pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Struktur Surat Pribadi dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas VII

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Struktur Surat Pribadi dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas VII image

Apakah kamu pernah menulis surat pribadi untuk temanmu? Dengan kemajuan teknologi saat ini, siapapun bisa dengan mudah berkirim pesan melalui perangkat HP. Meski begitu, coba deh sekali-kali mengirim surat pribadi secara manual. Tapi sebelumnya, kamu perlu mengetahui struktur surat pribadi.


Jika kamu ikut komunitas sahabat pena, pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan surat menyurat yang dikirimkan melalui pos. Kegiatan surat menyurat sendiri merupakan hal yang lumrah dilakukan, seperti di tahun 90-an atau sebelum teknologi internet berkembang seperti sekarang.


Surat pribadi biasanya dikirimkan kepada teman, sahabat, atau kerabat dan keluarga. Karena isinya berupa hal-hal yang sifatnya pribadi, maka disebut dengan surat pribadi. Tentunya surat pribadi berbeda dengan surat resmi. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang surat pribadi, ikuti ulasan berikut.


Baca juga: Struktur Teks Diskusi, Pengertian, Ciri, dan Contohnya


Pengertian Surat Pribadi

Sebelum membahas tentang struktur surat pribadi, sebaiknya pahami dulu apa pengertian dari surat pribadi tersebut. Surat pribadi atau personal letter merupakan sebuah surat yang ditujukan kepada orang lain untuk menyampaikan pesan tertentu secara pribadi. Jadi isi suratnya bersifat pribadi ya.


Hal ini sangat berbeda dengan surat resmi atau surat dinas yang isinya bersifat resmi dan ditujukan kepada instansi, publik maupun swasta. Jika dilihat dari segi bahasanya, surat pribadi menggunakan bahasa yang bersifat tidak baku sedangkan surat resmi menggunakan bahasa baku.


Tapi bisa saja surat pribadi menggunakan bahasa baku, sesuai dengan konteks dan keperluannya. Karena bagaimanapun juga dalam menulis sebuat surat tetap ada etikanya sehingga perlu menggunakan bahasa yang sopan. Namun tentu saja disesuaikan dengan keinginan penulis.


Dapat dikatakan bahwa surat pribadi merupakan sebuah bentuk komunikasi interaktif antara dua orang, yaitu pengirim dan penerima surat. Isinya bisa berupa menanyakan kabar, keperluan pribadi, permintaan, dan komunikasi pribadi lainnya.


Ciri-Ciri Surat Pribadi

Lalu apa saja yang ciri-ciri surat pribadi? Jika kamu menyimak pembahasan tentang pengertian surat pribadi, kamu pasti bisa mengetahui ciri-ciri yang ada di dalamnya. Tapi agar lebih jelas, berikut ini beberapa ciri surat pribadi yang perlu diketahui:

  1. Tidak menggunakan kop surat maupun nomor surat seperti yang biasa dicantumkan pada surat resmi.
  2. Kata sapaan yang digunakan pada salam pembuka dan penutup bersifat personal dan lebih santai.
  3. Menggunakan kalimat yang tidak terlalu resmi dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, namun tetap sopan dan gampang dipahami.
  4. Format penulisannya bebas sesuai keinginan dan keperluan penulisnya.


Unsur Surat Pribadi

Meskipun dari segi format penulisannya terbilang bebas sesuai keinginan penulis, namun ada beberapa unsur surat pribadi yang perlu diperhatikan. Agar lebih jelas, surat pribadi berisi unsur-unsur antara lain:


1. Alamat Penerima Surat

Unsur yang pertama adalah alamat serta nama penerima surat secara lengkap. Biasanya alamat dan nama penerima dituliskan pada bagian amplop depan. Tujuannya agar surat tersebut bisa sampai ke alamat yang benar dan tidak salah orang.


2. Tempat dan Tanggal Surat

Unsur berikutnya berupa tempat dan tanggal surat. Biasanya surat pribadi mencantumkan tempat serta tanggal pembuatan surat. Keterangan tersebut bisa ditulis pada bagian atas sebelah kiri.


3. Kata Sapaan atau Salam Pembuka

Setelah menuliskan tempat dan tanggal surat, maka unsur berikutnya adalah memberikan kata sapaan atau salam pembuka yang sifatnya lebih santai. Bisa berupa kalimat Assalamualaikum, hallo, hai, dan lain-lain.


4. Paragraf Pembuka

Unsur surat pribadi selanjutnya setelah memberikan salam pembuka atau kata sapaan adalah paragraf pembuka. Biasanya paragraf pembuka berisi tentang pengenalan mengenai topik di dalam surat dan didasarkan pada pengalaman pribadi.


5. Isi Surat

Setelah paragraf pembuka, unsur lainnya berupa isi surat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan maupun maksud dan tujuan dari pengirim surat mengirimkan surat tersebut. Tentunya isi surat pribadi bisa sangat beragam tergantung keinginan pengirim surat.


6. Penutup

Setelah isi surat disampaikan, maka unsur berikutnya yang biasanya ada di dalam surat pribadi adalah penutup. Bagian ini bisa berupa ucapan terimakasih maupun harapan pengirim pesan terkait isi surat yang telah disampaikan.


7. Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Unsur yang terakhir adalah nama pengirim dan tanda tangan. Biasaya keterangan berupa nama pengirim dan tanda tangan diletakkan pada bagian paling bawah di sebelah kanan. Unsur ini sekaligus berfungsi sebagai bukti dari pengirim surat yang telah menulis surat.


Struktur Surat Pribadi

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai unsur-unsur atau bagian-bagian yang ada dalam surat pribadi. Kali ini, pembahasan akan dilanjutkan mengenai apa saja yang termasuk struktur di dalam surat pribadi. Secara garis besar, strukturnya adalah seperti ini:

  1. Tanggal Surat
  2. Salam Pembuka
  3. Isi Surat
  4. Salam Penutup
  5. Tanda Tangan dan Nama


Jadi struktur surat pribadi yang pertama adalah tanggal surat yang menunjukkan waktu atau tanggal pembuatan surat tersebut. Kemudian diikuti dengan salam pembuka dan isi surat yang menyampaikan pesan atau maksud pengiriman surat. Struktur berikutnya salam penutup dan tanda tangan serta nama.


Perbedaan Surat Pribadi dan Surat Dinas

Pada pembahasan tentang pengertian surat pribadi sebelumnya sudah sedikit disinggung mengenai perbedaan surat pribadi dan surat dinas atau surat resmi. Agar lebih mudah memahaminya, kamu bisa menyimak tabel perbedaan berikut ini:


Surat Pribadi

Surat Dinas

Ditulis dengan bahasa yang tidak terlalu resmi seperti layaknya percakapan sehari-hari

Menggunakan bahasa baku dengan ejaan sesuai EYD

Ditujukan kepada seseorang dan bersifat pribadi

Ditujukan kepada individu, instansi atau swasta dan bersifat resmi

Tidak mencantumkan kop atau kepala surat dan nomor surat

Mencantumkan kepala dan nomor surat

Salam pembuka bisa bervariasi sesuai keinginan pengirim

Salam pembuka menggunakan kalimat formal atau resmi

Isinya bisa berupa pesan tertentu seperti menanyakan kabar, menceritakan pengalaman, permintaan tertentu dan hal lainnya yang pribadi

Isinya berupa pernyataan, pemberitahuan, penyampaian naskah dinas, permintaan barang atau hal lainnya terkait kedinasan.

Tidak memiliki kekuatan hukum dan biasanya menggunakan kata ganti orang pertama (penulis surat) dan kata ganti orang kedua (penerima)

Merupakan bukti resmi dengan kekuatan hukum di dalamnya sehingga dibuat dengan kaidah dan aturan yang telah ditetapkan


Contoh Surat Pribadi

Setelah mengetahui bagaimana unsur dan struktur surat pribadi, apakah kamu sudah bisa membuatnya? Mungkin masih ada yang belum begitu paham dengan cara penulisan surat pribadi. Agar lebih jelas, kamu bisa menyimak beberapa contoh surat pribadi berikut ini sebagai referensi:


Surat Pribadi untuk Sahabat Masa Kecil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, surat pribadi bisa ditujukan kepada siapa saja sesuai pesan yang ingin disampaikan, salah satunya untuk teman atau sahabat. Nah, contoh berikut ini adalah surat pribadi untuk sahabat di masa kecil.


Jogja, 18 September 2023

Untuk sahabatku, Reni

Di Makassar


Assalamualaikum..


Hallo Reni, apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan baik dan sehat selalu ya. Aku di sini juga baik-baik saja, Alhamdulillah. Tahu nggak sih aku kangeeen banget sama kamu. Kira-kira kapan lagi yang kita bisa ketemu?


Kita terakhir ketemu tahun 2020, waktu kamu pindahan dari rumah lama kamu di Jogja. Itu artinya sudah 3 tahun kita nggak ketemu. Bagaimana sekolahmu di sana? Apakah teman-temannya menyenangkan? Ada guru yang galak nggak sih?


Oh iya, aku sekarang juga sudah nggak tinggal di rumahku yang dulu. Sekarang aku ikut Om dan Tante, masih di Jogja sih, cuma lebih dekat dengan sekolah. Jadi aku nggak perlu panik, kalau bangun kesiangan, he he he.


Ngomong-ngomong, kamu jadi masuk ke jurusan IPA atau IPS? Kalau aku jadinya ngambil jurusan IPS, tau sendiri kan aku paling lemot kalau mikir soal matematika. Beda ama kamu yang dari SD suka banget sama pelajaran matematika. 


Jadi ingat dulu waktu SD aku pernah lupa ngerjain PR Matematika. Untung aja ada kamu, aku jadi selamat dari kemurkaan Bu Amel yang galak, ha ha ha. Eh, tapi seru banget ya waktu kita masih SD. Kamu masih ingat sama Ida, teman kita? Sekarang dia satu sekolah denganku, cuma beda kelas.


Gitu aja ya Ren, pokoknya aku kangen. Semoga kita bisa ketemu lagi kapan-kapan, kalau kamu liburan ke Jogja. Kabari aku ya kalau mau ke Jogja! Oh iya, jangan lupa balas suratku ini. Jangan lama-lama ya, pokoknya aku tunggu...


Wassalamualaikum,


Dari sahabatmu yang paling cute and baik hati,


Leli


Surat Pribadi Singkat Pemberitahuan Acara Syukuran 

Contoh berikutnya merupakan surat pribadi singkat yang isinya berupa pemberitahuan acara syukuran. Meskipun surat pribadi, tapi isinya berupa undangan agar penerima pesan datang ke acara syukuran tersebut. Berikut ini penjelasan lengkapnya:


Untuk: Vania


Assalamualaikum Wr. Wb.


Hallo Vania yang cantik, aku mau memberitahukan kalau besok aku ada acara syukuran wisuda. Cuma acara kecil-kecilan sih, tapi wajib datang ya, nggak ada kamu nggak rame!


Tanggal: 20 September 2023

Jam  : 16.00 WIB

Tempat: Rumah Weni di Jalan Teratai No. 18, Semarang.


Sebelumnya aku ucapkan terimakasih banyak buat kalian semua yang bersedia datang. Pokoknya, aku tunggu kehadiran kalian semua.


Wassalamualaikum Wr. Wb,

Salam termanis dari aku yang sudah manis sejak lahir,

Weni


Surat Pribadi untuk Orang Tua 

Terakhir adalah contoh surat pribadi untuk orang tua yang tinggal jauh. Biasanya jenis surat ini dikirimkan oleh mereka yang merantau sehingga tinggal jauh dari rumah orang tua. Berikut ini contohnya:

          Bandung, 18 September 2023

Kepada Ayah dan Ibu

di Lampung


Assalamualaikum Wr. Wb.


Ayah Ibu bagaimana kabarnya? Fani doakan semoga Ayah dan Ibu dalam keadaan sehat, tidak kurang suatu apapun. Alhamdulillah, Fani di sini juga dalam keadaan sehat.


Ayah Ibu, Fani minta maaf karena liburan semester ini tidak bisa pulang ke Lampung. Fani ada tugas magang di perusahaan selama 6 bulan. Tapi InsyaAllah libur lebaran besok Fani bisa pulang.


Sebenarnya Fani kangen banget sama Ayah dan Ibu, tapi bagaimana lagi. Kondisinya sedang tidak memungkinkan untuk bertemu.


Doakan Fani ya Ayah Ibu, agar kegiatan magang ini lancar dan tidak menemui kendala apapun.


Sekian surat dari Fani, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam rindu,


Fani Restu Putri


_______________________________________________________________


Baca juga: Ciri-Ciri Teks Tanggapan, Fungsi, Struktur, Ciri dan Contohnya


Setelah membaca penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur surat pribadi ada 5, yaitu tanggal surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup serta tanda tangan dan nama. Selain itu, surat pribadi juga ditulis menggunakan bahasa yang non formal karena adanya sifat intim di dalamnya.


Sobat Pijar sudah pernah membuat surat pribadi belum? Kalau belum, coba buat, yuk! Tentunya kamu sambil menyesuaikan dengan struktur penulisan surat pribadi di atas, ya. Kalau kamu masih belum paham, tenang saja karena kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya lewat Aplikasi Pijar Belajar!


Pijar Belajar memiliki ratusan rangkuman dan ribuan latihan soal yang bisa kamu akses kapan pun dimana pun. Jadi, kamu bisa belajar dengan lebih mudah, deh.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved