pijarbelajar

Lainnya

Grand Launching Komunitas Orangtua Berpijar

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Grand Launching Komunitas Orangtua Berpijar image

Isi Artikel

Pada Rabu, 5 Oktober 2022, Pijar Belajar bersama dengan Fammi Indonesia dan Dinas Pendidikan Kota Bandung baru saja mengadakan Grand Launching Komunitas Orangtua Berpijar, lho. Grand Launching ini merupakan peresmian rangkaian event Komunitas Orangtua Berpijar yang akan berlangsung mulai tanggal 5 Oktober–Desember 2022. 


Tentunya, acara ini mendatangkan berbagai narasumber terbaik di bidang pendidikan dan parenting, yaitu Pathah Pajar Mubarok, M.Pd selaku Founder PANDAWA Praktisi Mindful Parenting dan Myrna Anissaniwaty, M.Psi., Psikolog selaku Psikolog Pendidikan dan Co Founder Rumah Kandara.


Tak ketinggalan, berbagai keynote speaker juga dihadirkan dalam acara ini, yaitu Dr. H. Hikmat Ginanjar, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Vidya Putri Priandiri selaku Product Owner Pijar Belajar, dan Muhammad Nur Awaludin selaku Co Founder dan CEO Fammi. 


Hayo, Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu Komunitas Orangtua Berpijar? Penasaran juga seperti apa acara Grand Launching ini? Yuk, cari tahu infonya di bawah ini! 


Kenalan dengan Komunitas Orangtua Berpijar


Proses pembelajaran tentunya tidak hanya melibatkan peran anak dan guru saja, tetapi juga peran orang tua. Berangkat dari pemikiran tersebut, Dinas Pendidikan Kota Bandung bekerjasama dengan Pijar Belajar dan Fammi Indonesia untuk membangun Komunitas Orangtua Berpijar. 


Dijelaskan oleh Kak Mumu atau Muhammad Nur Awaludin, Komunitas Orangtua Berpijar merupakan program pelatihan parenting untuk membantu orang tua mengoptimalkan perannya dalam mendukung proses belajar anak, khususnya di kota Bandung. Program ini akan berlangsung selama 3 bulan, mulai dari 5 Oktober sampai Desember 2022. 


Nah, Komunitas Orangtua Berpijar juga menghadirkan banyak program menarik, lho, mulai dari webinar online, seminar offline parenting road to school, kompetisi pelatihan online parenting intensif selama 3 bulan, hingga konsultasi tentang parenting dalam aplikasi Orangtua Berpijar. Menarik sekali, ya! 


Seluruh kegiatan program Komunitas Orangtua Berpijar ini dapat diakses melalui laman http://orangtuaberpijar.fammi.ly. Nah, kira-kira siapa saja, ya, yang bisa mengikuti program Komunitas Orangtua Berpijar ini? Tentunya banyak, dong


Program ini terbuka untuk seluruh komite orangtua dan perwakilan tingkat SD dan SMP di Kota Bandung, orangtua dari setiap sekolah, hingga perwakilan guru dan wali kelas. 


Bersama Peduli Proses Anak Belajar

Salah satu materi menarik yang dibahas dalam Grand Launching Komunitas Orangtua Berpijar adalah pembahasan mengenai support orangtua dalam proses anak belajar. Materi ini disampaikan oleh Bapak Pathah Pajar Mubarok, M.Pd selaku Founder PANDAWA Praktisi Mindful Parenting. 


Hal yang perlu digarisbawahi dalam pemaparan tersebut adalah cara orangtua menunjukkan kepeduliannya terhadap proses belajar anak. Orangtua bisa menunjukkan dukungannya dengan belajar memahami karakteristik anak, sekolah, mata pelajaran, serta guru, membuat kontrak perilaku antara orang tua dan anak, menyediakan waktu khusus untuk anak, dan membiasakan diri berdialog dengan anak. 


Selain itu, selama mendampingi proses anak belajar, orangtua juga perlu menerapkan sikap mindful. Mindful sendiri merupakan pola pikir untuk memfokuskan perhatian kepada momen yang tengah terjadi. 


Jadi, saat orangtua mendengarkan anak bercerita, perhatian orangtua hanya tertuju penuh pada cerita anak. Dengan begitu, anak akan merasa didengarkan dan kedekatan orangtua dengan anak semakin terjalin. 


Rahasia Mendidik Anak Hebat

Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan dari Ibu Myrna Anissaniwaty, M.Psi., Psikolog selaku Psikolog Pendidikan dan Co Founder Rumah Kandara. Ibu Myrna dalam hal ini menyampaikan bahwa salah satu cara orangtua dalam mendidik anak adalah dengan memahami hal-hal yang ia sukai, khususnya dalam belajar. 


Nah, orangtua bisa menilai proses belajar anak dengan memperhatikan kesukaan anak terhadap materi belajar, kecepatan anak memahami materi, hingga keinginan untuk mengulang materi tersebut. 


Selain itu, rahasia mendidik anak hebat lainnya juga bisa dilakukan dengan menjadi fasilitator dalam memenuhi kebutuhan belajar anak, tidak memaksakan proses pembelajaran pada anak, menanamkan pandangan bahwa belajar itu menyenangkan, dan juga komunikatif dengan anak. 


___________________________________________________


Begitulah keseruan Grand Launching Komunitas Orangtua Berpijar kemarin. Tentunya, selain acaranya seru, ada banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan. Antusiasme para peserta pun juga sangat terasa, lho, dalam sesi tanya jawab. 


Yuk, ikuti seluruh program Komunitas Orangtua Berpijar dalam laman resmi Komunitas Orangtua Berpijar dan rasakan berbagai manfaatnya. 


Orangtua Berpijar bersama peduli proses anak belajar!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved