pijarbelajar

Universitas

Informasi Penting Seputar Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Informasi Penting Seputar Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta image

Halo Sobat Pijar! Selain jalur SNBP dan SNBT, ternyata UPN Veteran Jakarta juga membuka jalur mandiri yang bisa kamu ikuti, lho. Sesuai dengan namanya, jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang dibuka secara mandiri oleh pihak universitas untuk seluruh calon mahasiswa. 


UPN Veteran Jakarta sendiri membuka kuota 30% dari total daya tampung untuk calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Dengan begitu, jalur mandiri bisa banget menjadi salah satu peluang untuk Sobat Pijar yang mau kuliah di UPN Veteran Jakarta. 


Hm.. kira-kira seperti apa ujian mandiri UPN Veteran Jakarta itu? Coba simak penjelasan di bawah ini, yuk! 


Baca juga: Informasi Ujian Mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM)


Apa itu Jalur Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta?

Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta merupakan salah satu jalur masuk yang dibuka oleh UPN Veteran Jakarta. Buat kamu yang ingin masuk melalui jalur ini, perlu diketahui kalau ada dua jalur ujian mandiri yang bisa kamu pilih, yaitu jalur akademik dan jalur prestasi. 


Jalur akademik ujian mandiri UPN Veteran Jakarta merupakan jalur ujian mandiri yang menggunakan nilai UTBK SNBT dan hasil nilai Ujian Bela Negara Tahun 2023 sebagai kriteria kelulusan SEMA UPNVJ. Kemudian, jalur prestasi ujian mandiri UPN Veteran Jakarta menggunakan penilaian prestasi akademik dan non akademik. 


Jalur prestasi ini terbuka untuk peraih prestasi di bidang-bidang berikut ini:

  • Prestasi di bidang sains, olahraga, dan seni untuk Sobat Pijar yang meraih peringkat 1 sampai 3 tingkat nasional dan internasional dalam tiga tahun terakhir, 
  • Prestasi hafiz Al-Quran minimal 20 juz, 
  • Ketua osis dengan jabatan paling sedikit satu periode, 
  • Konten kreator dengan subscriber paling sedikit 10.000. 


Ketentuan Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta

Nah, kalau kamu berminat mengikuti seleksi mandiri UPN Veteran Jakarta, berikut beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. 

  1. Pendaftar SEMA UPNVJ berasal dari peserta UTBK-SNBT Tahun 2023.
  2. Pendaftar yang tidak memilih program studi di UPN “Veteran” Jakarta pada SNBT Tahun 2023 tetap dapat mengikuti SEMA UPNVJ Tahun 2023.
  3. Pendaftar dapat memilih program studi yang sama dengan atau berbeda dari pilihan pada SNBT Tahun 2023 (Merdeka Bertanggung jawab).
  4. Pendaftar hanya dapat memilih 2 (dua) program studi.
  5. Biaya pendaftaran SEMA UPNVJ sebesar Rp375.000,00 (Tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah). Pembayaran dapat dilakukan di Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Bank Tabungan Negara (BTN) melalui teller, ATM, m-banking, dan/atau internet banking. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada tautan https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran


Pendaftaran Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta

Lalu, berikut adalah tata cara pendaftaran Ujian Mandiri UPN Veteran Jakarta. Catat, ya! 

  1. Pendaftar memasukan nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, nomor peserta UTBK - SNBT Tahun 2023, NISN, NPSN, nomor telepon seluler, dan alamat email untuk mendapatkan Nomor Formulir dan Personal Identification Number (PIN). Pastikan menggunakan alamat email dan nomor telepon seluler yang aktif.
  2. Pendaftar akan diminta konfirmasi data UTBK – SNBT Tahun 2023. Jika sesuai maka dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan klik tombol “Simpan”. Jika tidak sesuai maka Pendaftar diminta untuk mengecek kembali data pendaftaran UTBK – SNBT Tahun 2023.
  3. Pendaftar akan diberikan informasi mengenai Nomor Formulir dan PIN yang akan dikirimkan melalui email. Namun demikian, Pendaftar harap tetap mencatat dan menyimpan Nomor Formulir dan PIN (Foto/screenshot).
  4. Pendaftar melakukan pembayaran melalui BNI, BSI dan atau BTN untuk mengaktifkan PIN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.
  5. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Mengunggah pas foto;
  • Mengisi data pribadi yang meliputi Biodata dan data orangtua atau wali;
  • Mengisi data asal sekolah;
  • Memilih program studi pilihan 1 dan 2 (Merdeka Bertanggung Jawab);
  • Memilih jalur seleksi (Akademik atau Prestasi);
  • Mengunggah dokumen seleksi (untuk Jalur Prestasi);
  • Menyatakan kesanggupan pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI);
  • Mengunduh, mencetak, mengisi, dan mengunggah surat pernyataan kesanggupan membayar SPI dan UKT;
  • Memeriksa data yang telah diisi. Jika sudah sesuai maka klik “Finalisasi”. Jika sudah klik” Finalisasi” maka data akan terkunci dan tidak dapat di edit. Pastikan data yang diisi benar;
  • Mencetak Kartu Peserta Pendaftaran SEMA UPNVJ; dan
  • Mencetak Kartu Peserta Ujian SEMA UPNVJ sesuai jadwal


Baca juga: Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sumatera | Persyaratan dan Cara Mendaftar

_____________________________________________________________________


Itu dia informasi penting seputar ujian masuk UPN Veteran Jakarta yang perlu diperhatikan saat mengikuti proses seleksi di kampus ini. Yuk, mulai persiapkan diri sedini mungkin untuk lulus seleksi masuk PTN bareng Pijar Belajar. 


Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang memiliki banyak konten pembelajaran untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Nah, kamu bisa banget menggunakan konten pembelajaran itu untuk latihan mengerjakan soal atau menambah wawasan. 


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar bareng Pijar Belajar, yuk! 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved