pijarbelajar

Universitas

3 Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Jakarta - SNBP, SNBT dan Jalur Mandiri

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

3 Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Jakarta - SNBP, SNBT dan Jalur Mandiri image

Salah satu universitas keguruan yang ada di Jakarta adalah Universitas Negeri Jakarta. Apakah kamu salah satu yang berminat kuliah di sana? Lantas, bagaimana alur pendaftaran Universitas Negeri Jakarta itu, ya? 


Universitas Negeri Jakarta atau yang dikenal dengan nama UNJ adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Rawamangun, Jakarta Timur. Kampus berwarna panji hijau tua kebiruan ini berdiri pada tahun 1964 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta). 


Saat ini, terdapat tiga jalur pendaftaran Universitas Negeri Jakarta yang bisa kamu coba, yaitu SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. Yuk, kenalan sama ketiganya! 


Baca juga: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): Sejarah, Lokasi, Fakultas, dan Biaya Kuliah



Tentang Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang dulunya bernama IKIP Jakarta, muncul dan dikenal di indonesia sebagai institut pengembang  ilmu pendidikan dan non pendidikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan UNJ berhasil mencetak banyak guru berkualitas. 


Kemudian, pada 4 Agustus 1999 nama IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara. 


Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Jakarta

Pendaftaran Universitas Negeri Jakarta terdiri dari tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Jalur Mandiri. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:


1. SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

SNBP, atau yang dulunya dikenal dengan nama SNMPTN, merupakan proses seleksi pendaftaran universitas negeri Jakarta yang dilakukan berdasarkan nilai rapor, portofolio dan prestasi lainnya. Prestasi yang dimaksud dapat berupa prestasi akademik atau nonakademik. 


Seleksi ini ditentukan dengan melihat jumlah komponen nilai minimal 50% dari rerata nilai rapor semester 1-5 dan maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat dengan menghitung nilai rapor paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju.


2. SNBT 

Berbeda dengan SNBP yang tanpa tes, SNBT mengandalkan tes dari empat subtes, yaitu Tes Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Bahasa Inggris. Nantinya kamu akan mendapatkan skor hasil dari pengerjaan UTBK SNBT-mu. Nah, skor itulah yang akan kamu gunakan saat mendaftar PTN nanti. 


Informasi seputar SNBT bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya. 


3. Jalur Mandiri

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Jakarta merupakan seleksi masuk yang dibuka langsung oleh pihak universitas. Nah, jalur mandiri di UNJ ini terdiri dari tiga jenis, yaitu Mandiri Ujian Tulis, Mandiri Prestasi, dan Mandiri Pindahan. 

  • Mandiri Ujian Tulis adalah seleksi mandiri yang dilaksanakan secara individu oleh pihak kampus berdasarkan hasil seleksi tes tulis. Jalur mandiri ujian tulis UNJ menerapkan tes yang berjenis tps, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan literasi bahasa inggris, serta ujian keterampilan khusus program studi yang mewajibkan ujian keterampilan.
  • Mandiri Prestasi adalah seleksi mandiri secara individu oleh UNJ berdasarkan prestasi yang pernah diraih dengan perolehan minimal, sebagai peserta yang mewakili Indonesia di tingkat internasional, juara 1, 2 dan 3 tingkat nasional dan penghafal Al-quran 30 juz.
  • Mandiri Pindahan adalah seleksi mandiri berdasarkan hasil Mandiri Ujian Tulis dan nilai pada program studi lama akan dikonversikan ke program studi baru bila terdapat kesamaan mata kuliah.


____________________________________________________________


Baca juga: Informasi Penting Seputar Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta


Nah, itu tadi ulasan singkat tentang UNJ dan jalur pendaftaran universitas negeri Jakarta yang bisa bermanfaat untuk Sobat Pijar di rumah. Dari seluruh pendaftaran UNJ di atas, salah satu jalur masuk yang cukup banyak diminati dan memiliki peluang besar adalah UTBK SNBT. 


Hal tersebut dikarenakan pihak UNJ menyediakan kuota penerimaan paling banyak melalui jalur SNBT. Selain itu, UTBK SNBT juga terbuka untuk seluruh calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Makanya, peluang penerimaannya jadi lebih besar, deh


Nah, supaya kamu berhasil lolos UTBK SNBT, ada baiknya kamu mulai belajar sejak dini, nih. Ayo, mulai mengatasi tantangan soal UTBK SNBT bersama Pijar Belajar


Lewat Aplikasi Pijar Belajar, kamu dapat berlatih menjawab latihan soal UTBK SNBT kapan saja dan di mana saja, lho. Bahkan, tersedia rangkuman materi yang bisa kamu akses setiap saat. Sungguh lengkap, bukan? 


Unduh segera Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk memulai proses belajarmu!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved