pijarbelajar

Universitas

Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sumatera | Persyaratan dan Cara Mendaftar

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sumatera | Persyaratan dan Cara Mendaftar image

Dalam memilih perguruan tinggi, terdapat beberapa cara yang bisa Sobat Pijar pilih. Salah satunya adalah jalur seleksi mandiri. Berbeda dengan SNBP dan SNBT yang diadakan oleh pemerintah, seleksi mandiri justru dibuka langsung oleh perguruan tingginya. Nah, buat kamu yang tertarik masuk Institut Teknologi Sumatera (ITERA), kamu juga bisa coba jalur mandiri di ITERA, lho


Namun, berbeda dengan jalur seleksi mandiri lainnya yang langsung dinaungi universitas, ITERA membuka jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan serentak bersama perguruan tinggi negeri lainnya di wilayah barat. Jalur seleksi mandiri ini disebut dengan nama Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM - PTN Barat). 


Wah, seperti apa, ya, tata cara, waktu pelaksanaan, dan ketentuannya? Yuk, kita kupas tuntas informasi lengkap seputar seleksi mandiri di Institut Teknologi Sumatera. 


Baca juga: Biaya Kuliah di Institut Teknologi Sumatera (ITERA)


Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM - PTN Barat) ITERA

Nah, seperti yang sebelumnya sudah diinformasikan, SMM = PTN Barat merupakan seleksi mandiri yang dilaksanakan serentak dengan PTN lainnya yang berlokasi di wilayah Indonesia Barat. Pelaksanaan seleksi ini dinaungi oleh panitia SMM = PTN Barat. 


Sama seperti SNBT, kamu juga akan diuji melalui tes tertulis dalam pelaksanaan SMM - PTN Barat nanti. Terdapat dua kelompok soal yang akan diujikan dalam seleksi mandiri ITERA, yaitu: 


  • Kelompok Ujian Saintek, meliputi materi TPS, Bahasa Inggris,dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. 
  • Kelompok Ujian Soshum, meliputi materi  TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. 


Lantas, seperti apa, ya, tata cara dan jadwal pelaksanaan seleksi mandiri ITERA ini? Simak terus penjelasan berikut ini, ya. 


Persyaratan Seleksi Mandiri ITERA 


Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi mandiri ITERA atau SMM - PTN Barat, berikut beberapa persyaratan yang perlu kamu persiapkan: 


  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang–kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  • Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  • Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2020, 2021, dan 2022 kecuali untuk beberapa universitas:
  • UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022);
  • ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2013 sampai dengan 2022 dan Paket C maksimal umur 35 tahun; dan
  • UPR 3 tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022) untuk fakultas lainnya dan paket C maksimal umur 25 tahun.


Cara Mendaftar Seleksi Mandiri ITERA

Seleksi Mandiri ITERA atau SMM - PTN Barat menerapkan biaya registrasi sebesar Rp350.000 untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri di ITERA. Dikutip langsung dari laman resmi Institut Teknologi Sumatera, berikut cara mendaftar seleksi mandiri di ITERA. Catat, ya! 


  • Pendaftaran SMM PTN–BARAT 2022 dilakukan secara online.
  • Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  • Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 27 Juni 2022, pukul 16:00 WIB. 
  • Kemudian, bagi para peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  • Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.


_________________________________________________________________


Baca juga: Daftar Jurusan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA)


Itu dia Sobat Pijar, serba serbi seputar seleksi mandiri di ITERA yang bisa kamu coba. Yuk, persiapkan dirimu sejak dini untuk menaklukkan soal-soal seleksi mandiri bareng Pijar Belajar! Kamu bisa banget mulai mengakses Pijar Belajar dengan klik banner di bawah ini. Yuk, coba!


Selain itu, pastikan kamu juga download Pijar Belajar, ya, supaya kamu bisa belajar kapan pun dan dimana pun dengan mudah!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved