Anak di Era Digital bersama Pijar Belajar dan Queenrides image

Pada Minggu, 9 Oktober 2022, Pijar Belajar bersama dengan Queenrides baru saja mengadakan webinar yang seru banget, lho. Webinar tersebut bertajuk "Merangkul Teknologi Mengasuh Anak di Era Digital". 


Nah, acara webinar itu tentunya diisi oleh narasumber keren dan berpengalaman dalam bidang parenting, yaitu Bapak Indriyanto Banyumurti atau yang biasa disapa dengan Pak Banyu selaku Direktur Eksekutif ICT Watch


Tak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Iim Fahima selaku Founder Queenrides dan Nabila Rizqi Maghfira selaku Social Media Officer Pijar Belajar. Penasaran seperti apa keseruan webinar tersebut? Yuk, simak informasi lengkapnya. 


Baca juga: Grand Launching Komunitas Orangtua Berpijar


Queenrides X Pijar Belajar Education Series


Webinar “Merangkul Teknologi Mengasuh Anak di Era Digital” dibuka dengan sambutan dari Ibu Iim Fahima, Founder Queenrides. Pada sesi tersebut, Ibu Iim Fahima memperkenalkan Queenrides kepada peserta webinar. Sobat Pijar sudah ada yang tahu belum apa itu Queenrides?


Queenrides adalah platform pemberdayaan perempuan yang berfokus pada empat pilar, yaitu women economic empowerment, family life education, digital literacy, dan mental health. Nah, tahukah kamu, sebelum menjadi platform seperti sekarang, Queenrides merupakan platform kampanye keselamatan berkendara untuk perempuan, lho


Seiring berjalannya waktu, Queenrides terus aktif mengkampanyekan perlindungan dan pemberdayaan perempuan. Akhirnya, terbentuklah komunitas Queenrides yang tersebar di banyak belahan dunia, mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, hingga Australia. 


Nah, bersama Pijar Belajar, Queenrides pun mulai mengampanyekan pemenuhan edukasi anak di rumah bersama keluarga. Pijar Belajar merupakan platform pembelajaran anak yang tepat karena dapat dengan mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Tak hanya itu, Pijar Belajar juga menyediakan beragam latihan soal dan video pembelajaran lengkap untuk SD, SMP, dan SMA. 


Yuk, ajak teman dan keluargamu untuk berlangganan di Pijar Belajar


Merangkul Teknologi Mengasuh Anak di Era Digital

Setelah sambutan dan perkenalan Queenrides dan Pijar Belajar, acara pun masuk pada sesi inti, yaitu penjelasan materi “Merangkul Teknologi Mengasuh Anak di Era Digital”. Materi tersebut disampaikan oleh Bapak Indriyanto Banyumurti. 


Sebagai pembukaan, Pak Banyu menyampaikan bahwa anak-anak saat ini sudah termasuk dalam golongan Gen Z yang sangat akrab dengan kehadiran teknologi digital. Terlebih, pandemi membuat pergantian budaya ke ranah digital semakin cepat terjadi. 


Perkembangan teknologi ini memang membawa dampak baik bagi kehidupan kita, namun bukan berarti tak ada dampak negatifnya. Orang tua dalam hal ini pun harus merangkul anak lebih dekat agar tidak terkena dampak negatif dari teknologi digital tersebut. 


Pak Banyu, mengutip dari Family Online Safety Institute, memberikan 7 langkah pengasuhan digital baik yang bisa orangtua terapkan. Kita bahas sama-sama, yuk! 


7 Langkah Pengasuhan Digital Baik


Pertama, orangtua perlu menjaga komunikasi dengan anak. Ajaklah anak berbicara secara terbuka dan langsung, sehingga hubungan semakin kuat terbangun. Nah, saat berbicara, orangtua juga perlu memberikan gestur tubuh yang penuh perhatian pada anak, ya. Contohnya seperti sambil menatap anak, tidak sambil beraktivitas lain, dan sebagainya. 


Kedua, orangtua juga tak perlu malu untuk terus belajar. Misalnya, orangtua kesulitan memahami budaya populer saat ini. Nah, cobalah untuk bertanya kepada anak atau mempelajarinya lewat internet dan buku. Dengan begitu, orangtua pun menjadi tak tertinggal dengan budaya modern. 


Ketiga, sebagai bentuk pengawasan aktivitas internet anak, orangtua bisa menggunakan fitur parental control seperti fitur “Kid” di Netflix ataupun Google Family Link. Durasi bermain gadget juga perlu dipantau oleh orangtua, ya, supaya waktunya tidak terlalu lama. 


Keempat, selain dalam bentuk pengawasan, orangtua juga bisa mencegah resiko negatif interaksi anak dalam teknologi digital dengan membuat aturan bersama anak. Aturan tersebut bisa berisi larangan dan konsekuensinya. Tapi, pastikan ajak anak untuk berdiskusi juga ya supaya terbangun kesepakatan dan kesadaran bersama. 


Kelima, cobalah untuk menjadi teman anak di media sosialnya. Dengan begitu, aktivitas dalam ranah media sosial mereka dapat lebih mudah terpantau. Keenam, orangtua juga bisa mencoba menjelajahi internet bersama anak. Misalnya seperti bermain game online bersama. 


Ketujuh, jadilah teladan yang baik untuk anak. Kalau ayah melarang adik bermain ponsel di meja makan tetapi ayah sendiri tetap bermain ponsel di meja makan, tentu adik akan protes dan tidak mendengarkan larangan ayah, bukan? Oleh karena itu, berilah contoh penggunaan teknologi yang baik kepada anak. 


Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula


____________________________________________________


Wah, ternyata seru sekali ya pembahasan webinar Queenrides “Merangkul Teknologi Mengasuh Anak di Era Digital”. Sobat Pijar sendiri termasuk kelompok yang addict terhadap gadget atau tidak, nih? Kalau iya, coba kurangi durasi bermain gadget dan terapkan perilaku bijak saat menggunakan teknologi digital, yuk! 


Tertarik untuk ikut webinar Queenrides dan Pijar Belajar lainnya? Pantau terus Instagram Pijar Belajar dan Queenrides untuk info webinar selanjutnya, ya! See you there!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image