pijarbelajar

Universitas

Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta - Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaannya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta - Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaannya image

Kamu bercita-cita menjadi seorang guru? Kalau iya, salah satu rekomendasi PTN yang cocok untukmu adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Nah, UNJ ini memiliki banyak jalur masuk yang bisa kamu pilih, lho. Salah satunya adalah Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta. 


Dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau kasih tahu kamu semua hal terkait Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta, nih, mulai dari ketentuan, persyaratan, hingga jadwal pelaksanaannya. Yuk, coba simak penjelasannya di bawah ini. 


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2023


Sekilas Tentang Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Ujian mandiri Universitas Negeri Jakarta atau Penerimaan Mahasiswa Baru (PENMABA) UNJ merupakan jalur masuk mandiri yang dilakukan secara mandiri oleh pihak UNJ. Jadi, segala ketentuan, pengelolaan, hingga seleksi tesnya dilaksanakan langsung oleh pihak kampus. 


Nah, PENMABA UNJ ini terbagi menjadi dua seleksi lagi, yaitu mandiri ujian tulis dan mandiri ujian keterampilan. Mandiri ujian tulis merupakan seleksi mandiri dengan mengerjakan soal-soal UTBK. Materi yang diujikannya juga mirip, nih, dengan UTBK SNBT, yaitu Tes Pengukuran Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi Bahasa Indonesia, dan Literasi Bahasa Inggris. 


Kemudian, ada juga mandiri ujian keterampilan. Ujian mandiri ini dikhususkan untuk peserta yang memilih semua jurusan Program Studi Olahraga, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Seni Rupa. Jadi, dalam mandiri ujian keterampilan ini setelah mengikuti seleksi UTBK PENMABA UNJ, kamu wajib mengikuti seleksi lanjutan terkait dengan bidang yang kamu pilih. 


Materi tes keterampilan olahraga terdiri atas tes ketahanan fisik, ketangkasan olahraga, maupun tes lain yang terkait dengan bidang olahraga. Kemudian, untuk bidang seni akan menyesuaikan dengan program studi yang dipilih. 


Ketentuan Umum dan Khusus Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta (PENMABA UNJ)

Buat kamu yang berminat mengikuti Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta, berikut ketentuan umum dan khusus yang harus diperhatikan. 


Ketentuan Umum

  • Hanya untuk lulusan SMA/sederajat tiga tahun terakhir (2023, 2022, dan 2021).
  • Ujian tulis menggunakan computer (CBT).
  • Peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.
  • Peserta dibolehkan memilih maksimal 2 program studi dan boleh lintas minat.
  • Penmaba mandiri UNJ tidak menggunakan nilai UTBK maupun nilai rapor.


Ketentuan Khusus

Jika kamu memilih salah satu dari program studi yang memiliki uji keterampilan, diantaranya semua Prodi Olahraga, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik, dan Pendidikan Seni Rupa, maka: 

  • Wajib mengikuti ujian secara offline pada Jumat, 7 Juli 2023 dan dilanjutkan dengan ujian keterampilan pada Sabtu, 8 Juli 2023 di Universitas Negeri Jakarta.
  • Jika Anda tidak memilih program studi yang memiliki ujian keterampilan (poin 1) dan berdomisili di pulau Jawa, maka Anda wajib mengikuti ujian secara offline yang berlokasi di Universitas Negeri Jakarta atau kota Cirebon.
  • Jika Anda tidak memilih program studi yang memiliki ujian keterampilan (poin 1) dan berdomisili di luar pulau Jawa, maka Anda dapat mengikuti ujian secara online (dirumah) atau offline yang berlokasi di Universitas Negeri Jakarta / kota Cirebon.
  • Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU) di UNJ diisi oleh peserta pada saat mendaftar PENMABA Mandiri UNJ secara sukarela, dan SPU tidak menjadi penentu kelulusan.


Cara Mendaftar Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Sebelum masuk ke pembahasan ujian mandiri Universitas Negeri Jakarta, pastinya kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Prosesnya tidak sulit, yaitu :

  1. Membuat akun, di situs resmi UNJ, di unj.ac.id. Lakukan dengan mengisi formulir isian “Buat Akun Saya”. Pastikan alamat email dan nomor HP yang kamu masukkan benar dan aktif.
  2. Melakukan proses login, dan memilih prodi yang diinginkan. Jangan lupa mencetak kartu tagihan.
  3. Membayar tagihan, kal ini lakukan pembayaran, di salah satu lembaga keuangan yang ditunjuk, ata teknik pembiayaan yang ada. 
  4. Kembali melakukan login, dan mulai mengisi biodata, lengkapi juga dengan foto raport serta portofolio.
  5. Kembali pada data yang sudah diberikan, pastikan data yang sudah diberikan benar adanya, dan tidak ada yang salah.
  6. Cetak kartu peserta PENMABA.
  7. Mengikuti ujian seleksi.
  8. Menungu pengumman PENMABA baik untuk Si atau juga D4. 

  

Kuota Penerimaan Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta telah menetapkan kuota penerimaan berbeda-beda untuk tiap jalur masuknya, nih. Berikut kuota penerimaan Ujian Mandiri Universitas Negeri Jakarta yang perlu kamu tahu:

  1. Kuota mahasiswa baru, untuk jenjang Sarjana / S-1, untuk jalur mandiri sekitar 30%, dari total kuota mahasiswa baru yang ada.
  2. Untuk kuota mahasiswa baru jenjang Sarjana terapan atau D-IV, sekitar 100%.


_____________________________________________________________


Baca juga: Intip Biaya Kuliah Universitas Gadjah Mada


Itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar ujian mandiri Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Di samping mempersiapkan diri dari informasi pendaftaran, ada baiknya kamu juga mulai mempersiapkan diri dari segi pemahaman dan pengetahuan, nih


Kalau soal itu, tentu saja Pijar Belajar selalu siap sedia untuk membantu kamu! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan latihan soal, rangkuman, hingga video materi pelajaran SMA dan UTBK SNBT. Jadi, kamu nggak perlu repot mempersiapkan bahan belajar karena semua sudah tersedia di Pijar Belajar!


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar! 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved