pijarbelajar

Universitas

Universitas Airlangga: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Universitas Airlangga: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah image

Universitas Airlangga merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia. Universitas ini memiliki sejarah panjang dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Nama universitas ini terinspirasi dengan nama Raja terkenal dari Jawa, yaitu Airlangga. 


Universitas ini menjadi salah satu universitas dengan peringkat terbaik di Indonesia dan sangat layak untuk diperhitungkan. Inilah beberapa hal terkait dengan Universitas Airlangga sebelum kamu mendaftar di sekolah ini. 


Baca juga: Cara Menghitung Skor UTBK SNBT, Mudah!


Sejarah Universitas Airlangga 

Sejarah berdirinya Universitas Airlangga (Unair) berkaitan dengan cerita masa lalu saat Belanda menjajah Indonesia. Pemerintah Kolonial Belanda memutuskan untuk mendirikan sekolah tinggi kedokteran pertama di Surabaya bernama Nederlandsch-Indische Artsen School (NIAS) pada tahun 1913. 


Sekolah tersebut dipimpin oleh Dr. A.E Sitsen. Pada 1942, saat tentara Jepang menguasai Indonesia, NIAS ditutup oleh pemerintah Jepang. Kemudian, sekolah ini dibuka kembali tahun 1943 dengan nama yang berbeda, yaitu Ika Daigaku yang kemudian dipindah ke Jakarta. 


Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia mulai memperhatikan pendidikan di Indonesia. Akhirnya, Ir. Soekarno memutuskan untuk mendirikan sebuah universitas baru yang dinamakan Universitas Airlangga di Surabaya. Pendirian universitas ini diresmikan pada Rabu, 10 November 1954. Pidato Muhammad Yamin mengawali proses pendirian universitas ini. 


Universitas Airlangga menjadi universitas pertama setelah bubarnya RIS. Universitas ini meneruskan sekolah NIAS yang terbengkalai saat Indonesia merdeka. 


Lokasi Universitas Airlangga

Dimanakah sebenarnya lokasi Universitas Airlangga ini? Pastinya kamu penasaran ya. Mari kita kulik lokasi universitas ini.


Universitas Airlangga mengambil lokasi sekolah NIAS. Universitas Airlangga lokasinya berada di kota Surabaya, salah satu kota terbesar di Indonesia, Jawa Timur. Alamatnya ada di Jl. Airlangga No. 4-6, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Kamu bisa segera mengecek maps dan melihat lokasinya ada dimana. 


Fakultas dan Jurusan Universitas Airlangga

Awalnya jurusan di Universitas Airlangga tidaklah banyak. Universitas ini hanya mempunyai 5 fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sastra, dan Hukum. Tentu saja, hal ini membuat jurusan di universitas ini menjadi terbatas.

 

Saat ini ada beberapa fakultas dengan jurusan di Unair seperti berikut. 


1. Fakultas Ekonomi Bisnis

Fakultas ini terdiri dari beberapa jurusan yaitu, Ilmu Ekonomi , Ilmu Ekonomi Syariah, Manajemen dan Akuntansi. 

 

2. Fakultas Farmasi 

Selanjutnya adalah Fakultas Farmasi. Fakultas ini terdiri dari jurusan Farmasi, Profesi Ilmu Farmasi, 

Magister Ilmu Farmasi dan Magister Farmasi Klinik.

 

3. Fakultas Kedokteran Hewan 

Fakultas lainnya adalah Fakultas Kedokteran Hewan yang terdiri dari beberapa jurusan seperti Pendidikan Profesi Dokter Hewan dan Program Studi Magister dan Doktoral

 

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di Universitas Airlangga terdiri dari beberapa jurusan seperti Antropologi, Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Sosiologi.

 

5. Fakultas Sains dan Teknologi 

Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari jurusan Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi.

 

6. Fakultas Vokasi 

Fakultas Vokasi di Universitas Airlangga ini menjadi fakultas favorite oleh para mahasiswa. Fakultas ini terdiri dari jurusan Bisnis, Kesehatan, dan Teknik.

 

7. Fakultas Pasca Sarjana 

Selanjutnya, untuk jurusan pasca sarjana, Universitas Airlangga memiliki tiga jurusan yaitu S2 Program Magister, S3 Program Doktor, dan Executive Program.

 

8. Fakultas Psikologi 

Sementara itu untuk fakultas Psikologi terdiri satu jurusan saja yaitu Psikologi. 

 

9. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat 

Sementara itu untuk Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, fakultas ini memiliki jurusan S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Gizi, S1 Kesehatan Masyarakat PSDKU di Banyuwangi. S2 Kesehatan Masyarakat

S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, S2 Kesehatan dan Keselamatan Kerja S2 Kesehatan Lingkungan, S2 Epidemiologi, dan S3 Kesehatan Masyarakat.

 

10. Fakultas Ilmu Budaya

Sedangkan untuk Fakultas Ilmu Budaya, Universitas ini memberikan pilihan beberapa jurusan seperti Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris , dan Ilmu Sejarah Studi Kejepangan 

 

11. Fakultas Keperawatan 

Fakultas favorite lainnya adalah Fakultas Keperawatan yang terdiri dari Keperawatan Dasar dan Keperawatan Lanjut

 

12. Fakultas Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Kelautan ini terdiri dari Akuakultur (S1), Akuakultur (PSDKU Banyuwangi) (S1), Teknologi Hasil Perikanan (S1), Bioteknologi Perikanan dan Kelautan (S2), dan Ilmu Perikanan (S2)

 

13. Fakultas Kedokteran 

Fakultas paling populer di Universitas Airlangga ini adalah Fakultas Kedokteran yang terdiri dari S1 Kedokteran, Program Pasca Sarjana, Program Studi Spesialis 1, dan Program Studi Spesialis 2



Keunggulan Universitas Airlangga

Kehadiran Universitas Airlangga di dunia pendidikan Indonesia membantu meningkatkan standar yang ada. Hal ini membuktikan universitas ini mampu berbicara banyak di kancah nasional maupun internasional. Universitas ini masuk ke dalam top ten universitas terbaik di Indonesia. 


Kuliah di Unair adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah. Kenapa ya? Tentu saja ada beberapa alasan yang mendasarinya. Contohnya seperti dibawah ini. 


1. Kampus Top dan Terbaik 

Bersama dengan beberapa kampus lainnya di Indonesia, Unair menempati sepuluh besar universitas di Indonesia secara nasional bersama UI, UGM, IPB, Universitas Brawijaya, UNDIP, dan UNS. Kualitasnya pasti sangat bagus dan mampu menciptakan mahasiswa berprestasi. 


2. Jurusan Kedokteran Terbaik 

Sejarah berdirinya Unair tak lepas dari jurusan kedokteran. Unair ini memiliki jurusan kedokteran terbaik di Jawa bagian tengah dan timur. Terlebih, program ini menawarkan beasiswa bagi calon mahasiswa. 


3. Lokasi Strategis 

Tempat kuliah yang baik ya pasti di Universitas Airlangga. Lokasi universitas ini berada di kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya. Sedangkan kampus lainnya ada di Banyuwangi ya. 


4. Fasilitas Lengkap 

Unair ini juga menawarkan fasilitas pendidikan yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 


5. Program Keagamaan 

Unair ini mempunyai program keagamaan yang bisa kamu ikuti seperti program membaca Al Quran dan Al Kitab. 


Pendaftaran Kuliah Universitas Airlangga

Setelah puas dengan beberapa keunggulan dari Unair, saatnya mengulik pendaftaran kuliah di UNS. Universitas Airlangga membuka empat jalur pendaftaran yang bisa kamu pilih. Keempat jalur tersebut adalah SNBP, SNBT, Seleksi Mandiri, dan Seleksi Mandiri Kemitraan. 


1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Jalur masuk Unair pertama yang bisa kamu ikuti adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP. Jalur SNBP ini terbuka untuk semua siswa di Indonesia dan menggunakan seleksi nilai rapor ya. Biasanya pendaftaran dan seluk beluk SNBP ini akan disampaikan oleh pihak sekolah. Adapun, lini masa SNBP sebagai berikut: 

  • Penetapan Siswa Eligible : 03 Januari – 08 Februari 2023
  • Pengisian PDSS : 09 Januari – 09 Februari 2023
  • Pendaftaran SNBP : 14 – 28 Februari 2023
  • Pengumuman Hasil SNBP : 28 Maret 2023



2. UTBK-SNBT

Pendaftaran Universitas Airlangga selanjutnya adalah UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Berbeda dengan SNBP, SNBT merupakan seleksi masuk melalui tes. Umumnya pelaksanaan SNBT diadakan setelah pengumuman SNBP. 


Buat kamu yang mau ikut SNBT, seleksi masuk ini menerapkan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000. Berikut lini masa SNBT 2023: 

  • Registrasi : 16 Februari – 3 Maret 2023
  • Pendaftaran UTBK – SNBT : 23 Maret – 14 April 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 08 - 14 Mei 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22 - 28 Mei 2023
  • Pengumuman Hasil UTBK : 20 Juni 2023


3. Seleksi Mandiri Unair 

Kalau Sobat Pijar kurang beruntung di SNBP dan SNBT, tenang saja, masih ada jalur seleksi mandiri Unair yang bisa kamu ikuti. Seleksi Mandiri Unair ini terbuka untuk seluruh calon mahasiswa di indonesia, ya. Berikut tanggal penting seleksi mandiri Unair: 

  • Pendaftaran: 29 Mei - 5 Juli 2023
  • Verifikasi Pendaftaran : 29 Mei – 6 Juli 2023
  • Pembayaran : 29 Mei – 6 Juli 2023
  • Ujian : 10-13 Juli 2023
  • Pengumuman : 21 Juli 2023


4. Seleksi Mandiri Kemitraan Jalur Ujian Tulis 

Terakhir, Universitas Airlangga juga membuka jalur seleksi mandiri kemitraan. Nah, dalam seleksi mandiri kemitraan ini, tidak semua calon mahasiswa bisa mendaftar, ya. Hanya calon mahasiswa yang direkomendasikan langsung oleh pihak Unair yang bisa mendaftar. Berikut timeline pelaksanaan seleksi mandiri kemitraan Unair: 

  • Pendaftaran: 29 Mei - 5 Juli 2023
  • Verifikasi Pendaftaran : 29 Mei – 6 Juli 2023
  • Pembayaran : 29 Mei – 6 Juli 2023
  • Ujian : 10-13 Juli 2023
  • Pengumuman : 21 Juli 2023



Biaya Kuliah Universitas Airlangga

Biaya masuk SNMPTN ini gratis karena untuk menyaring calon mahasiswa terbaik dari keluarga yang kurang mampu. Bukan berarti biaya kuliah di universitas ini gratis semua. Biaya kuliah Universitas Airlangga Surabaya bermacam-macam tergantung jurusannya. Biasanya mahasiswa yang masuk di universitas ini dari jalur SNMPTN/SBMPTN dikenakan biaya UKT dari Rp0–Rp25.000.000. 


Sementara itu, bagi kamu yang masuk lewat Seleksi Mandiri dikenakan biaya sumbangan pembangunan Institusi biasanya berkisar Rp25.000.000–Rp99.000.000 tergantung kemampuan dan jurusan. Kemudian, kamu juga akan dikenakan biaya UKT sebesar Rp6.000.000–Rp15.000.000. 


__________________________________________________________________


Baca juga: Ujian Mandiri UNDIP (Universitas Doponegoro): Persyaratan, Jadwal Seleksi, dan Materi Ujian



Nah, itu dia penjelasan lengkap seputar Universitas Airlangga yang perlu kamu tahu. Kalau kamu ingin tahu informasi lebih lengkap tentang Unair, kamu bisa banget membaca artikel lainnya di Pijar Belajar atau mengulik informasi lainnya di website resmi Universitas Airlangga. 


Yuk, mulai persiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi tes masuk PTN bareng Pijar Belajar! Pijar Belajar merupakan aplikasi bimbel online yang menyediakan berbagai konten pembelajaran untuk siswa SMA, SMP, dan SD. Nah, konten pembelajaran itu pastinya lengkap banget, dong, mulai dari latihan soal, pembahasan, rangkuman, sampai video materi. 


Keren banget, kan? Yuk, download Pijar Belajar!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved