pijarbelajar

Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya, Kenali Yuk!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya, Kenali Yuk! image

Setiap hari pasti Sobat Pijar melihat dengan tumbuhan, kan? Entah itu tumbuhan yang ada di halaman rumah, di jalanan, atau yang kita santap sebagai sayur-mayur sekalipun. Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Tapi, Sobat Pijar sudah tahu belum apa saja bagian tubuh tumbuhan? Lalu, bagian tubuh tumbuhan manakah yang berperan menopang tumbuhan?


Sama dengan manusia dan hewan, setiap bagian tubuh tumbuhan pasti ada fungsinya. Nah, di bawah ini kita akan mempelajari tentang bagian-bagian tubuh tumbuhan dan apa fungsi dari setiap bagian tubuh tumbuhan. Ini dia bagian bagian tumbuhan dan fungsinya (kelas 4 SD) yang perlu Sobat Pijar pelajari.


Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Pada Tumbuhan


Apa Saja Bagian Tubuh Tumbuhan?

Bagian tubuh tumbuhan secara umum terbagi menjadi akar, batang, dan daun. Hm… kira-kira bagian mana dari tumbuhan yang berperan untuk menyimpan makanan? Yuk, kita cari tahu bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya dengan lengkap!


Akar 

Akar merupakan bagian tumbuhan yang pada umumnya berada di bagian bawah tumbuhan. Biasanya akar berada di bawah tanah atau di media tanam lain yang digunakan untuk menanam tanaman tersebut. Tapi ada juga yang disebut dengan akar aerial atau akar udara, yaitu akar yang tumbuhnya di atas tanah, utamanya di atas air.


Fungsi akar sangat penting bagi tumbuhan, di antaranya adalah: 

  1. Menyerap air di dalam tanah agar tumbuhan tidak kekurangan air
  2. Menyerap mineral dari tanah dan meneruskannya ke batang
  3. Menyimpan nutrisi dan cadangan makanan, misalnya di tumbuhan wortel dan kentang
  4. Beberapa jenis akar tertentu berfungsi sebagai media pernapasan (respirasi), misalnya tumbuhan bakau
  5. Sebagai penopang tubuh tumbuhan agar bisa berdiri kokoh.


Struktur akar dibagi menjadi empat zona, yaitu tudung akar, meristem apikal, zona perpanjangan, dan rambut akar. Berikut ini penjelasan setiap bagiannya:

  1. Tudung akar: fungsinya membantu akar-akar baru menembus tanah. Saat akar masuk lebih dalam dan permukaannya berlendir, maka tudung akar akan terkelupas.
  2. Meristem apikal: berada di belakang tudung akar, fungsinya menghasilkan sel akar baru yang bentuknya memanjang. Lalu rambut akar akan terbentuk. 
  3. Zona perpanjangan: adalah daerah di mana sel-sel mengalami pemanjangan dan pembentangan. Zona ini dimulai sekitar 0.7 – 1.5 mm dari ujung akar. Fungsinya untuk mendorong ujung akar.
  4. Rambut akar: berfungsi menyerap air dan nutrisi mineral dari dalam tanah. 


Jenis akar secara umum terbagi menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Berikut ini penjelasan keduanya:

  1. Akar tunggang: adalah akar utama yang tumbuhnya secara vertikal dari biji tumbuhan. Akar ini ukurannya lebih besar dan lebih kuat daripada akar-akar cabangnya. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang umumnya adalah tumbuhan berkayu atau perdu. Contohnya adalah pohon wortel dan mangga. 
  2. Akar serabut: merupakan jenis akar yang bentuknya memiliki banyak serabut halus dan tumbuhnya dari bagian pangkal tanaman. Akar serabut biasanya terdapat pada jenis tumbuhan yang bentuknya semak atau pohon. Contohnya jagung, padi, dan kelapa. 


Batang

Batang merupakan salah satu dari organ dasar tumbuhan berpembuluh. Batang adalah sumbu tumbuhan. Semua organ tumbuhan lainnya bertumpu di batang dan tumbuh di sana. Daun dan akar dianggap sebagai perkembangan fisik dari batang. Batang terhubung langsung dengan akar yang berada di bawahnya. 


Batang pohon diliputi oleh kulit kayu dan ciri-cirinya bisa berbeda-beda, tergantung dari spesiesnya. Ciri-ciri batang adalah sebagai berikut:

  1. Pada umumnya berbentuk panjang dan bulat seperti silinder, walau ada juga yang bentuknya lain. 
  2. Terdiri dari ruas-ruas yang masing-masing dibatasi dengan buku-buku. 
  3. Pada umumnya tumbuh ke atas menuju cahaya matahari.
  4. Ujungnya selalu bertambah panjang, karena itu sering dikatakan bahwa batang pertumbuhannya tidak terbatas. 
  5. Pada umumnya tidak berwarna hijau, kecuali tumbuhan yang memiliki usia pendek, misalnya rumput saat batangnya masih muda.
  6. Batang bercabang dan selama tumbuhan masih hidup maka cabang tidak digugurkan, kecuali ranting yang berukuran kecil dan pada waktu-waktu tertentu. 


Struktur batang terdiri dari 4 jaringan, berikut ini detailnya:

  1. Epidermis: selapis sel yang tersusun rapat tanpa ada ruang antar sel. Fungsinya untuk melindungi batang dari kekeringan. 
  2. Korteks: terdiri dari parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Sel-sel korteks mengandung zat tepung. 
  3. Endodermis: lapisan pada batang yang menjadi batas antara korteks dan stele. Bentuknya berupa susunan sel-sel yang khas. 
  4. Stele: disebut juga silinder pusat, merupakan lapisan di batang yang terdiri dari perikambium dan berkas pengangkut. Perikambium merupakan lapisan terluar stele, sementara berkas pengangkut adalah bagian yang terdiri dari jaringan xilem dan floem. 


Sementara itu, fungsi batang adalah:

  1. Menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh. 
  2. Sebagai alat transportasi yang mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun. 
  3. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. 
  4. Penyokong daun, bunga dan buah untuk tumbuh.


Daun

Daun adalah organ tumbuhan yang tumbuhnya di ranting, biasanya berwarna hijau karena mengandung klorofil, dan fungsi utamanya adalah sebagai penangkap energi dari cahaya matahari yang digunakan untuk fotosintesis. Tumbuhan harus memasok kebutuhan energinya sendiri dalam melangsungkan hidup, karena itu fungsi daun pada tumbuhan sangat penting. 


Struktur daun yang sempurna terdiri dari pelepah, tangkai, dan helai daun. Pelepah daun merupakan bagian yang mendudukkan daun pada batang, Tangkai daun menjadi penghubung antara pelepah dengan helai daun. Sementara itu, helai daun adalah bagian terpenting daun yang menjalankan fotosintesis. Kerja daun yang dominan berlangsung di helai daun. 


Bentuk helai daun sangat beragam, tapi biasanya berupa helai atau lembaran, ada yang tebal dan ada yang tipis. Bentuknya ada elips, membulat, memanjang, atau berbentuk cuping. Perhiasan daun juga beragam. Ada yang ditumbuhi rambut-rambut kecil, ada yang di pangkal daunnya dihiasi daun penumpu, dan lain-lain. 


Fungsi daun di tumbuhan sangat penting, di antaranya adalah:

  1. Sebagai alat pernapasan tumbuhan
  2. Tempat terjadinya penguapan
  3. Tempat terjadinya proses fotosintesis
  4. Tumbuhan yang berkembang biak secara aseksual atau vegetatif, biasanya menggunakan daun sebagai alat berkembang biaknya. 


Supaya lebih paham tentang bagian tubuh tumbuhan, berikut ini gambar bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya: 



______________________________________________________________


Baca juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan: Perbedaan, Tahapan, dan Faktor yang Mempengaruhinya


Nah, itu dia bagian tubuh tumbuhan, terutama akar, batang, dan daun. Kalau Sobat Pijar tertarik ingin mendapatkan lebih banyak tentang topik ini, seperti apa saja bagian-bagian bunga dan mendapatkan ppt bagian tumbuhan dan fungsinya, yuk langsung meluncur ke Pijar Belajar.


Bukan hanya fungsi tumbuhan saja, temukan juga topik IPA lainnya dan juga topik mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, dan lain-lain. Penjelasan dari Pijar Belajar lengkap dan mudah dicerna! Yuk, download Pijar Belajar sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved